Review ProdukTekno

Fitur Retro Moto Razr 2019 Akan Membawa Penggunanya Ke Masa Lalu

Fitur Retro Mode Moto Razr 2019

Motorola telah merilis Moto Razr 2019 kemarin, smartphone tersebut dirilis sebagai penghormatan kepada Moto Razr V3 yang dirilis tahun 2004.

Untuk sekedar mengingatkan, Moto Razr 2019 dibandrol dengan harga $1,500 USD atau sekitar 21 Juta’an rupiah.

Akan tetapi melihat harga yang ditawarkan Motorola, Spesifikasi yang kamu dapat bisa dibilang tidak sebanding.

Moto Razr 2019 menggunakan chipset high performance mid-range dari Qualcomm yaitu Snapdragon 712 dengan 6GB RAM + 128GB Onboard Storage.

Smartphone tersebut juga hanya memiliki dua kamera yang masing-masing terletak pada layar luar dan layar utama.

Kamera tersebut menggunakan sensor 16MP untuk kamera utama yang terletak di layar Quick Panel, sedangkan kamera selfienya menggunakan sensor 5MP.

Namun Motorola Razr 2019 sendiri memang bukan smartphone yang ditujukan untuk pengguna yang ingin mendapatkan spesifikasi flagship.

Razr 2019 lebih ditujukan untuk individual yang ingin mengenang dan mengapresiasi desain Moto Razr V3 dan rela membayar dengan harga premium.

Moto Razr V3 sendiri memegang gelar sebagai cell-phone flip clamshell terlaris di dunia yang terjual hingga 130 Juta unit.

Dan seperti Razr V3, Razr 2019 juga menggunakan desain clamshell yang sama dengan dua layar pada bagian luar dan dalam.

Untuk layar utama, Motorola menggunakan Flexible pOLED berukuran 6.2-inchi yang memiliki resolusi (2142 x 876 pixels) dengan 21:9 cinemavision aspect ratio.

Sedangkan layar luarnya (Quick View) menggunakan gOLED berukuran 2.7-inchi dan memiliki resolusi (600 x 800 pixels)

Desain dan tampilan dari Razr 2019 memang terlihat sangat elegan dan premium, namun seperti yang sudah dijelaskan. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang tergolong rendah dan tidak hanya itu, berbeda dengan Samsung W20 yang akan segera dirilis, Razr 2019 tidak mendukung jaringan 5G.
Akan tetapi, Moto Razr 2019 memiliki beberapa fitur unik yang hanya dimiliki smartphone ini.
Berikut informasinya.

Moto Razr 2019 Retro Razr Mode

Source: Motorola

Informasi baru mengatakan bahwa Razr 2019 juga dilindungi dengan IP68 rating yang membuatnya memiliki perlindungan Dust & Water Resistant.

Hal tersebut termasuk unik untuk sebuah smartphone foldable karena Galaxy Fold sendiri tidak memiliki perlindungan ingress protection (IP).

Motorola Razr 2019 mampu bertahan dikedalaman 1.5M hingga 30 menit.

Baru-baru ini, fitur baru Motorola Razr 2019 juga kabarnya telah ditemukan oleh The Verge, Namun fitur ini lebih dikategorikan sebagai Easter eggs, fitur tersebut adalah mode Retro Razr.
Mode Retro Razr dapat membawa kamu ke masa lalu dengan merubah tampilan Motorola Razr 2019 menjadi seperti Moto Razr V3 dari tahun 2004.
Moto Razr 2019
Source: The Verge
Fitur Retro Razr tersebut juga tidak sembarangan, Motorola benar-benar berusaha keras dalam menciptakan fitur tersebut.
Mode Retro Razr bisa dibilang hanya sebuah aplikasi Android Launcher yang memiliki tampilan Skin seperti layaknya Moto Razr V3 2004.
Namun jangan salah dulu karena skin tersebut benar-benar berfungsi secara penuh. Sebagai contoh jika kamu membuka menu pengaturan, maka sistem akan menampilkan menu pengaturan Android, bahkan Logo Boot up juga akan berubah lho.

Saat kamu menggunakan menu dial, sistem juga akan menampilkan UI dial Razr V3 2004 lengkap dengan sounds effect originalnya.

Tentunya karena Razr 2019 tidak memiliki tombol di layarnya, kamu harus menavigasi UI menggunakan layar touchscreen untuk berinteraksi dengan gambar tombol navigasi yang ada.

Namun pertama-tama kamu harus tahu cara mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

Mode Retro Razr bisa diaktifkan dengan mengedit menu quick settings dan menambahkan ikon bergambar tombol Retro Razr ke menu.

Jika sudah, yang perlu kamu lakukan adalah membuka menu quick settings dan menyentuh ikon Retro Razr.

Jika berhasil maka layar bagian bawah akan menampilkan T9 Dialer sedangkan layar bagian atas akan menampilkan Razr V3 UI.

What is in the Box?

Kemungkinan kamu juga ingin tahu apa yang akan kamu dapat di dalam Box jika kamu membeli Motorola Razr 2019.

Namun tunggu dulu, sebelum memberi tahu apa yang akan kamu dapat. Smartphone ini juga memiliki fitur unik lain, namun fitur tersebut tidak terletak di software Razr 2019 melainkan pada Box nya.

Moto Razr 2019
Source: Motorola

Box Moto Razr 2019 bisa kamu gunakan sebagai stand dan Box tersebut juga memiliki beberapa lubang yang mirip dengan speaker grille.

Jadi ketika kamu menempatkan Razr 2019 dan memainkan musik, maka Box tersebut dapat berperan sebagai Amplifier dan akan mengeraskan suara speaker dari smartphone tersebut.

Sayangnya Box tersebut tidak berperan sebagai charger, untuk mengisi daya kamu harus menggunakan 15W Charger yang telah disediakan.

Charger tersebut mendukung TurboPower Fast-Charging melalui konektor USB TYPE-C.

Di dalam Box kamu juga akan mendapatkan wired earbuds yang dikoneksikan melalui USB TYPE-C, USB-C to 3.5mm audio jack dongle, aksesoris berupa casing dan beberapa dokumen.

Penutup

So, Moto Razr 2019 memang foldable smartphone yang sangat unik.

Sayangnya dengan harga yang begitu tinggi, smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang terbilang rendah dan tidak seperti kompetitornya, Razr 2019 juga tidak mendukung jaringan 5G.

Namun keunikan desain dan nilai nostalgia yang dibawa smartphone tersebut memang tidak bisa ditemukan di smartphone dari perusahaan lain.

Dan dengan disediakanya Mode Retro Razr, fitur tersebut dapat membawa penggunanya untuk kembali merasakan kenangan tahun 2000’an.

Akan tetapi, apakah semua nilai desain dan nostalgia tersebut bisa meng-kompensasi spesifikasi yang kamu dapat untuk sebuah smartphone seharga $1.500?

Untuk hal tersebut, saya serahkan kepada anda untuk menilai 🙂

Rangkuman Spesifikasi

SoC/Chipset Qualcomm Snapdragon 712 (10nm)
6x Kryo 360 Silver @1.7 GHz + Kryo 360 Gold @2.3 GHz
Adreno 616 GPU @550Mhz.
Memori 6GB RAM + 128GB Onboard Storage
Layar pOLED Display, 6.2-inchi, (2142 x 876 pixels), 21:9 cinemavision aspect ratio.
gOLED Display, 2.4-inchi, (600 x 800 pixels)
Kamera 16 MP f/1.7, Dual Pixel AF, Laser AF, EIS
5 MP f/2.0
Baterai Non Removable 2.510mAh
15 Turbo-Charging
USB TYPE-C
OS Android 9 Pie

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close