Internet

7 Kompetisi Esports Terbesar di Dunia yang Diadakan Tahun 2019

Berbagai Kompetisi esports Mempertandingkan Game-game yang Populer Saat ini

Saat ini, perkembangan dunia esports sangatlah pesat. Ini bisa dilihat dari banyaknya kompetisi esports dari kelas nasional, regional, hingga internasional. Di tahun 2019 ini pun akan ada beberapa kompetisi esports terbesar di dunia yang diselenggarakan.

Layaknya kompetisi olahraga pada umumnya, kompetisi esports ini juga diikuti banyak gamer dari berbagai tim esports profesional terbaik di seluruh dunia.

Dengan menawarkan hadiah berlimpah, para pemain saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dan meraih gelar juara.

Baca juga : Pendapatannya Ratusan Miliar, Inilah 10 Tim eSports Terbaik di Dunia

Kompetisi Esports Terbesar di Dunia yang Diadakan Tahun 2019

Diadakan setiap tahun, berbagai kompetisi esports ini mempertandingkan game-game yang populer saat ini. Penasaran? Berikut 7 kompetisi esports terbesar di dunia yang diadakan pada tahun 2019 ini.

1. The International

Kompetisi Esports Terbesar di Dunia
Sumber: joindota.com

The International adalah kompetisi esports terbesar yang mempertandingkan game DOTA 2. Diselenggarakan oleh Valve Corporation sebagai pihak developer, ini merupakan kompetisi olahraga elektronik dengan hadiah terbesar di dunia.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya di tahun 2013, Valve bahkan telah menambah total hadian sebesar 25% dari penghasilan Battle Pass. Dan pada edisi terakhir The International 2018, kompetisi ini menawarkan total hadiah mencapai USD 25 juta atau sekitar Rp 350 miliar.

Selain hadiah memperebutkan hadiah yang besar, sang juara juga berhak mendapatkan trofi bergengsi The Aegis of Champions. Pada The International 2018 yang diadakan di Vancouver, Kanada, gelar juara berhasil dibawa pulang oleh tim OG setelah pada babak final mengalahkan tim PSG.LGD.

Di tahun 2019 ini, kompetisi The International akan diadakan di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, Tiongkok dan dilangsungkan pada tanggal 15 hingga 20 Agustus 2019.

2. CS:GO Major Tournaments

Sumber: esportconf.eu

Masih diselenggarkaan oleh Valve Corporation selaku pihak pengembang game, CS:GO Major Tournaments adalah kompetisi terbesar dan paling bergengsi yang mempertandingkan game Counter Stiker: Global Offensive.

Pada edisi sebelumnya yang diadakan pada 13 Februari hingga 3 Maret 2019, turnamen yang sering juga disingkat sebagai Majors ini dimenangkan oleh Astralia, sebuah tim esports asal Denmark.

Pada turnamen yang diadakan di kota Katowice, Polandia tersebut, Astralia membawa pulang hadiah utama sebesar USD 500 ribu atau sekitar Rp 7 miliar.

Terbaru, Majors akan diselenggarakan di kota Berlin, Jerman, pada tanggal 20 Agustus hingga 8 September 2019 dan memperebutkan total hadiah mencpai USD 1 juta atau sekitar Rp 14 juta.

Kompetisi ini nantinya akan diikuti oleh 24 tim esports terbaik yang berada di empat wilayah kualifikasi (Eropa, Amerika, Asia, dan CIS).

3. Overwatch World Cup

Sumber: barrons.com

Layaknya Piala Dunia olahraga sepakbola, Overwatch World Cup adalah turnamen esports yang akan diikuti oleh tim nasional Overwatch dari seluruh dunia.

Jika Overwatch League para pemain berkompetisi atas nama tim, pada ajang World Cup ini para pemain akan bertanding dengan membawa nama negara mereka masing-masing.

Sejak edisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 24 negara, sebelum itu 32 tim. Ke-24 tim kemudian dibagi ke dalam empat grup dengan masing-masing grup berisikan enam tim. Pada fase penyisihan grup, dua tim terbaik tiap grup nantinya berhak untuk melenjutkan ke babak utama.

Pada edisi tahun 2018, tim Korea Selatan mampu meraih gelar juara setelah mengalahkan tim Tiongkok pada laga final. Gelar tersebut merup akan gelar ketiga bagi tim Korea Selatan. Untuk tahun 2019 sendiri nantinya akan sedikit berbeda dari edisi sebelumnya.

Pada Overwatch World Cup 2019 yang akan diadakan pada tanggal 2-3 November nanti, hanya 10 tim yang akan bertanding. Sebelumnya tim-tim akan mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu.

4. Fortnite World Cup Finals

Sumber: telegraph.co.uk

Fortnite World Cup Finals juga merupakan salah satu kompetisi esports terbesar di dunia yang menawarkan total hadiah ratusan miliar rupiah.

Tak heran apabila banyak gamer solo maupun duo dari seluruh dunia yang kemudian tertarik untuk mengikuti kompetisi ini.

Babak kualifikasi Fortnite World Cup Finals sendiri telah diadakan pada 13 April lalu. Sebanyak 100 pemain solo dan 50 pemain duo kemudian diundang ke New York, AS, untuk mengikuti kompetisi utama Fortnite World Cup Finals pada 26-28 Juli 2019.

Pada edisi tersebut, gelar juara untuk duo dimenangkan oleh tim Cooler Esport (Nyhrox, Aqua). Sedangkan untuk kategori solo, juaranya adalah tim Sentinels (Bugha).

Para juara, baik pemain solo maupun duo, berhak membawa hadiah fantastis USD 30 juta atau mencapai Rp 420,7 miliar.

5. Evolution Championship Series

Evolution Championship Series
Sumber: capcomprotour.com

Evolution Championship Series atau yang biasa disebut dengan Evo adalah kompetisi esports tauhunan yang mempertandingkan game-game bergenre fighting.

Sudah digelar sejak lebih dari 20 tahun lalu, tepatnya di tahun 1996, Evo memang dianggap sebagai kompetisi terbesar pada genre game ini.

Pada edisi tahun 2019 ini, Evolution Championship Series akan dilangsungkan di Las vegas, AS, pada tanggal 2-4 Agustus nanti.

Beberapa game finghting yang nantinya bakal dipertandingkan di antaranya adalah Tekken 7, Street Fighter V, Super Smash Bros Ultimate, Mortal Kombat 11, dan lain-lain.

6. Call of Duty World League

Kompetisi Esports Terbesar di Dunia
Sumber: dexerto.com

Berbeda dengan beberapa kompetisi lain yang dimainkan dengan format turnamen atau round-robin, pada kompetisi ini Call of Duty menghadirkan kompetisi dalam format liga.

Tahun 2019 ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan Call of Duty World League yang bakal menghadir seri game Call of Duty Black Ops 4 sebagai game utama yang dipertandingkan.

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, Call of Duty World League musim ini akan dilangsungkan dengan format 5v5, termasuk pula Hardpoint, Search & Destroy dan Control.

Selain itu dengan mode battle royale juga dipastikan tidak termasuk mode yang dimainkan pada musim ini. Babak final kompetisi ini akan berlangsung pada bulan Agustus ini.

7. PUBG Global Championship

Kompetisi Esports Terbesar di Dunia
Sumber: moto.ajansdelta.com

Sebagai salah satu game battle royale mobile terbaik, PUBG juga menghadirkan kompetisi esports besar PUBG Global Championship pada tahun 2019 ini. Dan pada musim ini, PUBG Global Championship akan dilangsungkan dalam tiga fase.

Kompetisi ini sendiri akan terbagi ke dalam enam regional Pro (Amerika Utara, Eropa, Cina, Jepang, Korea, dan Taiwan) dan tiga regional kecil (Amerika Latin, Asia tenggara, dan Oseania).

Sebelumnya, para tim kontestan akan bertanding di regional masing-masing terlebih dahulu. Setelah itu, barulah tim-tim terbaik dari setiap regional akan bertanding pada babak utama yang berskala internasional. Untuk babak finalnya sendiri dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan November 2019 nanti.

Itulah 7 kompetisi esports terbesar di dunia yang bakal meramainkan tahun 2019 ini. Bagi kamu penggemar game-game yang dipertandinkan tersebut, jangan lupa untuk menyaksikan serunya pertandingan yang dilangsungkan!


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close