Fitur Whatsapp bisnis

Begini, Cara Instal dan Menggunakan WhatsApp Bisnis

Fitur Whatsapp Bisnis  – Mungkin sebagian dari anda sudah ada yang mengetahui, jika kini whatsapp memiliki 2 jenis aplikasi, yaitu WhatsApp Messenger dan juga WhatsApp Bisnis.

Mayoritas dari anda mungkin sudah sering menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger, yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, maupun saudara anda.

Namun belum tentu dengan WhatsApp bisnis. Aplikasi ini tergolong baru dan masih jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia, kecuali hanya kalangan tertentu.

Memang benar, WhatsApp bisnis diciptakan untuk kalangan pebisnis untuk menciptakan media komunikasi langsung dengan pelanggannya. Secara sekilas, perbedaan kedua jenis aplikasi ini terletak pada perbedaan logo kedua jenis WhatsApp tersebut.

Namun, perlu anda ketahui juga jika WhatsApp bisnis, yang merupakan aplikasi baru pada dasarnya memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan WhatsApp messenger, hanya saja ada beberapa fitur tambahan yang tidak ada pada WhatsApp Messenger.

Baca3 Fitur Terbaru Aplikasi WhatsApp

Kelebihan lainnya adalah, WhatsApp bisnis ini dapat berjalan secara bersamaan dengan WhatsApp personal dalam satu perangkat smartphone, tetapi harus menggunakan nomor yang berbeda.

Cara Instal dan Menggunakan WhatsApp Bisnis

Untuk dapat mengunakan WhatsApp bisnis, silahkan unduh aplikasinya di Google play.

Loading...
  • Pilih instal, pilih lanjutkan
  • Masukkan nomor telpon lain atau nomor telpon bisnis sim card 2
  • Siapkan nama bisnis “hanya sekali tidak bisa dirubah”
  • Tunggu proses instalasi dan WhatsApp Business sudah bisa digunakan.

Fitur WhatsApp Bisnis

Nah apa saja fitur-fitur yang membedakan WhatsApp bisnis dengan WhatsApp biasa, berikut ulasannya.

1. Profil Bisnis

Profil bisnis ini berguna untuk menampilkan data-data bisnis yang kita kenalkan kepada calon konsumen sebagai gambaran bisnis yang ditawarkan. Di bagian ini kita bisa mengisi :

  • Alamat Tempat Anda Menjalankan Bisnis Tersebut
  • Kategori Bisnis
  • Deskripsi Singkat Tentang Bisnis Anda
  • Jam Buka dan Jam Tutup
  • Email
  • Web yang Terhubung dengan Bisnis Anda

Sudah barang tentu, profil bisnis tidak ada di dalam WhatsApp Messenger

2. Pesan Di Luar Jam Kerja

Fitur ini merupakan pesan bot yang bertujuan memberi tahukan kepada pengirim pesan bahwa, pada saat itu anda tidak bisa menjalani bisnis anda (semisal karena jam tutup, atau tidak bisa dihub tutup karena alasan yang lainnya).

Pada fitur ini anda bisa langsung mengedit pesannya, ketika ada seseorang yang mengirim pesan kepada anda, maka orang tersebut secara otomatis kepada pengirim pesan tersebut.

Namun terkadang, pesan bot dianggap sering kali mengganggu. Solusinya, anda bisa menonaktifkan pesan ini kapan saja. Selain itu, anda bisa mengatur kapan saja pesan ini dikirimkan secara otomatis dan siapa saja yang menjadi penerimanya.

3. Salam

Fitur salam merupakan salah satu fitur pesan otomatis yang membalas pesan pengirim apabila pesan tersebut mengirim pesan untuk pertama kalinya kepada anda.

Anda bisa mengedit pesan otomatis ini sesuai keinginan anda dan bisa mengedit siapa saja yang menjadi penerimanya.

4. Balas Cepat

Fitur balas cepat merupakan fitur yang berguna bagi anda jika anda mengetik pesan-pesan tertentu dengan hanya mengetikkan simbol tertentu dan huruf pertama pada suatu kalimat, maka pesan anda langsung bisa dikirimkan. Fitur pesan ini sangat berguna bagi anda yang mengirim pesan tertentu secara berulang.

Gambarannya seperti ini. Misal kita sering mengirimkan pesan “Terima Kasih Atas Kerjasamanya” maka penerapan pada saat mengirimkan pesan anda cukup mengetikkan simbol / dan diikuti huruf T (/T) kemudian tekan enter, maka penerima pesan langsung mendapatkan pesan anda.

5. Fitur Label

Bisnis pasti ada kaitannya dengan prosedur pembayaran. Contohnya, Anda membuka bisnis “Jualan Kue Lebaran” kemudian ada seseorang yang tertarik ingin membeli.

Mula-mula saling tawar menawar hingga akhirnya berhasil mencapai kesepakatan dan pembeli anda membayar uang kue tersebut dan barang sudah dikirim.

Seluruh pesan dari awal hingga barang telah dikirimkan bisa ditandai dengan fitur label

Label terdiri atas label “pesan baru” yang bisa anda tandai ketika ada ada calon pembeli baru, kemudian ada label prospek (anda bisa menandai dengan label ini jika masih terjadi tawar menawar harga dengan calon pembeli anda).

Berikutnya ada label “menunggu pembayaran” (anda dapat menandainya jika harga sudah disepakati), label “terbayar” (bisa anda tandai dengan label ini jika pembeli telah melakukan pembayaran).

Dan yang terakhir label “pesan selesai” yang bisa anda tandai jika transaksi anda dan pembeli telah dinyatakan selesai.

Kekurangan WhatsApp bisnis

Adapun beberapa kekurangan pada whatsapp bisnis ini adalah tidak adanya fitur multi admin, jadi hanya satu orang saja yang dapat mengelolanya. Tetapi whatsapp bisnis ini dapat berjalan secara bersamaan dengan whatsApp personal biasa.

Itulah 5 fitur WhatsApp Bisnis yang Tidak Terdapat Pada WhatsApp Messenger. Bagi anda seorang pebisnis, ada baiknya coba gunakan aplikasi yang satu ini supaya bisa memudahkan komunikasi dengan pelanggan sekaligus sebagai media promosi yang tepat.


Loading...

Bagikan

Penulis

firdausdeni
firdausdeni
Seorang anak muda yang gemar menulis dan bercita-cita menjadi penulis profesional
firdausdeni

Penulis

Seorang anak muda yang gemar menulis dan bercita-cita menjadi penulis profesional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *