Traveling
Trending

Keindahan Alam Ibu Kota Negara Baru Berdimensi Forest City

Ibu Kota Negara baru untuk Indonesia telah diumumkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo beberapa bulan lalu. Keindahan Alam Ibu Kota Ibu kota baru ini akan menggantikan Jakarta yang sudah terlalu padat menampung seluruh aktivitas pemerintahan dan perekonomian negara.

Sesuai dengan pidato dari Presiden, pemindahan ibu kota negara akan berlokasi di luar Pulau Jawa, yaitu di Provinsi Kalimantan Timur. Lebih tepatnya di wilayah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dilihat dari alamnya, tentu saja keindahan alam ibu kota negara baru menjadi menarik untuk diperbincangkan.

Baca juga5 Negara Ini Pindah Ibu Kota, Bagaimana Nasibnya Kini?

Keindahan Alam Ibu Kota Negara Berdimensi Forest City

Kalimantan dengan hearth of borneo-nya cukup membuat banyak pihak yang mengkhawatirkan kondisi alamnya jika ibu kota negara dipindahkan kesana.

Hal ini tentu saja wajar mengingat kebanyakan pembangunan yang dilakukan akan memberikan dampak berupa pembukaan lahan baru.

Tentu saja hutan di Kalimantan menjadi salah satu yang terancam dengan dipindahkannya ibu kota baru ini. Akan tetapi, pemerintah Republik Indonesia sudah mempertimbangkan segala aspeknya.

Termasuk memberikan jaminan bahwa hutan di Kalimantan tidak akan berkurang dengan adanya ibu kota baru disana nantinya.

Pernyataan tentang konsep ibu kota negara tersebut juga didukung dengan perencanaan ibu kota baru nantinya yang menerapkan konsep forest city dan smart metropolis.

Artinya secara sederhana kota yang akan dibangun di dalamnya akan banyak ditempatkan hutan kota sekaligus kota tersebut akan berdampingan dengan hutan alam yang sudah ada di Kalimantan.

Dengan demikian, ibu kota baru nantinya akan memiliki banyak keindahan alam yang akan tetap dipertahan bahkan dikembangkan sebagai green space.

Berikut 6 keindahan alam di lokasi calon ibu kota baru Indonesia.

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto

Keindahan Alam Ibu Kota
Tahura Bukit Soeharto via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto atau biasa disebut dengan Tahura Bukit Soeharto merupakan salah satu kawasan hutan yang cukup terkenal di Kalimantan.

Kawasan ini merupakan kawasan hutan yang dilindungi dengan berisikan dominan oleh vegetasi sekunder. Tahura bukit Soeharto ini cukup terkenal karena di dalamnya dilalui oleh jalur darat penghubung antara Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Bagi yang sudah pernah merasakan perjalanan darat antar kedua kota tersebut pasti mengetahui bagaimana rasanya berkendara di dalam kawasan hutan, dimana jalan panjang dengan hutan di sisi kanan dan kiri jalan akan menemani selama perjalanan lebih dari 2 jam.

Teluk Balikpapan

Keindahan Alam Ibu Kota
Teluk Balikpapan via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Teluk Balikpapan sebenarnya berada di sebelah selatan dari lokasi calon ibu kota negara. Namun karena tempat ini cukup berdekatan dengan lokasi sehingga menjadi salah satu wujud keindahan alam ibu kota negara baru.

Teluk Balikpapan memisahkan antara Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Di Teluk Balikpapan cukup intensif aktivitas pelayaran antar Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hampir setiap harinya banyak kapal yang ber lalulalang di Teluk Balikpapan ini, baik itu speedboat, kapal nelayan, kapal feri, maupun kapal tongkang yang mengangkut kayu dan batubara.

Salah satu keistimewaan dari Teluk Balikpapan yaitu kondisi alamnya yang masih sangat alami dengan dominasi hutan mangrove yang cukup lebat.

Kondisi ini tidak mengherankan jika banyak juga dijumpai berbagai satwa di dalamnya, diantaranya bekantan, dugong, ikan pesut, bahkan buaya muara.

Oleh karena itu, Teluk Balikpapan menjadi salah satu tempat yang penting untuk dijaga apabila nantinya ibu kota negara dipindahkan ke Kalimantan.

Camp Meratus

Keindahan Alam Ibu Kota
Camp Meratus via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Meratus merupakan kawasan hutan alam yang berada di dalam wilayah konsesi. Lokasi ini memang cukup sulit untuk dijangkau karena lokasinya yang cukup jauh dan diperlukannya izin untuk dapat memasuki kawasan ini.

Kondisi hutan di Camp Meratus ini masih sangat alami dengan banyaknya dijumpai vegetasi asli berupa vegetasi dipterokarpa dan beberapa tanaman agatis.

Tidak hanya itu saja, di dalam kawasan hutan alam ini tentu saja sumber airnya masih sangat bagus, sehingga dapat menjadi salah satu sumber air bagi lokasi calon ibu kota negara nantinya.

Hamparan hutan dengan pohon besar dan lebat dapat dilihat dan dijumpai di kawasan ini. Kondisi ini membuat Camp Meratus menjadi salah satu lokasi yang perlu untuk dilindungi keberadaannya agar hutan di Kalimantan tetap terjaga.

Air Terjun Tembinus

Keindahan Alam Ibu Kota
Air Terjun Tembinus via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Air Terjun Tembinus merupakan salah satu keunikan yang berada di dalam wilayah lokasi ibu kota negara baru. Air Terjun Tembinus tentu saja dapat menjadi salah satu keindahan alam ibu kota negara baru.

Lokasinya yang berada di atas ketinggian dan langka membuat lokasi ini mulai dikembangkan sebagai tujuan wisata yang sudah dikenal oleh banyak orang.

Saat ini mungkin memang masih cukup sulit akses untuk menuju ke lokasi ini. Namun saat nantinya ibu kota negara dipindahkan, bukan tidak mungkin tempat ini akan menjadi favorit untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata.

Bukit Batu Dinding

Keindahan Alam Ibu Kota
Bukit Batu Dinding via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bukit Batu Dinding juga merupakan salah satu lokasi yang unik di Kalimantan. Lokasinya berada di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Akses menuju lokasi ini terbilang masih sangat sulit dengan harus ditempuh sekitar 30 menit jalan kaki dari titik pemberhentian kendaraan.

Selama perjalanan ke tempat ini banyak dijumpai tanaman warga setempat yang banyak menggunakan lahan untuk bercocok tanam.

Salah satu keindahan alam di Bukit Batu Dinding yaitu masih banyaknya vegetasi alami berupa vegetasi dipterokarpa. Penamaan Bukit Batu Dinding ini karena lokasi ini merupakan suatu bukit yang berupa batu terjal membentuk dinding.

Batu tersebut bukanlah batu keras pada umumnya, melainkan batu pasir yang mudah lapuk. Oleh karenanya lokasi ini banyak disebut sebagai Bukit Batu DInding yang menggambarkan kondisi fisik dari lokasi tersebut.

Bukit Batu Dinding menjadi salah satu keindahan alam calon ibu kota negara mengingat karakteristik alaminya yang cukup unit.

Apabla dilihat dari citra satelit, Bukit Batu Dinding ini terlihat terhubung dengan lipatan yang memanjang dari Bukit Soeharto hingga ke selatan mendekati Kota Balikpapan.

Bukit Sudharmono

Keindahan Alam Ibu Kota
Bukit Sudharmono via Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Bukit Sudharmono merupakan lokasi yang berada di dalam kawasan ibu kota negara. Bahkan lokasi digadang-gadang sebagai calon lokasi pusat pemerintahan nantinya.

Terlepas dari itu semua, Bukit Sudharmono sebenarnya merupakan perbukitan yang berada di dalam wilayah konsesi sebagai hutan tanaman industri. Artinya kawasan ini memang sudah digunakan untuk penanaman tanaman industry dan bukan berupa hutan alam.

Keindahan alam calon ibu kota negara di Bukit Sudharmono ini dapat dilihat dari hamparan luas perbukitannya. Kondisi udara di lokasi ini pun sedikit berbeda dengan lokasi lain di sekitarnya.

Di Bukit Sudharmono ini cenderung lebih sejuk mengingat lokasinya yang berada di tempat ketinggian. Salah satu keindahan yang dimiliki tempat ini ialah saat menjelang matahari terbit atau tenggelam.

Pemandangan dari hamparan perbukitan menjadikan lokasi ini sebagai destinasi favorit jika nantinya ibu kota negara dipindahkan ke tempat ini.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close