InternetTekno

20 Istilah Teknologi Komputer dan Internet yang Harus Millennial Tahu

Memuat daftar istilah teknologi dasar, khususnya yang berkaitan dengan komputer dan internet, yang harus diketahui millennial dan semua orang. Malu dong kalau millennial gagal paham teknologi.

Walaupun kamu gak punya mimpi jadi developer atau programmer, tapi di zaman millennial seperti sekarang ini kamu perlu tahu istilah-istilah teknologi. Apalagi kalau hobi internetan, jangan sampai deh kamu dianggap gaptek.

20 Istilah Teknologi yang Harus Millennial Tahu

Dibagi ke dalam empat kelompok, beserta penjelasan singkat yang mudah dipahami.

A. UX (User Experience: Pengalaman Pengguna)

Sesuai namanya, User Experience fokus pada cara seseorang mengalami produk, terutama dalam hal website atau aplikasi. UX bertujuan untuk memaksimalkan kemudahan pengguna dan kepuasan penggunaan web atau app.

1. UI (User Interface: Antarmuka pengguna)

Setiap bagian dari mesin yang digunakan atau dilihat secara langsung oleh pengguna. Seperti tampilan, layar, keyboard, mouse, touchpad, dll.

2. User research (Penelitian pengguna)

Ialah pengamatan dan analisis secara sistematik yang dilakukan untuk memahami kebutuhan dan perilaku pengguna.

Loading...

3. Wireframe

Secara sederhana, wireframe adalah sketsa atau rancangan awal dari desain website atau web app. Wireframe dibuat secara manual menggunakan software pengedit gambar.

4. Sitemap (Peta Situs)

Ialah file yang berisi informasi tentang halaman, video, dan file lainnya di website atau blog.

5. Whitespace

Whitespace adalah ruang kosong di antara elemen yang berfungsi membuat desain tampilan tampak lebih lega dan membuat elemen lain tampak lebih menonjol

B. Front-end Development

Front-end disebut juga “client side“. Front-end dianggap sebagai “wajah” karena itulah yang dilihat langsung oleh pengguna. Front-end dari website atau aplikasi melibatkan desain tampilan yang dikodekan ke dalamnya.

6. JavaScript

Ialah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi paling populer dalam pengembangan web. JavaScript umumnya digunakan untuk membuat dan meningkatkan aspek interaktif dari website dan aplikasi.

7. HTML (Hypertext Markup Language)

HTML dianggap sebagai “wajah” dari internet. Semua website memiliki file HTML untuk tampil. Artinya, browser web membaca file HTML dari website lalu mengubah HTML tersebut jadi website yang kamu lihat.

8. CSS (Cascading Style Sheets)

Jika HTML adalah “wajah,” maka CSS adalah “riasan”. CSS adalah kumpulan kode-kode yang berfungsi menghias dan mengatur gaya tampilan website atau blog.

Bayangkan jika website tidak menggunakan HTML dan CSS, maka yang kamu lihat saat buka website adalah halaman yang penuh dengan kode.

C. Back-end Development

Back end disebut juga “server side”. Jika front end dianggap sebagai “wajah”, maka dan back end adalah “otak”. Back end fokus pada pengembangan di belakang layar supaya website atau aplikasi berjalan baik.

9. Database (Basis Data)

Ialah kumpulan data dari website atau aplikasi yang disimpan secara sistematik dalam suatu perangkat.

10. Framework

Istilah lengkapnya adalah web application framework (kerangka kerja aplikasi web).

Framework memangkas waktu dalam membangun website atau aplikasi, dengan cara menyediakan template dan pustaka yang telah diberi kode sebelumnya, sehingga kamu memiliki dasar untuk pengembangan.

11. Web server

Web server berfungsi menyimpan konten dan mengirimkannya ke pengguna. Web server bisa berupa hardware komputer yang dapat diakses web, atau software yang mendeteksi dan merespons permintaan server.

12. API (Application Programming Interface)

API adalah seperangkat perintah, fungsi, dan aturan yang bisa digunakan oleh programmer saat membangun software.

Baca jugaSitus Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik yang Akan Bantu Anda Belajar Coding

13. DevOps

Metode pengembangan software yang dirancang untuk membantu tim berkomunikasi dan bekerja sama dengan lebih baik, supaya tim bisa meningkatkan efisiensi kerja dan mengembangkan aplikasi lebih cepat.

D. Tools & Hardware Alur Kerja

Perangkat alat yang digunakan untuk membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

14. IDE (Integrated Development Environment: Lingkungan Pengembangan Terpadu)

IDE adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas untuk membantu orang membuat software lebih efisien. IDE mirip Text editor, tapi memiliki lebih banyak fitur.

15. Task manager

Task manager berfungsi merampingkan proses kerja kamu. Task manager adalah aplikasi yang membuat kamu bisa mengotomatiskan tugas yang berulang tapi dibutuhkan.

16. Version control

Version control adalah sistem yang merekam tiap perubahan pada file dari waktu ke waktu. Version control menghemat masalah karena kamu tidak harus sering klik undo saat melakukan banyak kesalahan.

17. Text editor (Penyunting teks)

Text editor adalah software yang digunakan dalam coding dan programming untuk menulis teks biasa yang tidak diformat. Contoh: Notepad++, Sublime Text, TextEdit, TextWrangler.

18. Router

Router adalah perangkat yang menghubungkan modem dengan komputer. Saat data informasi tiba di modem melalui broadband, router menguraikan dan mengirimkan data tersebut ke komputer.

19. VM (Virtual Machine)

VM pada dasarnya adalah software yang berperilaku seperti hardware. VM tidak memiliki bentuk fisik tapi bisa menjalankan program seperti mesin fisik.

Ada dua jenis VM, yaitu system virtual machine yang dirancang untuk menjalankan seluruh sistem operasi, dan process virtual machines yang dirancang untuk menjalankan satu program saja.

20. VPN (Virtual Private Network)

VPN berfungsi menyediakan lapisan keamanan tambahan ke jaringan (network). VPN bisa digunakan untuk jaringan publik atau jaringan swasta, tapi umumnya digunakan di perusahaan yang ingin melindungi data mereka.

Baca3 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Sebenarnya masih ada ratusan istilah penting dan populer di  bidang teknologi yang perlu kamu tahu, tapi sekarang 20 istilah dulu. Supaya kamu gak bingung dan gak dianggap gaptek.

Kalau kamu sudah tahu istilah-istilah teknologi ini, berarti kamu memang layak dianggap generasi millennial.



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *