Tekno

Keren, Gojek Masuk Daftar Perusahaan Pengubah Dunia Versi Fortune

Gojek Mewakili Asia Tenggara

Pada tahun 2018 kemarin, Pitchbook (perusahaan finansial global) telah merilis 30 nama perusahaan rintisan atau startup paling berharga di dunia berdasarkan dukungan modal ventura paling banyak. Gojek selaku perusahaan rintisan berhasil mewakili nama Indonesia.

Pada saat itu, nilai valuasi Gojek mencapai lebih dari 5 miliar dolar AS. Gojek pun bertengger di posisi 27 dari 30 perusahaan. Gojek unggul dari Coupang (Korea Selatan), Machine Zone (Amerika Serikat), dan Ubtech (China).

Baca: Startup Paling Berharga di Dunia, Gojek Termasuk?

Kali ini, kabar baru juga datang dari Gojek di mana mereka berhasil masuk ke 20 daftar perusahaan pengubah dunia versi Fortune. Gojek berhasil menduduki posisi ke-11, dan posisi yang mereka dapatkan itu dikarenakan inovasi yang sudah dilakukan melalui GoPay.

Dilansir dari Teknologi.id, GoPay dinilai telah mentransformasi percepatan inklusi finansial dan ekonomi digital di Indonesia. Pencapaian ini menjadikan Gojek sebagai satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang menembus Fortune’s “Change the World” sebanyak dua kali.

Penilaian Fortune

Ada empat kriteria yang dinilai oleh Fortune dalam memilih perusahaan pengubah dunia, yaitu:

  • Dampak sosial yang terukur.
  • Hasil bisnis.
  • Tingkat inovasi.
  • Integrasi perusahaan.

Gojek sendiri dinilai layak menjadi salah satu perusahaan pengubah dunia karena peran GoPay sebagai platform pembayaran digital telah berhasil mendorong perekonomian digital di Indonesia. Kehadiran GoPay dianggap memudahkan dan memperluas akses finansial bagi jutaan masyarakat Indonesia dengan 64 persen populasinya yang tidak memiliki rekening bank.

Nadiem Makarim selaku CEO dan pendiri Gojek mengatakan:

Kami bangga dapat kembali menerima penghargaan atas perwujudan visi misi Gojek untuk memecahkan permasalahan sehari-hari dan memberdayakan banyak orang dengan menggunakan teknologi.

Daftar Perusahaan Pengubah Dunia

1. Qualcomm 11. Gojek
2. Mastercard 12. Viasat
3. BYD 13. Walgreens
4. TE Connectivity 14. EY
5. Walmart 15. BD
6. Santander Brasil 16. Apple
7. Centene 17. EssilorLuxottica
8. Bank of America 18. Chr. Hansen
9. Schneider Electric 19. Anheuser Busch InBev
10. TerraCycle 20. Skanska

Baca juga: Musim Startup, Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia?

Masih ada 32 perusahaan lagi yang belum disebutkan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui semua daftar perusahaan pengubah dunia, maka silakan Anda klik tautan Change the World. Itulah pembahasan yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga ke depannya makin banyak perusahaan Indonesia yang mampu mengubah dunia, dan semoga pengusaha di Indonesia juga semakin bertambah banyak sehingga mampu membawa dampak positif bagi negara Indonesia tercinta.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close