Dunia InternetInternet

Inilah 7 Dampak Lain Dari Hadirnya Teknologi Kekinian

Klikmania – Hallo! Wah ketemu lagi nih. Para pembaca setia Klik Mania dimana pun Anda berada tentunya di era modern saat ini segala hal semakin mudah saja. Namun terdapat 7 dampak lain dari hadirnya teknologi yang canggih ini atau lebih keren dengan sebutan teknologi kekinian.

Seperti halnya siang dan malam hitam dan putih dengan hadirnya ilmu teknologi yang menghadirkan maha karya. Maka dari pada itu pula akan hadir kelebihan dan kekurangan yang timbul di kehidupan kita.

Begitu banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dari hadirnya teknologi. Namun terdapat pula sisi lain hal yang mungkin Anda rasakan ketika hal ini tidak ada di genggaman Anda. Apa 7 dampak lain akibat teknologi kekinian itu?

7 Dampak Hadirnya Teknologi kekinian

Nah, sebenarnya banyak sekali sudut pandang lain tentang ilmu pengetahuan modern ini. Namun, kita simpulkan menjadi 7 saja berdasar pada apa yang sebagian orang alami. Mungkin saja dampak teknologi kekinian ini juga Anda rasakan atau mengalaminya.

1. Berkomunikasi

Dampak dari hadirnya teknologi kekinian yang paling mencolok adalah jarang berkomunikasi dengan orang di sekitar. Sejak munculnya beberapa maha karya seperti ponsel pintar, laptop, dan gadget lainnya. Seakan tak terhidarkan sifat acuh tak acuh hadir pada diri “user”.

Komunikasi pun jarang terjadi dan seakan mereka hidup di dunia lain (dunia maya) dan tak menghiraukan dunia sekitar. Dampak ini sering kita lihat di sekitar kita mereka lebih suka mainin gadgetnya ketimbang bertegur sapa.

Meskipun tidak semua bersikap demikian namun dampak ini (berkomunikasi) menjadi salah satu faktor yang vokal terlihat. Dengan hadirnya artikel ini mungkin para pembaca diluar sana dapat menginstropeksi diri masing-masing.

2. Bertemu Atau Berinteraksi

Dampak yang kedua yaitu jarang bertemu atau berinteraksi dengan orang di sekitar. Kiat berfikir positif saja mungking saja mereka itu seorang programer yang memang kerjaannya di depan komputer.

Namun, ada baiknya sekali-kali melihat dunia luar untuk hiburan. Dengan hadirnya teknologi kekinian serta alat canggih ini membuat maindset mereka berubah. Dengan hadirnya fitur video call dsb.

3. Berhitung

Masalah ketiga yaitu dalam hal berhitung. Ketika seseorang mendengar kata hitung mungkin saja hal pertama yang ada dibenaknya yaitu “matematika”. Matematika yang dianggap sebagian orang adalah hal yang sulit dan horor.

Dengan hadirnya alat bantu yang sudah familiar di kenal dengan “kalkulator”.  Selain kalkulator terdapat pula alat konversi lain baik untuk mata uang, suhu,dll. Alat ini menjadi tulang punggung untuk masalah hitung menghitung sehingga kita mengabaikan otak kita untuk berhitung.

Namun kita juga tidak boleh menyalahkan siapapun karena teknologi hadir untuk mempermudah pekerjaan. Tak ada salahnya juga kita mengasah kemampuan berhitung agar tidak kalah dengan “Kalkulator’.

4. Cek Fakta Atau Menyaring Informasi

Dampak buruk yang semakin terlihat dari teknologi kekinian adalah kurangnya mengecek fakta atau menyaring informasi. Banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong atau berita hoax.

Mencakup berbagai hal yang dapat menimbulkan gesekan yag menimbulkan percikan api. Kita langsung saja menganggap benar berita yang beredar tanpa tahu yang sebernarnya. Meskipun tak semua namun ada baiknya kita menyaring informasi sebelum share.

Baca : Berita Hoax Semakin Marak, Ini dia 10 Tips Agar Kamu Tidak Tertipu

5. Menulis

Perubahan teknologi yang dapat kita rasakan khusunya saya sendiri yaitu kemampuan menulis. Karena saat ini merupakan dunia digital dan modernisasi maka banyak hal yang di lakukan dengan mengetik.

Salah satu contoh dahulu kita mengirim surat lewat pos dan menulisnya sendiri sedangkan saat ini bisa dilakukan dengan SMS dsb. Bisa juga karena tuntutan pekerjaan misal sebagai bloger mungkin yang memang kesehariannya adalah menulis artikel di laptop.

6. Menghafal Nomor Telepon

Masalah yang sering dijumpai yaitu manghafal nomer telepon. Dahulu ketika zaman telepon rumah selain menuliskannya dibuku telepon juga diingat dan di hafal. Perbedaannya dengan saat ini yaitu hanya menyimpannya saja.

Bahkan ada orang yang tidak tahu dengan nomer ponselnya sendiri. Dari hal ini kita bisa lihat para “user” terlalu mengandalkan “mesin”. Sehingga para “user” terlena dengan segala kemudahan yang di dapat dari teknologi kekinian.

7. Berjalan Kaki

Saat ini berjalan kaki jarang dilakukan oleh orang-orang di era modern saat ini. Dengan alasan efisiensi waktu dan lainnya, hal ini terlihat jelas di kota-kota besar.

Kebanyakan orang lebih memilih naik kendaran ketimbang jalan kaki padahal jarak yang ditempuhnya dekat. Ditambah lagi hadirnya transportasi online yang semakin membutakan mata kaki.

Baca juga : 5 Teknologi Masa Lalu yangTidak Akan Pernah Ditemukan Oleh Anak Jaman Sekarang

Sekian yang dapat di informasikan semoga bermanfaat dan mengggugah hati dan juga sedikit merubah pola hidup. Nah itulah beberapa hal yang mungkin kita alami dari hadirnya teknologi kekinian. Sekian dan Terimakasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Aden

Menulis adalah kegemaran saya semoga apa yang saya tulis dapat memberikan informasi yang bermanfa'at.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Hadirnya teknologi Kekinian pasti ada dampak Positif dan juga Negatifnya, itu tergantung orang yang memanfaatkan karena setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam memanfaatkan tekhnologi alias ada yg benar dan ada yg salah. Ketika mereka salah menerapkannya maka itu akan berdampak Negatif meski tekhnologi baru tersebut tujuannya baik.

  2. Perkembangan jaman dan juga teknology memang selalu harus diikuti, namun hal yang paling mendasar adalah tetap menggunakan kemajuan teknology kekinian dengan wajar dan juga yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close