Tekno

Google Ciptakan Ponsel Layar Lipat, Saingi Samsung dan Huawei?

Sebelum ada kabar mengenai raksasa digital, Google yang sedang berusaha mengembangkan ponsel layar lipat. Samsung sudah terlebih dahulu menciptakan smartphone model ini dengan Galaxy Fold miliknya. Tak hanya Samsung, sejumlah produsen juga memproduksi ponsel lipat seperti Huawei.

Ponsel lipat Huawei memiliki satu layar yang besar, yang apabila ingin dijadikan ponsel maka harus dilipat ke belakang. Sedangkan Galaxy Fold milik Samsung memiliki dua buah layar yang salah satunya berukuran kecil. Ketika ingin menjadikannya sebagai tablet, maka dapat dibuka layaknya membuka buku.

Semenjak produsen ponsel lipat di Asia mengumumkan produk ponsel lipat secara resmi, ada banyak pihak yang tertarik akan hal ini. Faktor utamanya adalah karena keunikannya.

Bahkan jauh sebelum produk resminya terungkap, perusahaan seperti LG dan juga Samsung terus menunjukkan peningkatannya melalui prototipe. Dalam hal ini digambarkan bagaimana layar lipat dapat bekerja.

Samsung tidak begitu berjaya pada ponsel layar lipat karena adanya Huawei yang gencar dalam pemasaran produknya. Bahkan produk ponsel layar lipat Huawei sudah merambah hingga ke benua Eropa dan Amerika.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Google mempertimbangkan untuk memproduksi smartphone semacam ini.

Minat Google Pada Ponsel Lipat

Google berminat dengan produk jenis perangkat lipat. Hal tersebut dinyatakan oleh Mario Queiroz yang menjadi pemimpin pengembangan Google Pixel dalam sebuah wawancara.

Mario mengkonfirmasi bahwa Google memiliki rencana untuk mengembangkan teknologi smartphone lipat dalam waktu dekat.

Loading...

Dilansir juga pada Phone Area pada hari Minggu, 17 Maret 2019, Google dilaporkan memiliki paten yang berkaitan dengan ponsel lipat.

Pada laman WIPO (World Intellectual Property Organization) terdapat keterangan yang menyinggung tentang hal tersebut.

Keterangan paten tersebut adalah “Foldable Display Neural Axis Management With Thin, High Modulus Layers“.

Dugaan Google Foldable Phone oleh @TechNavvi via https://twitter.com/

Paten tersebut berfokus pada berbagai macam komponen yang digunakan untuk membuat lipatan pada layar, tanpa mengurangi kualitasnya.

Ide Google adalah menggunakan bahan-bahan dengan modulus young yang bervariasi untuk lapisan yang berbeda, tergantung pada posisinya.

Untuk konsep desain ponsel lipat Google ini tidak jauh berbeda dengan produsen lainnya. Ponsel lipat perencanaan Google juga dapat dilipat di bagian tengahnya.

Dengan begitu maka pengguna dapat menggunakannya seperti tablet ataupun melipatnya sehingga tampak seperti smartphone.

Namun masalah terbesar mengenai layar lipat adalah bekas lipatan yang bisa saja terjadi ketika dilipat. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, Google berencana menggunakan bahan-bahan yang ketika layar ponsel dibuka, tidak ada bekas lipatannya.

Kabar Waktu Dipasarkannya Ponsel Lipat Google Masih Belum Jelas

Sejauh ini belum ada informasi mengenai kapan ponsel layar lipat Google ini akan dipasarkan. Namun kemungkinan besar ketika smartphone jenis ini sudah semakin banyak di pasar, maka harganya pun akan lebih terjangkau.

Untuk saat ini, smartphone dengan layar lipat dijual dengan harga puluhan juta. Seperti Samsung dengan Galaxy Fold nya yang dijual dengan harga 1980 USD atau sekitar 28,2 juta rupiah. Adapun Huawei dengan Mate X nya dijual dengan harga 2299 euro atau sekitar 37,2 juta rupiah.

Selain itu, Google juga melihat produk jenis ponsel lipat ini masih belum begitu dibutuhkan untuk saat ini. Saat ini keberadaan ponsel lipat tidak cukup kuat di pasaran.

Perangkat lipat masih terlalu dini untuk dipasarkan, bahkan bisa dikatakan masih prematur. Bahkan Direktur Android Stephanie Cuthbertson pun dalam gelaran Google I/O 2019 juga mengatakan bahwa potensi pengangkat lipat memang sangat menarik, namun tidak untuk saat ini

Untuk itu, Google masih fokus pada Pixel 3a nya yang dirilis dengan menjadi ponsel kamera terbaik. Untuk ponsel lipat sudah direncanakan, namun mereka masih menunggu sampai menemukan inovasi baru.

Ponsel lipat tidak hanya menjadi ponsel yang bisa dilipat saja, tetapi dapat bermanfaat untuk hal lain juga. Mereka akan berusaha lebih keras untuk pengembangan produk ponsel lipat ini.



Loading...

Baca selengkapnya

ArifaNida

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button