Seberapa Efektifkah Google Person Finder Membantu Bencana Alam Palu?

Pada Selasa (02/10), Google meluncurkan Google Person Finder untuk membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah.

Apa itu Google Person Finder?

Adalah situs pencari orang, sebagaimana namanya “Person Finder.” Jadi, melalui bantuan Person Finder ini, seseorang dapat mencari sanak keluarganya yang belum ditemukan.

Seberapa Efektifkah Google Person Finder?

Ketika Google meluncurkan situs Person Finder-nya, tentu ini merupakan sebuah kabar gembira, karena pencarian korban bencana alam di Palu akan bisa dilakukan dengan mudah.

Lihat:

Namun, ketika sudah menuju link ke situs Person Finder, masalah berikutnya justru muncul, di mana Person Finder kurang begitu efektif.

Apa yang kurang efektif?

Loading...

Tidak semua nama-nama korban yang dicari benar-benar ada atau berhasil ditemukan melalui situs Person Finder.

Berarti Google Person Finder tidak efektif?

Bisa dikatakan tidak efektif, karena Google dalam laman resminya sudah menjelaskan, bahwa mereka tidak memverifikasi keakuratan data yang masuk terlebih dahulu.

Semua data yang dimasukkan tersedia untuk publik dan dapat digunakan oleh semua orang. Google tidak meninjau atau memverifikasi keakuratan data ini.

Mengetes Situs Person Finder Google

Dalam situs Person Finder ala Google, terdapat dua opsi yang bisa dipilih oleh para pengguna, di antaranya adalah mencari seseorang atau memberikan informasi tentang seseorang.

Lihat:

Person Finder Google

Sekarang, saatnya untuk mengetes atau membuktikan efektif atau tidaknya situs Person Finder ala Google.

Dan berikut, cara untuk membuktikannya:

1. Buka situs Person Finder.

2. Masukkan nama orang yang dicari.

3. Kemudian, hasil pencarian akan muncul.

Tidak punya kerabat di Palu, bagaimana membuktikannya?

Anda bisa memasukkan nama orang-orang yang selamat yang sudah diundang ke beberapa acara stasiun televisi.

Contoh:

Anda memasukkan nama Andy Wahid Nurjaman. Andy Wahid adalah salah satu korban selamat bencana alam di Palu yang diundang ke acara Hitam Putih.

Coba Anda masukkan ke kolom pencarian, dan kira-kira apakah hasilnya?

Hasilnya pasti tidak ditemukan, dan Anda akan disuruh membuat rekaman baru di situs Person Finder.

Melalui tes tersebutlah, bisa dikatakan Google Person Finder tidak begitu efektif dalam mencari korban bencana alam di Palu.

Perlu Sosialisasi

Mengingat Person Finder masih seumur jagung, tentu tidak terlalu mengagetkan atau bisa ditolerir, apabila keakuratan datanya tidak 100%.

Apalagi Person Finder digunakan oleh semua orang dan tidak diverifikasi langsung oleh Google terkait keakuratan datanya

Sekarang, yang memegang kendali penuh dari situs Person Finder adalah para penggunanya, karena merekalah yang memasukkan data yang sampai saat ini sudah mencapai 1.600 rekaman.

Jadi, bagi Anda yang saat ini memiliki akses untuk mengumpulkan data-data dari para korban bencana alam di Palu, mungkin bisa memasukkannya ke situs Person Finder.

Namun, apabila Anda tidak bisa berbuat banyak, maka langkah kecil yang bisa Anda lakukan adalah menyebarkan atau mensosialisasikan, bahwasanya Google sudah membuat situs Person Finder.

Kesimpulan

Meski situs Person Finder kurang begitu efektif, setidaknya terobosan yang dibuat oleh Google ini harus diapresiasi.

Google selain membuat situs Person Finder untuk membantu menemukan para korban bencana alam di Palu, mereka juga sudah menyumbangkan dana sebesar 1 juta dolar AS atau setara Rp 15 miliar.

Baca: Termasuk Google, 4 Perusahaan Teknologi Ini Ikut Menyumbang Korban Gempa Palu

Jadi, meski Person Finder tidak begitu efektif, kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap memberikan apresiasi, karena Google sudah banyak membantu dalam meringankan beban bencana alam di Palu.


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *