Tekno

Jenis – jenis Komputer Terbaik Berdasarkan Kelasnya yang Ada Saat ini

Saat ini komputer menjadi perangkat yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat modern. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, jenis komputer semakin beragam dan dibedakan berdasarkan kriteria tertentu. Komputer terbaik sudah banyak membantu pekerjaan manusia.

Pengertian secara umum, komputer merupakan alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah dirumuskan. Sistem yang ada di dalam komputer dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan.

Sejarah komputer dan perkembangannya semakin canggih dari tahun ke tahun. Kini hampir semua bidang pekerjaan tak luput dari teknologi komputer.

Bagian komputer

Komputer sendiri terdiri dari 3 bagian utama, diantaranya adalah :

  1. Perangkat Keras (Hardware) : Processor, RAM, Harddisk, Motherboard, dan CPU.
  2. Perangkat Lunak (Software) : Sistem operasi dan berbagai aplikasi yang di pasang (instal) ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.
  3. Pengguna Komputer (Brainware) : Pengguna atau operator komputer.

Fungsi Komputer

Sesuai perkembangannya, kini telah bermunculan berbagai jenis komputer sesuai dengan fungsi dan penggunaanya.

1. Data Input

Komputermemiliki kemampuan untuk menerima informasi atau data yang berasal dari berbagai sumber. Data ini bisa di input ( dimasukkan) melalui aktivitas di keyboard, mouse atau dari komputer lain atau peralatan lain melalui tansfer data.

2. Data Processing

Komputer dapat melakukan pengolahan data berupa informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Data Output

Komputer akan menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data yang dapat ditampilkan melalui perangkat monitor, alat printer, dan speaker.

4. Data Storage

Semua data yang di tulis bisa disimpan oleh komputer dan bisa digunakan kembali dengan mudah. Data yang diproses akan tersimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

5. Data Movement

Komputer memiliki fungsi untuk memindahkan data ke komputer lain dan berbagai perangkat melalui output yang tersedia. Dalam perkembangannya, perpindahan data (transfer data) bisa dilakukan oleh bluetooth, wireless atau media internet.

Jenis – jenis Komputer Terbaik yang digunakan Sampai Saat ini

Komputer dapat dibedakan berdasarkan bentuk ukuran serta fungsinya. Berikut ini adalah jenis-jenis komputer terbaik dan terpopuler yang sampai saat ini banyak digunakan dan beredar di pasaran.

1. Mainframe Computer

jenis komputer mainframe

Mainframe Computer merupakan jenis komputer yang menggunakan processor berukuran besar yang terdiri dari beberapa komputer yang ditujukan untuk multi user.

Mainframe computer mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam waktu singkat. Pada umumnya komputer ini banyak digunakan pengguna yang terkoneksi langsung dengan menggunakan terminal.

Mainframe computer digunakan untuk memproses sebuah data dan aplikasi dalam jumlah besar.  Jenis komputer ini umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi sampai militer.

2. Super Computer

super komputer

Super computer hampir sama dengan Mainframe computer, hanya saja jenis komputer ini hanya digunakan untuk penghitungan intensif, contohnya seperti riset iklim yaitu pemanasan global dan pemodelan molekul, analisikrip dan simulasi fisik.

Super komputer juga terdiridari beberapa komputer yang dibekali dengan prosesor besar berkecepatan tinggi dan ruang untuk menyimpan data yang jauh lebih besar.

3. Komputer Server

komputer server

Komputer server merupakan komputer yang menyediakan layanan bagi komputer client. Komputer server ini menyediakan berbagai sumber daya seperti hak akses internet, memori yang lebih besar dan juga harddisk berkapasitas tinggi,

Beberapa jenis server yang populer saat ini adalah server web, Server email, Server FTP (file transfer protokol).

4. Komputer Hybrid

hybrid computer

Jenis komputer hybrid ini adalah gabungan dari komputer analog dan digital  yang dapat digunakan untuk menerima dan mengolah data baik itu kuantitatif ataupun kualitatif.

Komputer hybrid umumnya digunakan di rumah sakit dan berfungsi sebagai komputer untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang membantu dokter untuk menghasilkan sebuah analisa.

5. Workstation Computer

workstation computer

Workstation computer merupakan komputer yang terhubung ke LAN (Local Area Network) dan menjalankan multi-user operating systems (sistem operasi multi-pengguna).

Umumnya komputer workstation lebih dioptimalkan untuk melakukan berbagai tugas visualisasi dan manipulasi seperti desain mekanik 3D, simulasi teknik, animasi dan rendering gambar, video editing, rendering video dan sebagainya.

Workstation computer juga digunakan untuk kantor – kantor atau perusahaan yang menggunakan jaringan dalam menghubungkan komputer satu dengan yang komputer lain untuk melakukan olah data dan informasi.

6. Personal Computer (PC)

dekstop komputer

Personal computer merupakan komputer yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan berbagai macam tugas.

Jenis komputer ini juga banyak digunakan di oleh kalangan penggemar PC karena bisa dirakit sesuai spesifikasi yang di inginkan. Bahkan Gaming PC Build (komputer game rakitan) menjadi trend penggemar game PC di dunia, termasuk Indonesia.

Seiring perkembangan, PC juga bertransformasi menjadi All in one PC. Jadi perangkat CPU nya di desain menjadi satu dalam layar monitor.

Harga PC juga bervariasi, ada yang murah dan mahal, tergantung pada spesifikasinya.

6. Laptop Komputer

laptop komputer

Laptop komputer tidak usah di jelaskan lagi, jenis komputer portable ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, baik untuk pekerjaan kantor, tugas sekolah, multimedia ataupun bermain game.

Laptop juga di produksi dalam beberapa jenis, diantaranya adalah netbook yang merupakan versi mini dan spesifikasi yang lebih rendah dari laptop tersebut.

Selain yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa jenis komputer berdasarkan ukuran dan fungsinya, seperti Desknote, PC tablet, Palmtop danlain sebagainya.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close