Tekno

Google: Tahun Depan Semua Ponsel Akan Gunakan Android 10

Mulai Berlaku 1 Februari 2020

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, telah membuat aturan baru yang mewajibkan para vendor untuk menyediakan sistem operasi Android 10 pada smartphone yang akan mereka keluarkan mulai tahun depan.

Aturan baru yang dibuat oleh Google ini akan mulai berlaku pada 1 Februari 2020. Jika aturan baru tidak dilaksanakan oleh para vendor, maka Google tidak akan menerbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer) untuk menggunakan GMS di ponsel terbaru yang mereka keluarkan.

Tak Patuh, Nasib Akan Sama Seperti Seri Mate 30

Aturan baru Google tersebut, mau tidak mau akan dituruti oleh para produsen ponsel pintar karena mereka pasti tidak ingin bernasib sama seperti seri Mate 30. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ponsel anyar keluaran Huawei tersebut adalah ponsel yang tidak menggunakan GMS (google mobile services) akibat dampak embargo yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Ketika ponsel pintar tidak dapat menggunakan GMS, maka di ponsel tersebut tidak akan ada aplikasi bawaan Google seperti Gmail, YouTube, dan Play Store. Pada dasarnya, GMS itu adalah sekumpulan paket aplikasi dari Google.

Ketika sebuah vendor ingin menyematkan GMS di ponsel yang mereka keluarkan, maka vendor tersebut harus mengajukan proposal persetujuan terlebih dahulu. Ketika pihak Google setuju, maka ponsel pun bisa menggunakan GMS.

Tahun Depan Ponsel Wajib Android 10?

Seperti yang sudah disebutkan di awal, aturan baru Google itu akan berlaku pada 1 Februari 2020. Artinya, Google tidak akan menyetujui lagi permintaan ponsel yang ingin menggunakan Android Pie yang merupakan sistem operasi di bawah Android 10 setelah tanggal 31 Januari 2020.

Bagaimana nasib para pengguna Android Pie?

Google akan tetap menyediakan dukungan kepada para pengguna Android Pie yang berupa pembaruan. Android 10 sendiri akan dirilis pada bulan Agustus 2020. Dalam jangka waktu tersebut, para pengguna akan mendapatkan opsi untuk upgrade ke OS terbaru dan tidak perlu khawatir dengan nasib OS yang mereka gunakan saat ini.

Baca juga: Maskot Android Punya Desain Baru, Bentuknya Justru Membosankan?

Dengan menerapkan aturan baru yang mensyaratkan para produsen ponsel untuk memasang sistem operasi Android terbaru, maka jumlah pengguna Android 10 pun akan meningkat. Aturan baru yang dibuat ini pun juga merupakan strategi yang dibuat oleh Google agar penggunaan OS terbaru bisa berjalan lebih cepat.

Selama ini, persentase penggunaan sistem operasi terbaru Android memang cenderung lambat. Oleh karena itu, aturan baru yang diterapkan oleh Google ini akan mempercepatnya. Pihak Google juga mengatakan jika OS baru selalu menawarkan sistem keamanan yang lebih baik dari OS sebelumnya.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close