Bisnis OnlinePeluang usaha

e-Sport, Menjadikan Gamer Sebagai Profesi Pilihan dan Menjanjikan di Indonesia

Gamer sebagai profesi menjanjikan – Bagi kebanyakan anak jaman sekarang, bermain game berjam-jam di depan laptop atau komputer pasti akan menerima omelan panjang dari orang tua. Tak terkecuali Anda, atau bahkan teman-teman Anda.

Bagi sebagian orang tua, membatasi anak dalam bermain game di keseharian adalah hal yang wajar. Mereka mengharapkan anak-anak bisa lebih banyak fokus untuk waktu belajar, agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan layak.

Tetapi, apakah Anda tau bahwa Gamer Sebagai profesi pilihan bukan menjadi hal yang mustahil.

Ya, betul..bermain game sekarang bisa menjadi profesi idaman dengan bayaran yang cukup tinggi. Para Gamers bisa menghasilkan uang melalui e-sports (electronic sport) yang merupakan olahraga digital yang terorganisir dengan pelatihan khusus.

Apa itu e-sports?

Mungkin istilah e-sport masih cukup asing terdengar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. E-sport adalah semacam olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama. Para atlet e-sport bermain game yang sudah menjadi bidang mereka dan mendapatkan uang dari memenangkan tournament, layaknya atlet biasa.

Perbedaannya, atlet e-sport tidak bertanding secara fisik. Namun lebih mementingkan strategi pertandingan  melalui komputer dengan gamers lain secara online tanpa bertatap muka.

E-sport juga biasa disebut game competitive, pro gaming atau electronical gaming. Para gamers akan berlatih dan menekuni game tertentu agar dapat memenangkan tournament karena hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Ini yang disebut dengan gamer sebagai profesi, karena beberapa bayaran dari e-sports sendiri terbilang sangat fantastis. Sebut saja game MOBA (multiplayer online battle arena) yang merupakan salah satu genre permainan dalam e-sport yang sekarang sudah diakui oleh pemerintah Indonesia.

Loading...

Gamer Sebagai Profesi Pilihan yang di dukung pemerintah

Perlu diketahui juga, e-sport adalah cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association). IeSPA sendiri merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia).

Secara garis besar, FORMI adalah sebuah federasi yang telah diakui oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Itu artinya e-sport sudah di dukung sepenuhnya oleh pemerintah, termasuk Presiden Jokowi sendiri.

Seperti yang dikutip dari Tekno- kompas, perhatian  pak Jokowi terhadap e-sport dibuktikan dengan akan diadakannya eksibisi e-sport di Asian Games 2018 di Indonesia untuk pertama kalinya di dunia.

Pak Jokowi juga menyampaikan agar pendidikan Indonesia membuka kejuruan e-sport. Beliau menyadari bahwa dunia pendidikan Indoensia harus mengakomodasi kebutuhan dunia yang dinamis saat ini.

Baca jugaSeandainya Vlog jadi Mata Pelajaran Sekolah

Gamer sebagai profesi pilihan utama acapkali masih terasa asing bagi sebagian pencari pekerjaan tetap di Indonesia, padahal kesempatan dan peluangnya masih terbuka lebar. Lain halnya bagi freelancer yang sudah cukup familiar, beberapa dari pekerja online bisa mendapatkan penghasilan tetap melalui situs freelancer terpercaya.

Sumber gambar : Tekno kompas



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button