Internet

Hindari Hal Buruk, Begini Cara Mengganti Password Akun Twitter

Pastikan Password yang Anda Gunakan Itu Kuat

Bulan lalu (08/2019), Twitter telah mengkonfirmasi jika akun CEO-nya telah diretas oleh kelompok yang bernama Chuckling Squad. Pihak Twitter menyampaikan jika peretasan terjadi karena lemahnya keamanan dari penyedia jasa seluler.

Twitter mengklaim jika sistemnya baik-baik saja. Menurut mereka, para peretas menggunakan teknik simswapping atau simjacking untuk mengendalikan akun bosnya. Simswapping adalah teknik pentransferan nomor telepon korban ke kartu SIM yang baru.

Simswapping sendiri biasanya sukses dilaksanakan setelah sang peretas menipu atau menyuap staf penyedia jasa seluler. Karena aksi peretasan ini, pihak Twitter langsung menonaktifkan fitur tweet via SMS hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Bukan yang Pertama Kali

Peretasan yang dilakukan Chuckling Squad bukan yang pertama kalinya, karena mereka diketahui juga pernah melakukan beberapa peretasan, dan akun yang mereka sasar adalah akun dari orang-orang populer sehingga cuitan kontroversial yang mereka buat bisa dibaca oleh banyak orang.

Apa yang menimpa Twitter memang cukup mengejutkan, karena ternyata peretasan bisa dilakukan melalui pihak luar. Bahkan menurut David Edelman, Direktur Proyek Keamanan Teknologi, Ekonomi, dan Nasional di Institut Teknologi Massachusetts, peretasan Twitter ini bukanlah peretasan tingkat tinggi.

Apakah fitur tweet via SMS sudah normal?

Sampai saat ini, fitur tersebut belum bisa digunakan. Ketika fitur tweet via SMS dicoba akan muncul sebuah pemberitahuan “kami tidak dapat menemukan nomor tersebut. silakan coba lagi.” Seperti yang sudah disebutkan di awal, belum diketahui kapan Twitter akan mengaktifkan fitur tweet via SMS.

Jangan Lupa Mengganti Password Akun Twitter

Fitur tweet via SMS sudah dinonaktifkan oleh pihak Twitter untuk sementara waktu. Itu artinya, ketika fitur tersebut aktif kembali, maka kinerjanya akan jauh lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. Jadi, para pengguna yang sebelumnya was-was bisa sedikit bernafas lega.

Sekarang, untuk lebih mengamankan akun Twitter Anda, silakan Anda ganti password akun Twitter yang saat ini Anda gunakan apabila kekuatannya masih lemah. Pada pembahasan sebelumnya juga sering disinggung jika password yang kuat itu adalah password yang mengkombinasikan huruf kecil dengan huruf besar dan disertai dengan angka.

Berikut ini beberapa contohnya, H4d4tholi13un, m45MUKbr0. Sekarang, apakah Anda sudah tahu cara mengganti password akun Twitter? Jika Anda belum mengetahuinya, maka silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Langkah:

1. Buka aplikasi Twitter atau Twitter web. Pada pembahasan kali ini, kita akan menggunakan aplikasi. Jika Anda menggunakan Twitter web, kurang lebih caranya sama.

2. Silakan login, ketika sudah masuk beranda, ketuk foto profil yang terletak di pojok kiri atas.

3. Pilih pengaturan dan privasi, kemudian pilih akun.

4. Pilih kata sandi.

5. Masukkan sandi lama terlebih dahulu, kemudian di dua kolom selanjutnya isikan sandi baru.

6. Perbarui kata sandi, dan password berhasil diganti.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Mudah Menghapus Akun Twitter

Untuk mengamankan akun Twitter tidak cukup hanya dengan mengganti kata sandi saja, karena Anda juga harus logout ketika mengakses Twitter di perangkat publik, mengaktifkan autentikasi dua faktor, tidak klik tautan secara sembarangan, dan selektif dalam memilih pertemanan. Intinya, kita harus waspada dan berhati-hati jika ingin akun media sosial aman.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close