Tekno

Dipermudah, Nama OS Android Tidak Gunakan Nama Makanan Lagi

Nama Baru Hanya Akan Menggunakan Nomor

Pada Kamis (22/08/2019), Google melalui laman resminya menyampaikan, bahwa nama resmi dari Android Q adalah Android 10. Sebuah nama yang cukup aneh, mengingat Google selalu memberi nama baru OS mereka dengan nama makanan manis.

Tradisi penamaan yang sudah berjalan selama beberapa tahun itu terpaksa diubah oleh Google setelah mendapatkan umpan balik yang menyatakan bahwa nama-nama sistem Android yang menggunakan nama makanan terlalu sulit atau tidak selalu dipahami oleh semua orang di komunitas global.

Nama Makanan Tidak Semuanya Dikenal

Nama Marshmallow, Nougat mungkin populer di beberapa negara. Namun, di beberapa negara lain, nama Marshmallow dan Nougat sangatlah asing. Bahkan kebanyakan masyarakat Indonesia tidak mengetahui jika keduanya merupakan makanan manis.

Selain itu, masih ada alasan lain mengapa nama OS Android harus diganti, yaitu untuk mempermudah pengucapan. Sameer Samat selaku VP of Product Management Android mencontohkan pengucapan huruf L dan R yang tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa.

Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop dengan keras, tidak secara intuitif jelas bahwa itu merujuk ke versi setelah KitKat.

Sameer Samat juga menambahkan, bahkan lebih sulit bagi pengguna Android baru yang tidak terbiasa dengan konvensi penamaan untuk memahami apakah ponsel mereka menjalankan versi terbaru. Kita juga tahu bahwa Pie bukanlah makanan penutup di beberapa tempat, dan bahwa Marshmallow itu lezat bukan suguhan yang populer di banyak bagian dunia.

Logo Juga Diubah

Selain menyampaikan nama baru untuk OS Android, pihak Google juga menyampaikan bahwa logo baru Android telah diganti menjadi ke yang lebih modern. Tulisan Android yang sebelumnya berwarna hijau diubah menjadi hitam untuk membantu orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan. Bagian tubuh robot Android juga dipangkas hingga menyisakan kepalanya saja.

Daftar Nama OS Android

Versi Nama
1.5 Cupcake
1.6 Donut
2.0 – 2.1 Eclair
2.2 Froyo
2.3 – 2.3.2 Gingerbread
2.3.3 – 2.3.7 Gingerbread
3.1 Honeycomb
3.2 Honeycomb
4.0.3 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich
4.1.x Jelly Bean
4.2.x Jelly Bean
4.3.x Jelly Bean
4.4.x KitKat
5.x Lollipop
6.0 Marshmallow
7.0 Nougat
8.0 Oreo
9.0 Pie

Baca juga: Android Q Resmi Diperkenalkan, Berikut 7 Fakta Menarik Tentangnya

Dengan adanya perubahan ini, berarti nama baru untuk OS Android selanjutnya hanya akan berupa nomor atau angka. Pihak Google sendiri mengatakan jika Android 10 siap meluncur dalam beberapa bulan ke depan untuk menggantikan Android Pie.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close