Humanoid Robot : Nao, Robot Pintar Berperilaku Manusia

Nao adalah sebuah program robot humanoid yang dikembangkan oleh Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan robotika asal Perancis yang berkantor pusat di Paris. Pengembangan robot humanoid ini dimulai dengan peluncuran Proyek Nao pada tahun 2004.

Pada tanggal 15 Agustus 2007, Nao diganti Sony’s robot dog Aibo sebagai robot yang digunakan dalam RoboCup Standard Platform League (SPL), sebuah kompetisi robot sepak bola internasional. The Nao digunakan dalam RoboCup 2008 dan 2009, dan NaoV3R dipilih sebagai platform untuk SPL di RoboCup 2010.

Versi Robot NAO

Beberapa versi robot humanoid ini telah dirilis sejak 2008. The Nao Academics Edition dikembangkan di universitas dan laboratorium untuk keperluan penelitian dan pendidikan. Penelitian ini dirilis untuk lembaga pada tahun 2008, dan tersedia untuk umum pada tahun 2011.

Berbagai upgrade ke platform Nao telah dirilis, termasuk Nao Next Gen 2011 dan 2014 Nao Evolution. Robot Nao telah digunakan untuk tujuan penelitian dan pendidikan di lembaga-lembaga akademis di seluruh dunia. Pada tahun 2015, lebih dari 5.000 unit Nao sedang digunakan di lebih dari 50 negara.

Sejarah Pengembangan

Aldebaran Didirikan

Bruno Maisonnier Mendirikan Aldebaran pada tahun 2005, sebelumnya Bruno Maisonnier telah mengembangkan robot Nao ini pada tahun 2004. Enam prototipe dari Nao dirancang antara tahun 2005 dan 2007.

Pada bulan Maret 2008, lahir robot versi pertama yaitu The Nao RoboCup Edition, yang dirilis dan menjadi kontestan dari RoboCup tahun itu. The Nao Academics Edition dirilis ke perguruan tinggi, lembaga pendidikan dan penelitian laboratorium pada akhir 2008.

Berita Utama Didunia

  • Pada musim panas di tahun 2010, Nao menjadi berita utama global dengan rutinitas tarian disinkronisasi di Shanghai Expo di China.
  • Pada bulan Oktober 2010, Universitas Tokyo membeli 30 Robot Nao untuk dipelajari di Lab Nakamura, dan mengembangkannya menjadi robot asisten laboratorium aktif.
  • Pada bulan Desember 2010, robot Nao didemonstrasikan dengan melakukan komedi stand-up, dan versi baru dari robot ini dirilis dengan fitur baru, yaitu lengan sclupted dan motor ditingkatkan sehingga lebih cepat dalam bergerak.
  • Pada bulan Mei 2011, Aldebaran mengumumkan bahwa mereka akan merilis kode sumber pengendali Nao kepada masyarakat sebagai perangkat lunak open source.
  • Pada bulan Juni 2011, Aldebaran mengumpulkan US $ 13 juta putaran pendanaan usaha yang dipimpin oleh Intel Capital.
  • Pada 2013 , Aldebaran diakuisisi oleh Jepang SoftBank Mobile untuk US $ 100 juta.

NAO Next Gen Dirilis

Humanoid
Nao Next Gen via http://24gadget.ru

Pada bulan Desember 2011, perusahaan Aldebaran merilis Nao Next Gen, dengan menambahkan fitur menampilkan hardware dan software tambahan seperti kamera HD, peningkatan daya tahan robot, sistem anti-tabrakan dan kecepatan berjalan lebih cepat.

Pada robot Nao Evolution, meningkatkan daya tahan, meningkatkan tensis multibahasa , meningkatkan bentuk dan deteksi wajah dan pengakuan menggunakan algoritma baru, dan meningkatkan lokasi sumber suara menggunakan empat mikrofon directional, robot ini dirilis pada bulan Juni 2014.

Loading...

Penggunaan Robot NAO

Lembaga Akademis

Sejak tahun 2011, lebih dari 200 lembaga akademis di seluruh dunia telah menggunakan robot. Termasuk The University of Hertfordshire dan Bold Hearts RoboCup Team, the Indian Institute of Information Technology, Allahabad. the University of Tokyo, the Indian Institute of Technology Kanpur, Saudi Arabia’s King Fahd University of Petroleum and Minerals, dan Montana State University.

Pada tahun 2012, Aldebaran menyumbangkan Nao robot untuk digunakan mengajar anak-anak autis di sekolah UK.; Banyak anak menyukai robot itu, robot Nao ini sangat ekspresif dan lebih relatable dari manusia. Dalam konteks yang lebih luas, Nao robot telah digunakan oleh banyak sekolah – sekolah Inggris untuk mengenalkan kepada anak-anak apa itu robot dan industri robotika.

Sebagai Edukasi dan Penelitian

Pada akhir tahun 2014, lebih dari 5.000 robot Nao digunakan oleh lembaga pendidikan dan penelitian di 70 negara berbeda. Pada tahun 2015, Mitsubishi UFJ Financial Group mulai uji coba Nao untuk dijadikan pelayanan pelanggan di cabang bank di Jepang.

Juli 2015, Nao robot ditampilkan untuk menunjukkan bentuk dasar dari kesadaran diri dalam percobaan filosofis di Rensselaer Polytechnic Institute di New York.  Pada bulan September 2015, French Institute of Health and Medical Research menggunakan Nao robot untuk menguji sistem robot “autobiographical memory”. Yang dirancang untuk membantu dan melatih awak International Space Station dan membantu pasien usia lanjut.

Spesifikasi Humanoid Robot Nao

  • Robot NAO ini memiliki tinggi 58 cm atau sekitar 23 inci, berbobot cukup ringan yaitu 4.3 kg atau setara dengan 9.5 lb.
  • Robot ini dibekali dengan power supply lithium battery providing bertenaga 48.6 Wh. Robot ini bisa bertahan selama 1 setengah jam.
  • Derajat kebebasan robot NAO ini sebesar 25 derajat. Dilengkapi CPU Intel Atom @ 1.6 Ghz dengan Sistem Operasi NAOqi 2.0. Juga kompatible dengan OS Windows, Mac OS dan Linux.
  • Robot ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++, Phyton, Java, MATLAB, Urbi, C, dan .NET.
  • Robot ini memiliki sensor 2 camera HD, 4 Microfon, Sonar pengintai, 2 emitor inframerah, 9 sensor peraba, 8 sensor tekanan.

Referensi lain : Penyedot Debu Canggih Untuk Ibu Rumah Tangga yang Sibuk


Loading...

Bagikan

deni apriliandi

Penulis

Jika kita bermewah-mewah di dunia akan kurang ganjarannya di akhirat #umar bin khattab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *