Review ProdukTekno

Huawei P40 Series Hadir Dengan Fitur dan Kamera yang Luar Biasa!

Huawei P40 Series: Spesifikasi, Fitur & Harga

Huawei telah bekerja sama dengan Leica Imaging untuk menciptakan smartphone dengan spesifikasi kamera yang bukan main. Kerjasama mereka menghasilkan smartphone flagship yang memiliki fitur dan kamera terbaik tahun ini yakni Huawei P40 Series.

Spesifikasi Kamera Huawei P40 Series, terutama P40 Pro+ mampu menyaingi Galaxy S20 Ultra dan Oppo Find X2 Pro yang belum lama dirilis.

Tidak hanya dari segi kameranya saja, Huawei juga meningkatkan performa, display dan melengkapi P40 Series flagship dengan teknologi fast-charging yang lebih baik dari predesessornya.

Kamu pasti penasaran kan? yuk kita bahas.

Huawei P40 Series: Spesifikasi, Fitur & Harga

Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro memperoleh inspirasi dari P30 dan Mate 30 namun smartphone ini hadir dengan fitur yang lebih baik terutama pada aspek kamera dan layar.

Layar

Huawei menggunakan layar yang mereka namakan “Overlflow Display” yang melengkung hingga ke-empat sisi-sisinya.

Layar tersebut berbasis OLED panel yang memiliki 90Hz refresh rate dengan resolusi (1,200 x 2,640px) berukuran 6.58-inchi.

Huawei P40
Sumber: Huawei

Pastinya, Huawei juga melengkapi P40 Pro dengan teknologi in-display fingerprint scanner. Namun, teknologi yang mereka gunakan kali ini memiliki area scan yang 30% lebih lebar dari sebelumnya. Dibagian depan, smartphone ini juga dilengkapi infrared face scanner yang dapat digunakan untuk metode secure payment.

Kamera

Untuk selfie dan video chat, P40 Pro menyediakan satu kamera depan yang ditemani IR Depth sensor dan Ambient/Proximity sensor. Ketiganya tertanam di dalam oval punch-hole cutout.

Kameranya memiliki resolusi 32MP (f/2.2) dan dilengkapi Auto-Focus yang tidak hanya mampu memberikan hasil selfie yang tajam dan jelas, namun juga sanggup merekam video hingga resolusi 4K @60FPS.

Huawei P40
Sumber: Huawei

Fitur terbaik dari Huawei P40 Pro terdapat pada aspek kameranya. Smartphone ini dilengkapi Quad Camera Setup yang terdiri dari lensa utama, Ultrawide-cinema lens, Telephoto dan 3D ToF sensor.

Kamera utamanya menggunakan sensor berukuran 1/1.28″ yang bahkan lebih besar dari yang digunakan Galaxy S20 Ultra (1/1.33).

Huawei P40
Sumber: Huawei

Sensor tersebut memiliki resolusi 50MP dan menggunakan RYYB Color filter yang juga mendukung Octa-Phase Detection Auto-Focus serta Optical Image Stabilization (OIS) yang dikolaborasikan dengan lensa (f/1.9).

Kamera keduanya adalah kamera Telephoto yang menggunakan sensor 12MP RYYB dengan lensa 125mm dan dilengkapi OIS.

Kamera telephotonya ini memiliki kemampuan zoom hingga 5x menggunakan fitur Optical Zoom sehingga gambar yang ditangkap tidak akan mengalami penurunan kualitas. Dengan kata lain, gambar yang ditangkap menggunakan optical zoom akan tetap terlihat tajam dan jelas.

Sumber: Huawei

Kamera ketiga merupakan lensa Ultrawide-angle cinema lens. Dan tidak seperti lensa Ultrawide pada umumnya, Huawei menggunakan sensor 40MP yang digabung dengan lensa 18mm f/1.8.

Dengan dukungan 3D ToF dan Color Temperature sensor, P4O Pro menawarkan kemampuan videografi yang bukan main. Smartphone ini mampu merekam video hingga resolusi 4K @60FPS. Kamera Ultrawide-anglenya juga mampu merekam video HDR dengan kemampuan ISO hingga 512,200.

P40 Pro bahkan mampu merekam video timelapse dan slow-motion diresolusi 4K @7,680FPS. Semuanya mendukung fitur OIS yang akan membantu menghasilkan video yang mulus/minim guncangan.

Performa

Untuk performa, Huawei P40 Series dipersenjatai dengan Kirin 990 5G Chipset. Dan pada P40 Pro/Pro+, chipset tersebut di-dinginkan oleh SuperCool 4 Layer graphene film + vapor chamber untuk memastikan agar suhu chipset selalu rendah dan stabil.

Baterai & Fitur Lain

P40 Pro ditenagai baterai 4,200mAh yang mendukung 27 Wireless dan 40W Wired fast-charging via USB Type-C. Tak kalah lengkap, P40 Pro juga tahan debu dan air karena memiliki perlindungan IP68.

Huawei P40 Pro+

P40 Pro+ merupakan varian tertinggi di keluarga P40 Series. Smartphone ini sendiri masih memiliki desain yang identik dengan P40 Pro. Namun, P40 Pro+ menggunakan kamera dan teknologi wireless charging yang lebih baik.

Layar

Varian ini masih menggunakan Overflow OLED Display berukuran 6.58-inchi yang memiliki resolusi dan refresh rate yang sama seperti P40 Pro.

Sumber: Huawei

Layar tersebut juga menggunakan oval punch-hole cutout untuk mengakomodasi kamera depan (32MP), Infrared dan Ambient/Proximity sensor yang juga dilengkapi in-display fingerprint scanner.

Kamera

Spesifikasi kameranya juga identik dengan P40 Pro. Smartphone ini masih menggunakan kombinasi sensor 50MP, 40MP Ultrawide-angle cinema lens, 3D ToF dan Color Temperature sensor dibagian belakang.

Bedanya, Huawei menambahkan satu lensa periscope dan satu lensa telephoto yang membuat total kameranya menjadi 5 (penta).

Sumber: Huawei

Kamera periscope-nya menggunakan sensor 8MP yang di-dukung OIS. Sensor tersebut digabung dengan lensa terpanjang yang pernah digunakan oleh smartphone yakni 240mm.

Sumber: Huawei

Kamera periscope tersebut menawarkan fitur 10x Optical Zoom. Sebagai perbandingan, Galaxy S20 Ultra dan Find X2 Pro hanya memiliki kemampuan 4x dan 5x Optical Zoom.

Kamera telephotonya juga menggunakan sensor yang sama yakni 8MP namun hanya menawarkan fitur 3x Optical Zoom. Akan tetapi, kombinasi kedua kamera tersebut memungkinkan P40 Pro+ untuk mencapai 100x Zoom menggunakan fitur Digital Zoom.

Performa

Sama seperti P40 Pro, varian ini juga menggunakan Kirin 990 5G Chipset dan 8GB RAM. Akan tetapi P40 Pro+ memiliki penyimpanan yang lebih besar yakni 512GB.

Baterai & Fitur Lain

Selain mendukung 40W wired fast-charging, P40 Pro+ juga termasuk smartphone pertama yang menyediakan fitur 40W wireless charging.

Sama seperti P40 Pro, smartphone ini juga ditenagai baterai 4,200mAh. Dan tak kalah lengkap, P40 Pro+ juga mendukung reverse wired/wireless charging.

Sumber: Huawei

Untuk membuat P40 Pro+ terlihat lebih premium dari varian lainya, Huawei melapisi bagian luar/exterior P40 Pro+ menggunakan keramik yang mereka klaim memiliki tingkat kekerasan yang sama seperti batu Safir (Sapphire).

Huawei P40

Huawei P40 Pro/Pro+ memang menawarkan fitur dan desain yang mewah. Namun, ada individual yang lebih menyukai desain simpel atau mungkin alternatif lain yang lebih murah.

Oleh karenanya, Huawei P40 dibuat untuk memenuhi ekspektasi tersebut.

Huawei P40 merupakan varian terendah, akan tetapi varian ini masih memiliki fitur dan spesifikasi yang juga terdapat pada P40 Pro/Pro+.

Layar & Kamera

Layar yang P40 gunakan berukuran lebih kecil dari P40 Pro/Pro+ yakni 6.1-inchi dan tidak melengkung/rata. Layarnya juga hanya memiliki resolusi Full-HD+ dengan standard 60Hz refresh rate.

Meskipun begitu, layar tersebut masih dilengkapi dengan in-display fingeprint scanner dan oval punch-hole yang mengakomodasi sensor 32MP dan Depth sensor. (Kamera depanya juga mampu merekam video 4K @60FPS, namun tidak dilengkapi Infrared sensor)

Huawei P40
Sumber: Huawei

Untuk foto dan videografi, P40 dilengkapi dengan triple camera setup. Kamera utamanya masih menggunakan sensor 50MP yang juga dipakai oleh P40 Pro/Pro+.

Akan tetapi, lensa telephoto dan ultrawide-anglenya menggunakan sensor dan menawarkan fitur yang lebih rendah.

Sumber: Huawei

Huawei menggunakan lensa 80mm yang dikolaborasikan dengan sensor 8MP untuk kamera telephotonya. Alhasil, P40 hanya menawarkan fitur 3x Zoom (Optical) dan 30x Zoom (Digital).

Sedangkan kamera ultrawide-anglenya menggunakan sensor 16MP yang digabung dengan lensa 17mm.

Performa

Huawei P40 juga dipersenjatai Kirin 990 5G. Namun tidak seperti P40 Pro/Pro+, varian ini tidak dilengkapi dengan SuperCool 4 Layer System.

Baterai & Fitur Lain

Vanilla P40 hanya mendukung perlindungan IP 53 dust & splash resistance. Varian ini juga menggunakan baterai yang kapasitasnya lebih kecil yakni 3,800mAh dan tidak dilengkapi wireless charging namun masih mendukung 22.5W wired fast-charging.

Software

Seperti yang sudah kita ketahui, semenjak di ban oleh US. Smartphone Huawei rata-rata sudah tidak lagi menggunakan Google Mobile Services. Sebagai gantinya, Huawei P40 Series akan mengadopsi Huawei Mobile Service dan AppGallery.

Harga dan Varian

Huawei P40 Series akan tersedia pada tanggal 7 Juni untuk wilayah Eropa. Untuk saat ini, Huawei masih belum memberikan kabar mengenai ketersediaan smartphone tersebut untuk wilayah lain.

P40 Pro

P40 Pro akan dibandrol dengan harga yang dimulai dari €1,000 (17 Juta’an) untuk varian 8GB/256GB. Pengguna juga dapat memperbesar kapasitas penyimpananya. Namun, kamu harus menggunakan Huawei NanoMemori 2 cards.

Huawei P40
Sumber: Huawei

P40 Pro tersedia dalam warna Black, Silver Frost, Blush Gold, Deep Sea Blue dan Ice White,

P40 Pro+

P40 Pro+ dijual seharga €1,399 (24 Juta’an) dan tersedia dalam dua varian warna yakni Ceramic Black dan Ceramic White.

Sumber: Huawei
P40

P40 hanya menyediakan satu konfigurasi memori yakni dengan 8GB RAM + 128GB Storage yang dapat diperbesar via NM 2 card.

Huawei P40
Sumber: Huawei

Varian ini dibandrol seharga €800 (14 Juta’an) dan tersedia dalam warna Black, Silver Frost, Blush Gold, Deep Sea Blue dan Ice White.

Rangkuman Spesifikasi

Huawei P40 Huawei P40 Pro Huawei P40 Pro+
Prosessor HiSilicon Kirin 990 5G
Memori 8GB/128GB, Expandable via NM 2 Card 8GB/256GB Expandable via NM 2 Card 8GB/512GB Expandable via NM 2 Card
Layar OLED, Full-HD+, 6.1-inchi Overflow OLED display, (2640 x 1200), 6.58-inchi
Kamera Kamera Depan:
32MP
Depth sensor
Kamera Depan:
32MP
IR Sensor
Proximity/Ambient Sensor

Kamera Belakang:
50MP
8MP (Telephoto w/ 3x Optical Zoom, 30x Digital Zoom)
16MP Ultrawide
Kamera Belakang:
50MP (Main)
40MP (Ultrawide-angle cinema lens)
12MP (Telephoto 5x Optical Zoom, 50x Digital Zoom)
3D ToF Sensor
Color Temperature Sensor
Kamera Belakang:
50MP (Main)
40MP (Ultrawide-angle cinema lens)
8MP (Periscope 10x Optical Zoom, 100x Digital Zoom)
8MP (Telephoto 3x Optical Zoom)
3D ToF Sensor
Color Temperature Sensor
Baterai Non Removable 3,800mAh
22.5W Wired fast-charging
Non Removable 4,200mAh
27W Wireless & 40W Wired fast-charging
Non Removable 4,200mAh
40W Wireless & 40W Wired fast-charging
OS Android 10, Huawei Mobile Service, AppGallery

 


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close