virus berbahaya

Waspadai Serangan 6 Jenis Virus Berbahaya Bagi Komputer Ini!

Virus berbahaya – Laptop ataupun komputer merupakan hal memiliki manfaat yang lumayan penting bagi kehidupan manusia, terutama bagi orang-orang yang pekerjaannya memang membutuhkan teknologi ini. Semakin berkembangna zaman pun semakin beragam pula jenis-jenis komputer dan laptop yang dilengkapi dengan program windowsnya.

Seiring berkembangnya jenis-jenis komputer tersebut membuat virus berbahaya semakin banyak pula sehingga dapat dengan mudah menyerang komputer ataupun laptop. Virus merupakan file pengganggu yang dapat mengganggu sistem operasi pada kompuuter. Kehadiran virus ini menjadikan kinerja komputer menjadi lambat, hilangnya file-file yang tersimpan di komputer, dan bahkan sampai mengalami hang.

Berikut ini beberapa virus berbahaya yang perlu diwaspadai oleh pengguna laptop maupun komputer agar perangkat tetap aman.

Virus Berbahaya “Nimda”

Nimda adalah jenis virus berbahaya yang pertama kali muncul pada 18 September 2001. Hanya membutuhkan waktu 22 menit untuk menyebarkan virus ini ke dunia. Virus Nimda ini menyerang OS windows 95, windows 98, windows Me, windows NT, windows 2000, dan windows XP yang menyebabkan kecepatan internet turun. Kecepatan kinerja dari komputer juga akan turun karena virus ini menyerang processor.

virus berbahaya nimda

Virus Nimda ini bisa menyebar melewati media internet seperti email, web, file sharing atau memanfaatkan server web microsoft IIS (Internet Information Services). Web page yang terinfeksi oleh virus Nimda ini akan secara otomatis mendownload file java script sehingga virus ini dapat masuk ke dalam komputer.

Selain melalui download java script, virus berbahaya ini juga dapat masuk melalui koneksi internal kompuer seperti network sharing. Virus ini juga dapat masuk melewati email. Ketika Nimda mengirimkan email kosong dengan judul yang menarik pembaca, maka ketika email dibaca akan dengan otomatis mendownload readme.exe

Untuk menghindari masuknya virus Nimda ini adalah dengan tidak menghubungkan komputer ke komputer yang lain yang telah terinfeksi oleh virus Nimda. Selain itu disarankan juga untuk menggunakan anti virus yang sudah di update atau symantec virus removal tool untuk menghilangkan virus tersebut.

Loading...

Ketika web page sudah terlanjur terinfeksi, maka untuk memperbaiikinya adalah dengan mendownload patch microsoft internet explorer 5.01 dan 5.5.

Virus Berbahaya “Storm Worm”

Storm Worm adalah salah satu jenis virus Trojan yang dapat menyerang komputer yang menggunakan sistem operasi windows. Storm pertama kali muncul pada Januari 2007, pada saat itu Storm Worm menyerang Eropa dan Amerika. Cara penyebaran virus ini adalah dengan melalui surat elektronik atau email dengan subjek email 230 dead as storm batters Europe.

maldal-1
Virus berbahaya Storm Worm via https://nakedsecurity.sophos.com

Pada bulan Juli 2007, virus storm dikirim melalui lebih dari 42 juta pesan dalam satu hari. Pengguna akan diarahkan untuk mengunjungi link happycards2008.com dan newyearcards2008.com.

Setelah pengguna mengunjugi link tersebut maka akan diminta untuk mengunduh file bernama happy2008.exe happynewyear.exe yang merupakan virus storm worm.

Storm Worm merupakan salah satu worm yang paling canggih beberapa tahun terakhir. Komputer yang telah terinfeksi oleh virus ini akan tergabung dengan botnet tanpa adanya pusat kontrol.

Bergabungnya komputer yang telah terinfeksi dengan menghubungkan beberapa komputer terinfeksi yang selanjutnya komputer-komputer tersebut akan bertindak sebagai tuan rumah. Pada September 2007 ukuran botnet diperkirakan hingga mencapai 10 juta komputer.

Pada akhir tahun 2008, seorang peneliti asal Jerman mengembangkan ide untuk menghancurkan botnet worm storm. Peneliti tersebut memberikan solusi dengan mengirimkan versi baru dari setiap node storm yang akan memerintahkan untuk mengunduh guna memutuskan hubungan komputer dalam botnet.

Virus Berbahaya “Conficker”

Conficker adalah virus yang muncul pada Oktober 2008. Virus Conficker ini disebut juga dengan downup, downandup dan kido yang menyerang windows. Pada tanggal 15 oktober 2008 microsoft merilis patch untuk menghentikan virus yang banyak ditemui dalam Windows XP ini.

Untuk mengetahui apakah ada virus conficker di komputer pengguna adalah dengan membuka link http://www.microsoft.com/en/us/default.aspx. Apabila muncul laman, maka komputer tidak terinfeksi. Tetapi apabila tidak muncul laman berarti komputer pengguna telah terinfeksi oleh virus conficker.

Untuk mengatasi virus ini adalah dengan mula-mula mematikan koneksi internet. Kemudian matikan sistem restore pada windows XP maupun windows Vista, cara untuk mematikan sistem tersebut yaitu dengan menekan tombol Start, All Program, Accecories, System Tools, System Restore dan kemudian pilih off pada menu setting. Setelah itu matikan proses virus yang aktif pada services.

Virus Berbahaya “Melissa”

Virus melissa pertama kali ditemukan pada 26 Maret 1999 oleh seorang pria bernama David L. Smith. Melissa pertama kali didistribusikan melewati kelompok diskusi Usenet alt.sex. Virus ini berada di dalam sebuah file yang bernama List.DOC yang berisi password untuk mengakses 80 situs [email protected]

Kerugian yang disebabkan oleh adanya virus berbahaya yang dapat menginfeksi 20 persen komputer dunia dalam waktu singkat ini diperkirakan mencapai 1 milar hingga 1,5 milyar dollar AS.

virus_melisa
Contoh pesan dari virus berbahaya Melissa via http://www.linkincube.com

Virus melissa ini juga disebut dengan mailissa, simpsons, kwyjibo atau kwejeebo. Virus ini dapat memblokir sistem email yang terinfeksi dengan virus tersebut dengan. Ketika pengguna komputer membuka email tajuk Here Is that document you asked for, don’t show it to anybody else, lampiran yang terinfeksi dengan virus akan secara otomatis dikirim ke 50 nama pertama dalam kontak pengguna.

Virus Berbahaya “Code Red”

Code red dirilis pada Jum’at, 13 Juli 2001. Virus berbahaya ini mampu memanfaatkan kerentanan dari buffer overflow yang dapat menguras memori dalam server microsoft IIS (Internet Information Services) untuk mereplikasi diri dengan memanfaatkan kerentanan yang sama di server IIS microsoft lainnya. Buffer overflow terjadi apabila komputer sudah tidak dapat menangani banyaknya informasi yang diterimanya sehingga secara tiba-tiba komputer bisa mati sendiri.

Virus berbahaya code red ini telah berhasil menginfeksi lebih dari 350 ribu komputer di dunia. Karena itulah diperkirakan membuat kerugian besar yang mencapai 2 milyar hingga 2,27 milyar dollar AS. Sampai tanggal 19 Juli 2001, virus berbahaya ini dapat membuat lebih dari 400 ribu server menjadi down tiba-tiba. Tidak seperti melissa virus, virus ini dapat secara langsung merusak server.

Code red mampu menyebabkan overload dan penolakan akses situs di dunia. Selain itu virus ini sulit dihapus karena mampu menginfeksi kembali sistem yang sebelumnya telah dibersihkan.

Virus Berbahaya “ILOVEYOU”

lovebug
Contoh pesan dari virus berbahaya ILOVEYOU via https://assets.jalantikus.com

Virus berbahaya ILOVEYOU ini muncul dari Philipina oleh seorang pria bernama Onel de Guzman pada tahun 2000. Virus dengan bentuk worm ini dapat menyebar lewat email dan dapat mereplikasi dirinya sendiri.

Selain itu, virus ini dianggap sebagai salah satu virus yang paling merusak dan mampu menginfeksi virus pada 50 juta komputer lebih hanya dalam waktu sembilan hari. Kerugian akibat menyebarnya virus ini diperkirakan sekitar 5,5 milyar hingga 8,7 milyar dollar AS.

Virus ILOVEYOU yang merupakan bagian dari virus LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs., ini dapat mengakses kontak dari daftar Outlook. Apabila pengguna mendapatkan pesan email dengan judul “ILOVEYOU” ataupun berjudulkan surat cinta dan kemudian membukanya, maka virus ini akan mereplikasi dirinya dan mengirimkan pesan lagi ke kontak yang ada pada daftar Outlook pengguna.

Oleh karena itu virus ini juga dikenal dengan sebutan Love Letter Virus. Pengguna yang tidak mengetahui apa maksud dari pesan ini akan menyebabkan sebagian besar file pengguna akan diserang.

Referensi lainnya : DRUMI, Mesin Cuci Revolusioner Yang Mungil Tanpa Tenaga Listrik

Demikian ulasan dari penulis tentang virus-virus berbahaya yang perlu diwaspadai untuk pengguna komputer. Semoga pembaca dapat berhati-hati lagi untuk membuka email yang masuk dengan nama atau kontak yang tidak pengguna ketahui. Bisa saja hal tersebut merupakan virus berbahaya yang mengincar komputer atau laptop pengguna.


Loading...

Bagikan

Penulis

ArifaNida
ArifaNida
"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer-
Email: [email protected]
IG: @arifa_nida
ArifaNida

Penulis

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *