Optimasi BlogTutorial Blog

Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Setting Expires Headers

Bagaimana kecepatan loading blog anda, apakah sudah di optimasi secara maksimal? Ada banyak cara mudah untuk mempercepat loading suatu blog, diantaranya dengan merampingkan template, mengurangi widget, ataupun mengoptimalkan gambar sebelum kita posting. Tujuannya adalah mendapatkan performa loading blog yang lebih maksimal, agar lebih SEO dan disukai mesin pencari (search engine) seperti google.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini para pemilik blog saling berlomba lomba membenahi blognya masing – masing, untuk mendapatkan kecepatan loading blog yang maksimal. Baik dari tampilan dekstop maupun tampilan mobile (HP).

Yah..Persaingan semakin ketat untuk menyedot perhatian pengunjung, jika blog anda loadingnya berat sudah jelas pengunjung tidak akan betah berlama – lama, kira – kira begitu.

Expires Headers

Leverage browser Expires Headers berkaitan dengan halaman sebuah web seperti gambar, css, javascript, dan sebagainya. Sehingga, saat membuka kembali halaman web yang sama, maka halaman web akan semakin cepat terbuka. Karena file yang pada awalnya harus di unduh, sekarang sudah tersimpan di dalam media penyimpanan.

Pada dasarnya Leverage browser caching mempunyai definisi Mengatur tanggal expires (kadaluwarsa) dalam header HTTP  yang bersifat statis. Memerintahkan browser untuk memuat Source Code yang sudah di unduh sebelumnya dalam media penyimpanan. Caching, fungsinya untuk mengatur lamanya penyimpanan file yang sudah didownload saat membuka.

Untuk memastikannya, anda bisa cek template blog terlebih dahulu, sebelumnya silahkan buka halaman Gmetrix. Masukkan URL blog anda dan lihat hasilnya. Anda bisa lihat di bagian Yslow halaman pertama Add Expires headers. Seperti gambar dibawah.

Cara Mempercepat Loading Blog

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menambahkan script. Letakkan kode dibawah ini tepat di atas kode </head>

<include expiration=’7d’ path=’*.css’/>
<include expiration=’7d’ path=’*.js’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.gif’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.jpeg’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.jpg’/>
<include expiration=’3d’ path=’*.png’/>
<meta http-equiv=”expires” content=”sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT”/>

Pratinjau dulu template anda, kalau sudah oke baru klik simpan. Kemudian test kembali template blog anda ke halaman Gmetrix, dan lihat hasilnya.

Dibawah ini adalah gambar setelah dipasang kode diatas, ada sedikit peningkatan dan page load time nya pun menjadi berkurang.

Cara Mempercepat Loading Blog

Biasanya perubahan expires header dibagian Yslow pada halaman Gmetrix  bisa dilihat hasilnya sehari kemudian, tapi jika test kecepatan blog anda sudah ada perubahan, berarti proses penambahan script sudah berhasil. Demikian cara mempercepat loading blog, tips yang sederhana ini semoga saja bermanfaat.

Jika ada penyempurnaan Script mohon kita bahas dihalaman komentar.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

82 Comments

  1. script ini untuk blogger, penempatannya biasanya di dalam tag head kalau wordpress memiliki add on untuk expires head. WordPress itu dibangun dengan Php.
    Namun HTML add expires ini tidak merobah apa apa karena perosalannya bukan pada template tetapi sisi server google. Cara yang efektif meningkatkan kecepatan pada Yslow adalah dengan script lazyload gambar.

    Itu yang saya baca pada twitternya John (ahli) di twitternya

  2. malam mas, saya ingin bertanya tentang script di atas itu di letakan dimana ya? soalnya saya masih pemula, saya sudah coba letakan di Header.php wordpress bagian theme editor, jika script di atas harus di cpanel dibagian mana saya harus memasukan script tersebut. terimakasih

  3. Saya sudah meletakan link sumber dan mengatakannya bahwa sumber berasal dari sini ya sob, silahkan di cek untuk sesuatunya. Bila ada kesalahan, mohon maaf dan mohon petunjuk pencerahan.

  4. Tanda petiknya diganti baru bisa digunakan kodenya ini ya sob. Terimakasih ilmunya dan mohon izin untuk share ilmunya. Di blog saya kode yang sudah bisa digunakan, saya siapkan tinggal di copy paste saja. Biar pada ga bingung

    1. Dirubah menjadi seperti apa gan? Soalnya saya sampai sekarang masih bingung apakah script expire header bisa berjalan di blogspot atau tidak. Terima kasih.

  5. Terimakasih mas Gani.mohon pencerahannya ketika saya coba gunakan kode diatas dengan melakukan pratinjau terjadi error kurang lebih isinya Kesalahan saat mengurai XML, baris 203, kolom 21: Open quote is expected for attribute “expiration” associated with an element type “include”.mohon solusi dan jawabannya melalui email.

  6. kenapa di saya tidak bisa save template ya mas?? kalo di save ada peringatan error

  7. Setelah di terapkan masih tetap sama, kayak nya khusus untuk website/blog yang memiliki hak akses ke cpanel.

  8. Di blog saya kok gak bisa ya mas, muncul “Error parsing XML, line 9, column 21: Open quote is expected for attribute “expiration” associated with an element type “include”.”

  9. plis mas solusi pas saya coba keluar :
    Error parsing XML, line 360, column 21: Open quote is expected for attribute “expiration” associated with an element type “include”

    1. ubah tanda petiknya gan. tanda petik yang dari blog ini salah

  10. kok di saya error kaya gini mas
    untuk blogger
    gimana solusinya mas
    Error parsing XML, line 360, column 21: Open quote is expected for attribute “expiration” associated with an element type “include”.

  11. Mas Gani, Di script tersebut ada format tanggal (sat, 02 jun 2020 00:00:00 GMT’) yang jadi pertanyaan, gimana jika blog saya sudah melewati tahun 2020 (misalkan) apakah harus diubah aja langsung atau gimana ?? 😀

  12. Artikelnya menarik, yang banyak maslah sih sebenarnya di file sricpt java dan css, saya juga banyak mengulas optimasi speed loading blog dari sisi yang berbeda… salam blogger kang

  13. Terima Kasih banyak Gan.!! sudah dicoba dipasangkan di blog ane dan hasilnya ada perubahan… Hatur Nuhun

  14. Apakah cara ini masih bisa? soalnya beberapa blog lain mengatakan cara ini sudah tidak bisa lagi mohon pencerahanya

  15. Di GTmetrix bekerja mas bro, meskipun 1% saya rasa juga sudah hebat, di mana mungkin saya gak akan menemukan tutorial ini di situs lain.

  16. Kenapa ya sob, setting expires headers tidak ada yang pas di blog saya. Sering dicoba berbagai cara, tetap gagal. Mohon pencerannya sobat…

    1. Pakai blogspot atau WordPress mas? kalau tutorial ini khusus untuk blogspot saja. Jika menggunakan wordpress bisa seting di htaccess pada cPanel.

  17. Saya masih belum memahami sepenuhnya Tuan Gani, dan semakin banyak saya belajar dari tuan, semakin saya rasa ilmu saya cukup cetek dan semakin perlu saya membaca lebih kerap lagi….sebab saya kurang faham dan masih banyak yang faham…panduan tuan Gani banyak membantu saya….tkasih tuan gani…$$$

  18. Ich suche dringend nette Spielkameraden, die mich ganz privat über meine 09005 Nummer erreichen können.

  19. Thanks for the marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you will be a great
    author.I will remember to bookmark your blog and will often come back very soon. I want to
    encourage yourself to continue your great job, have a nice afternoon!

  20. Hi would you mind letting me know which webhost you’re utilizing?
    I’ve loaded your blog in 3 different internet browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.
    Can you suggest a good web hosting provider at a reasonable price?
    Kudos, I appreciate it!

  21. I am really loving the theme/design of your
    website. Do you ever run into any browser compatibility issues?
    A few of my blog audience have complained about my blog not working correctly in Explorer but looks great in Firefox.

    Do you have any ideas to help fix this problem?

  22. gan, saya coba praktek lewat tutorial agan.. kenapa begitu aku pasang di atas langsung jadi seperti ini ya?
    Error parsing XML, line 1124, column 21: Open quote is expected for attribute “expiration” associated with an element type “include”.

    mohon pencerahan nya gan..

      1. maaf mas saya juga mengalami hal yang serupa, ketika saya praktekkan tutorialnya terjadi kesalahan Error pasing XML bla bla bala…,, mohon pencerahanya kira kira bagaimana solusinya?, letakkan kode diatas kode gimana mas?

          1. udah berhasil saya terapkan mas tapi yang menjadi pertanyaan kenapa nggak work ya, gtmatrix dan google speed insight saya tetap stagnan nggak ada perubahan. terimas kasih sebelumnya

  23. Ini yang aku cari bang, coba aku terapkan di blog semoga dapat memberikan hasil yang maksimal. makasih udah sharing bang.

  24. Terima mkasih atas tutorialnya, sudah dicoba dipraktekkan, walau belum langsung kelihatan hasilnya, mungkin diperiksa kembali besok hari

  25. untuk penerapan expires header di blogspot belum bisa semaksimal di wordpres mas,karena fitur ini belum support ke blogspot,,sementara hanya ini dulu. Tetapi setidaknya memberikan perubahan kecepatan loading

  26. di gmetrik ada perubahan dari 83% jadi 88%
    klo di pagespeed ga ada perubahan, mungkin bisa dishare update cara terbarunya

  27. Benar sekali mas rezza,biasanya terdapat pada WP,,kalau blogger belum bisa mendapatkan hasil yang maksimal,, page load time tetap berkurang,walaupun hanya sedikit..Thanks juga sudah berkunjung

  28. Kebanyakan yang mencari dan membuat konten tentang expired header ini adalah pengguna platform wordpress saya kira untuk para blogger tidak ada. Ternyata ada disini. saya coba thanks ya udah share mas bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close