Fitur Google Chrome

Trik Keren Memaksimalkan Fitur Google Chrome Untuk Pengguna Browser

Memaksimalkan Fitur Google Chrome – Siapa yang tidak tahu dengan browser Google Chrome? Tentu semua orang sudah banyak yang mengetahui, baik itu yang versi mobile dan versi dektop seperti yang di gunakan pada komputer. Google chrome adalah browser yang dibuat oleh perusahaan mesin raksasa yaitu google.

Ada juga versi chromium yang entah itu sepertinya akan menggantikanya, tetapi yang jelas kedua browser tersebut fiturnya sama semua. Perkiraan saya kalau google chrome lebih mudah dan support untuk pengguna windows tetapi kalau chromium lebih banyak di pakai untuk pengguna linux.

Berbicara soal google chrome ada beberapa trik yang bisa sobat praktekan untuk mempermudah dan mempersingkat kerja sobat saat menggunakan fitur google chrome. Mungkin di antaranya sudah sobat ketahui.

Tetapi sebagai pelengkap saya akan menuliskan beberapa trik yang bisa saya bilang keren, kenapa keren? ya saya anggap keren aja karena fiturnya menjadi mempermudah para pengguna google chrome.

Beberapa Fitur Google Chrome

Fitur Google Chrome

Mode incognito Window

Mode Incognito window adalah mode yang digunakan saat kita membutuhkan privacy yang tinggi. Karena menggunakan incognito tidak akan menyimpan history ataupun sandi saat melakukan selancar di google chrome dengan mode ini.

Tips ini sangat cocok sekali untuk temen-temen yang suka memakai komputer umum seperti warnet dan lainnya. Jadi saat sudah selesai menggunakan komputer atau browsing tidak harus menghapus history browsing sobat.

Cara membuka fitur Google Chrome pada mode incognito ini cukup mudah, jika sobat membukanya dengan menggunakan keyboard sobat bisa menekan tombol CTRL + SHIT + N secara bersamaan. Atau jika menggunakan mouse sobat bisa klik menu bagian atas kanan pada jendela google chrome dan pilih  New Incognito Window.

Loading...

Baca : Fitur Khusus Google Chrome Terbaru Mencegah Link Download Palsu

Menonaktifkan Notifikasi Pada Google Chrome

Notifikasi web seperti sosial media atau situs-situs besar yang mempunyai fitur notifikasi bisa di munculkan pada browser google chrome, contoh saja sosial media seperti facebook.

Saat anda login di situs Facebook dan tidak melakukan logout, walaupun anda sudah menutup tab situsnya tetapi jika ada notifikasi atau pemberitahuan yang baru akan muncul pada browser google chrome. Ini berlaku juga saat browser masih dibuka walaupun tidak membuka situs facebook.

Hal itu juga berlaku pada situs-situs yang lain seperti twitter dan semacamnya.Tetapi notifikasi tersebut kadang membuat kita bosan dan bisa jadi membuat kita pusing sendiri karena terlalu banyak notifikasi yang muncul.

Untuk itu kita bisa menonaktifkan notifikasi dari fitur Google Chrome tersebut dengan cara berikut ini:

Buka Google chrome, masuk ke Chrome Setting >> Site setting >> Notifications

Setelah itu akan terlihat situs yang sudah ada notifikasinya, klik situs yang akan di disable notifikasinya dan klik blok. Apabila pada ponsel layar sentuh, untuk memunculkan menunya dengan cara menekan lebih lama pada pengaturan yang akan di disable.

trik google chrome

Chrome Gestures

Pengguna Google Chrome pada android dapat mempraktekan hal ini, saat anda membuka tab aktif pada google chrome. Anda bisa memperbesar tab yang akan dilihat halamanya, dengan mengeser ke atas dan ke bawah.

Seperti gambar dibawah ini.

Fitur Google Chrome

Jalan Pintas atau Shortcut Menggunakan Keyboard

Banyak fitur google chrome keren dengan shortcut yang ada pada browser, langsung saja praktekan berikut ini shortcutnya.

  • CTRL + 1- 9 : Menggunakan ctrl + nomer bisa merubah tab yang aktif pada google chrome, anda bisa dengan cepat berpindah dari tab 9 ke tab 1 tanpa menggunakan mouse.
  • CTRL + TAB : untuk yang satu ini fungsinya hampir sama, hanya saja kita memindahkan sesuai urutan tabnya.
  • CTRL + T : untuk membuka layar kerja tab baru.
  • CTRL + SHIfT +N : untuk membuka mode tab incognito.
  • CTRL + SHIFT + DELETE : Untuk menghapus histori data penjelajahan.
  • CTRL + SHIFT + T : Untuk membuka kembali tab yang baru di tuttup.
  • SHIFT + ESC : ingin membuka task manager yang ada pada chrome browser? lakukan dengan menekan keyboard ini.
  • CTRL + W : Untuk menutup Tab dengan cepat.
  • CTRL + L : memindahkan posisi cursor ke posisi url, atau mesin pencari.
  • CTRL + N : membuka windows baru google chrome.

Sudah siap untuk mempraktekan fitur google chrome di atas? browsing lebih cepat dengan menggunakan dan memaksimalkan fitur-fitur yang di sediakan pada google chrome. Tentunya akan menjadi sebuah kenyamanan tersendiri.

Referensi : Cara Mengatasi Tampilan Pencarian Google yang Berubah Jadi Jelek Karena Google Custom Search Engine (CSE)

Mungkin ada kesalahan kata atau penulisan jangan lupa untuk berkomentar jika ada trik baru yang belum saya tulis. Terimakasih sudah mampir. 😀



Loading...

Bagikan

Penulis

mas qirun
mas qirun
Hanya seorang pemuda yang masih labil dan penuh dengan ketidak pastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi berupa, pengalaman, tempat yang pernah di kunjungi, atau hanya sekedar menulis opini pribadhi
mas qirun

Penulis

Hanya seorang pemuda yang masih labil dan penuh dengan ketidak pastian, tetapi saya masih terus belajar dan berupaya untuk berbagi berupa, pengalaman, tempat yang pernah di kunjungi, atau hanya sekedar menulis opini pribadhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *