Internet

Hilangkan Stress: 7 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu memiliki rencana liburan, ini bisa menjadi pilihan alternative yaitu tempat wisata di Balikpapan untuk menghilangkan penat dan stress terhadap pekerjaan.

Dijuluki sebagai Banua Patra atau Kota Minyak, berbagai macam destinasi wisata yang tersembunyi di kota Balikpapan dengan sejuta panorama yang mungkin belum kamu ketahui.

Kota Balikpapan sangat mendominasi oleh perbukitan jika di lihat secara geografis. Selain itu, kota tersebut hanya sekitar 12% saja yang wilayahnya merupakan daerah datar. Terutama disepanjang pesisir pantai dan aliran sungai.

Kota Balikpapan wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Penajem Paser dibagian Utara, dan Selat Makassar di Bagian timur dan Selatan. Serta Kabupaten Kutai Kartanegara dibagian Utara.

Berikut tempat liburan yang dapat kamu kunjungi dan membuat liburan kamu semakin menyenangkan.

7 Tempat wisata di Balikpapan yang wajib dikunjungi

1. Pantai Lamaru

tempat wisata di balikpapan: pantai lamaru kalimantan timur
Image by: getborneo.com

Jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Lamaru untuk bersantai jika kamu berada di kota Balikpapan.

Disekitar Pantai Lamaru banyak di tumbuhi oleh pepohanan cemara dan memiliki suasana yang nyaman, pemandangan indah serta suasana yang asri.

Pantai Lamaru tidak memiliki pasir putih pada umumnya. Akan tetapi, Pantai Lamaru selalu menjadi tempat wisata di Balikpapan dan menjadi idola bagi masayrakat sekitar.

Loading...

Jika kamu datang di sore hari, kamu dapat melihat matahari terbenam.

2. Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari
Image by: kaltim.tribunnews.com

Pantai Manggar Segar Sari memiliki pasir yang sangat lembut dan pepohonan yang rindang di pinggir pantai. Dimana pantai tersebut selalu ramai dikunjungi.

Dipinggiran pantai kamu dapat berenang, bermain bola, bersepeda, water sport, dsb. Untuk memasuki Pantai Manggar Sari tidak dipungut biaya alias gratis. Tetapi jika kamu membawa kendaraan maka akan dikenakan biaya parkir.

3. Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo
Image by: tripadvisor.com

Memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota, untuk menuju wilayah ini kamu akan melewati jembatan gantung kayu sekitar 800 meter.

Memiliki beberapa potensi alam, Hutan Mangrove Margomulyo memiliki beberapa hewan yang langkah seperti bekantan.

Jika kamu datang di Hutan Bakau Margomulyo, kamu dapat menyaksikan Monyet Bekantan yang memiliki kelincahan dalam melompat ke pohon yang satu ke yang lainnya.

Agar kita dapat menikmati sunset, wisata ini sedang mengembangkan fasilitas yaitu menggunakan kapal dalam menelusuri hutan Mangrove melalui muara yang tembus kelautan.

Baca jugaWisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk penyewaan kapal, biaya sewa sekitar IDR 150.000/jam dan bisa dinaiki sekitar 8 orang.

4. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra
Image by: portalbalikpapan.com

Salah satu tempat wisata di Balikpapan, pantai Banua patra memiliki banyak bebatuan dan karang. Pantai ini biasa dikunjungi banyak wisatawan dalam menyaksikan matahari terbenam.

Jika kamu memiliki hobi untuk berenang, sepertinya pantai ini tidak cocok untuk berenang karena banyaknya karang yang dapat melukai tubuh.

5. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata
Image by: ekojuli.wordpress.com

Dengan banyaknya pepohonan yang khas di Kalimantan, hutan Wanawisata salah satu hutan lindung dan hutan ini sangat cocok di jadikan tempat lokasi piknik bersama keluaraga maupun teman.

Jangan lupa bawa tikar untuk menikmati kesejukan di wilayah ini dan jangan lupa juga membawa makanan. Karena wilayah ini tidak ada penjual.

Selain di jadikan tempat piknik, kamu juga bisa trekking dan jogging untuk menjelajahi hutan ini. Apabila kamu membawa anak-anak maka di sini ada permainan anak seperti ayunan dan juga perosotan.

6. Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai Balikpapan
Image by: ekojuli.wordpress.com

Bukit Bangkirai terkenal dengan kayu Bangkirai yang biasa digunakan untuk bahan bagunan. Kayu Bangkirai sudah di perjual belikan hingga di Pulau Jawa. Biasa mereka menyebutnya Kayu Kalimantan.

Bukit Bangkirai di Balikpapan memiliki lokasi wisata yang unik yang mana terdapat pohon Bangkirai yang berusia hingga 200 tahun. Selain itu, pohon Bangkirai memiliki ke tinggian sekitar 50 meter dan berdiameter 2,3 meter.

Wilayah Bukit Bangkirai terdapat jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon Bangkirai dimana jembatan tersebut terbuat dari tali yang alasnya dari papan. Selain itu, kamu dapat berpetualang dalam menyusuri canopy bridge.

7. Pulau Segajah

Wisata Pulau Segajah
Image by: wisatabontang.com

Pulau Segajah adalah tempat wisata di Balikapapan berikutnya yang wajib kamu kunjungi. Pulau segajah memiliki jarak sekitar 250 Km dari pusat kota Balikpapan.

Selain itu, pulau segajah memiliki lokasi yang berada di Kelurahan Bontang kecamatan Bontang Utara Provinsi Kalimantan Timur.

Pulau Segajah memiliki Ke unikan dan aneh di mana kamu hanya dapat mengunjungi pada siang hari. Kamu tahu kenapa? Karena pada malam hari, pulau ini tenggelam dan pastikan ketika kamu mengunjunginya air dalam keadaan surut.

Pada saat air pasang atau mulai pasang, maka keadaan pulau ini tidak tampak alias mulai tenggelam. Selain itu, Pulau Segajah memiliki pesona alam dimana air laut berwarna biru serta pasir yang warna putih dan bersih.

Pulau ini sangat cocok bagi kamu yang hobi berenang dimana kamu akan melihat hewan yang memiliki warna coklat hingga kemerah-merahan.



Loading...

Baca selengkapnya

Syarif Sabirin

Seorang Marketing Digital dengan visi mengambil ke langkah berikutnya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *