Dunia InternetInternet

Cegah Penyebaran Corona, Inilah 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik!

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19, masing – masing pemerintah daerah menerapkan libur 14 hari agar para siswa-siswi dapat tetap belajar dirumah. Dengan aplikasi belajar online yang dapat diakses kapan saja diharapkan para siswa tidak ketinggalan dalam belajar.

Meskipun sudah memberikan himbauan untuk melakukan semua aktivitas dari rumah, Bapak Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat tidak panik dan tetap produktif meski melakukan aktivitas didalam rumah.

Hal ini tentunya berdampak pada para siswa dan mahasiswa, karena semua kegiatan belajar mengajar terpaksa dihentikan selama 2 pekan.

Mengingat saat ini sudah mendekati waktu ujian kelulusan, untuk para siswa dan mahasiswa disarankan untuk melakukan bimbingan belajar online melalui aplikasi belajar online yang telah tersedia.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik

Dibawah ini merupakan platform online yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar di rumah, beberapa provider seperti Indosat dan Telkomsel juga menyediakan kuota gratis sebesar 30 GB untuk mengakses beberapa aplikasi untuk belajar online.

1. RuangGuru

aplikasi belajar online RuangGuru

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi, baik yang sudah berlangganan maupun belum. Mulai Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin – Jumat Ruangguru dapat diakses secara gratis.

Didalam aplikasi Ruangguru sudah tersedia berbagai materi, yang dapat dinikmati melalui video yang menarik dan sudah disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan kurikulum yang digunakan. Uniknya lagi, video-video tersebut dapat didownload dan diputar secara berulang-ulang.

Selain video yang menarik, didalam aplikasi ini juga tersedia fitur seperti bank soal dan latihan try out.

Selain itu, akan tersedia 15 chanel live teaching yang sudah lengkap semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Cara mendapatkan Aplikasi Ruangguru ini cukup mudah, hanya dengan mengunduh di Play Store maupun App Store. Pengguna yang memakai provider Telkomsel, juga bisa mendapatkan kuota internet gratis 30 Gigabyte (GB) untuk mengakses materi belajar selama satu bulan.

2. Kelas Pintar

Kelas Pintar

Selain Ruangguru, kini juga ada aplikasi Kelas Pintar. Untuk membantu para siswa belajar dirumah, uniknya dari aplikasi ini adalah terdapat fitur Tanya. Dimana para pengguna dapat bertanya langsung kepada guru secara online, mengenai materi atau soal yang mungkin belum dimengerti oleh pengguna.

Operasional fitur “Tanya” dibagi menjadi dua sesi, yaitu pada pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00. Agar lebih memaksimalkan proses pembelajaran, dan meningkatkan para pengguna Kelas Pintar.

Sama seperti Ruangguru, Kelas Pintar juga menyediakan akses gratis selama satu bulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Selain menyediakan berbagai materi ajar untuk siswa, di aplikasi ini juga terdapat fitur lain seperti fitur assesment yang dapat digunakan agar guru dapat berinteraksi dengan murid secara online.

3. Google Classroom

aplikasi belajar online Google Classroom

Tak mau ketinggalan, Google juga ikut serta dalam menyukseskan belajar online, melalui aplikasi bernama Google Classroom atau Google Kelas.

Belajar dirumah lebih efektif menggunakan Google Classroom, Google menyebut bahwa Classroom akan membuat sistem belajar mengajar menjadi lebih produktif.

Platform ini dirancang bersama dengan para pengajar agar dapat membantu mereka dalam menghemat waktu, menjaga kelas tetap teratur dan meningkatkan komunikasi dengan siswa.

Aplikasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam menggunakannya. Melalui aplikasi ini siswa dapat bergabung dengan kelas menggunakan kode, selain itu juga dapat mengundang asisten pengajar ke dalam kelas.

Google Classroom merupakan platform yang terjangkau dan aman, karena disediakan secara gratis. Dengan begitu pengguna tidak akan terganggu oleh iklan, karena di aplikasi ini tidak akan terdapat iklan yang muncul.

4. Rumah Belajar

Rumah Belajar

Aplikasi Rumah Belajar kini dapat diunduh melalui Google Play Store, aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran.

Hampir sama seperti Ruangguru, aplikasi Rumah Belajar ini juga menyediakan konten materi berbasis audio visual, lengkap dengan berbagai elemen interaktif di dalamnya.

Selain itu, juga terdapat fitur penunjang lainnya yaitu Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lain sebagainya yang bisa diakses gratis.

5. Zenius

Zenius merupakan aplikasi yang menyediakan layanan belajar mandiri gratis, dalam rangka persiapan Ujian Nasional.

Tersedia puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA lengkap untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Sejak 2004, Zenius sudah menjadi andalan bagi para murid-murid di Indonesia untuk membantu mereka dalam belajar. Tak hanya itu, Zenius juga telah terbukti berhasil mengantarkan banyak murid-muridnya dalam memasuki kampus impiannya.

6. Sekolahmu

aplikasi belajar online Sekolahmu

Aplikasi Sekolahmu merupakan untuk solusi atas kebutuhan pendidikan yang lebih baik dan fleksibel, dengan menggabungkan metode online dan offline.

Aplikasi Sekolahmu menghadirkan semuanya untukmu, supaya kamu bisa fokus dan berhasil meraih impian. Terdapat fitur “Tanyamu” berguna untuk bertanya berbagai latihan soal atau tugas rumah, sehingga kamu tidak akan lagi merasa kesulitan dalam belajar.

Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Selain ada fitur Tanyamu, diaplikasi ini juga terdapat fitur lain yang dapat menunjang kegiatan belajarmu. Antara lain fitur Kelasmu, Ujianmu, dan Kariermu.

7. Quipper
aplikasi belajar online Quipper

Melalui aplikasi ini, kamu dapat menikmati pengalaman belajar seru dengan video animasi. Terdapat latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas, juga ada ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional yang berlaku untuk persiapan UN SMP, UN SMA, SBMPTN dan ujian reguler di sekolah.

Quipper School dapat diakses oleh para penggunanya tanpa biaya, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sehingga, siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close