Internet

Kalahkan RI, Singapura Jadi Penghasil Unicorn Terbanyak di ASEAN

Indonesia adalah salah satu negara yang mampu melahirkan banyak startup atau perusahaan rintisan. Berdasarkan laporan Startup Ranking di tahun 2019, Indonesia berhasil menduduki posisi kelima dunia dengan jumlah startup yang mencapai 2.154.

Bukan hanya penghasil startup saja. RI juga termasuk negara yang berhasil melahirkan banyak unicorn di dunia. Jika ditotal, RI memiliki 5 unicorn. Jumlah 5 unicorn itu termasuk Gojek. Namun apabila nama Gojek dikeluarkan, maka jumlah unicorn RI hanya 4 saja.

Baca juga: Ini Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak di Tahun 2019

Singapura Jadi Penghasil Unicorn Terbanyak di ASEAN

Selama beberapa tahun, Indonesia berhasil menyandang status sebagai negara penghasil unicorn terbanyak di ASEAN. Namun, status tersebut kini diambil alih oleh negara tetangga, yaitu Singapura. Negara berlambangkan Singa tersebut, kini sudah memiliki 5 unicorn.

Bukankah Indonesia juga lima?

Seperti yang sudah disebutkan di awal. Indonesia dihitung memiliki 5 unicorn apabila nama Gojek juga dimasukkan. Namun, level Gojek saat ini sudah bukan unicorn lagi karena level Gojek sudah berada di decacorn atau satu tingkat di atas unicorn.

Dengan demikian, maka RI bukan lagi negara penghasil unicorn terbanyak di ASEAN (Asia Tenggara) karena jumlah unicorn RI hanya ada 4 saja. Unicorn RI saat ini adalah Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan juga OVO.

Adapun untuk Singapura, daftar unicorn yang mereka miliki adalah PropertyGuru, Zilingo, Lazada, Bigo, Qoo10. Jika RI ingin merebut status negara Asia Tenggara dengan unicorn terbanyak, maka setidaknya di tahun 2020 ini, RI harus mampu melahirkan dua unicorn baru.

Berdasarkan hasil riset Cento Ventures, saat ini Asia Tenggara sudah memiliki 10 unicorn. Kesepuluh unicorn sendiri berasal dari tiga negara, yaitu Singapura, Indonesia, dan juga Vietnam. Satu unicorn yang berasal dari Vietnam adalah VNG.

PropertyGuru Singapura
Zilingo Singapura
Lazada Singapura
Bigo Singapura
Qoo10 Singapura
Traveloka Indonesia
Tokopedia Indonesia
Bukalapak Indonesia
OVO Indonesia
VNG Vietnam

Baca juga: Daftar Negara Paling Ramah Startup di Tahun 2019

Unicorn adalah istilah untuk startup yang memiliki nilai valuasi di atas USD1 miliar. Terkait unicorn ini, jumlahnya masih bisa berubah, baik itu dari jumlah unicorn RI atau unicorn yang ada di Asia Tenggara. Pemerintah sendiri pada tahun 2020 ini menargetkan memiliki 2 unicorn baru. Jadi, patut ditunggu apakah unicorn baru akan benar-benar lahir di RI sesuai target pemerintah.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close