Tekno

Perbedaan Kualitas dan Kinerja RAM Berdasarkan Tipe DDR

Perbedaan Kualitas dan Kinerja RAM Berdasarkan Tipe DDR- RAM merupakan komponen yang cukup inti pada sebuah perangkat laptop, komputer dan juga smartphone. Bagaimana tidak, dengan kapasitas RAM yang besar pengalaman bermain game atau aktivitas lain seperti desain akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.

Bagi sebagian orang, terutama untuk anda yang merasa diri seorang gamers. Tentu saja RAM merupakan komponen yang sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Selain berguna untuk para gamers, mereka yang bekerja sebagai desainger juga sangat membutuhkan perangkat komputer atau laptop.

Dengan kualitas dan kinerja RAM yang baik untuk menjalankan dan memastikan software-software mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan /lag.

Kualitas dan Kinerja RAM
Random Access Memory via pixabay.com

Setelah melihat fungsi RAM yang sangat berguna dalam menunjang kelancaran bermain game, melakukan multitasking. Serta menjalankan software-software berat, maka sangat disarankan untuk membeli perangkat komputer atau laptop dengan RAM yang berkapasitas besar.

Akan tetapi dalam memilih sebuah RAM tidak berpatokan pada kapasitas yang besar saja. Melainkan kita harus melihat juga berdasarkan tipe DDR yang digunakan pada RAM tersebut. Tipe DDR tidak hanya membedakan kualitas dan kinerja ram saja. Melainkan sangat berguna apabila kedepannya anda hendak melakukan upgrade kapasitas RAM. Untuk membuat komputer dan laptop anda semakin lancar dalam membuka software dan melakukan multitasking.

Apa saja fungsi RAM bagi perangkat komputer dan laptop

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ripe DDR pada RAM, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fungsi-fungsi RAM pada sebuah perangkat komputer maupun laptop.

1# Sebagai memory tempat penyimpanan sementara

Seperti namanya, Random Access Memory atau disingkat RAM berfungsi sebagai  memory atau tempat penyimpanan sementara (Penyimpanan acak). Sebuah RAM akan menyimpan informasi-informasi yang terdapat pada program atau software yang dijalankan. Informasi tersebutlah yang akan diteruskan kepada CPU untuk kemudian “dieksekusi”.

Program dijalankan > RAM akan menerima informasi dari program-program tersebut > Informasi tersebut akan diteruskan ke CPU > CPU memproses informasi yang terdapat dalam RAM.

Loading...

Kira-kira seperti itulah alur pada saat kita membuka dan menjalankan sebuah program, aplikasi, dan software. Sehingga proses tersebut akan berjalan dengan lebih cepat lagi apabila komponen RAM memiliki kapasitas yang besar.

2# Meningkatkan performa pada saat multitasking

Saya yakin semua orang pastinya sudah mengetahui, apabila kapasitas RAM yang besar akan sangat berpengaruh. Terutama terhadap cepat lambatnya CPU dalam melakukan proses terhadap informasi yang telah didapatkan.

Sebuah komponen RAM dengan kapastitas yang besar akan membuat proses pengelolaan informasi dari RAM menuju ke CPU akan berjalan tanpa adanya gangguan. Sehingga komputer atau laptop dengan kapasitas RAM yang kecil akan cenderung lebih lambat. Ketimbang komputer dan laptop yang dilengkapi dengan kapasitas RAM yang besar.

3# Menunjang penggunaan desain dan juga bermain game

Jika anda merupakan seorang desainer, tentu saja anda memerlukan program-program serta software untuk menunjang pekerjaan anda. Dan sudah menjadi rahasia umum apabila program yang anda gunakan merupakan program dengan pengelolaan yang cukup berat, terlebih pada saat melakukan rendering.

Hal yang sama dirasakan oleh mereka yang menggunakan perangkat komputer atau laptopnya untuk bermain game-game yang berbasis 3D. Dalam kasus ini seorang desainer dan gamer tentu saja memerlukan sebuah perangkat yang ditunjang dengan RAM berkapasitas besar. Untuk membuat peroses semakin lancar dan menghindari terjadinya lag yang dapat mengganggu aktivitas gaming dan desain.

4# Mencegah terjadinya hang atau lemot pada saat menjalankan program

Sebagian orang pastinya pernah mengalami kondisi yang tidak mengenakkan. Dimana pada saat perangkat tidak mampu menjalankan aplikasi atau software yang berat. Dan berujung pada proses yang terasa semakin lambat atau bahkan terjadi hang.

Hal tersebut besar kemungkinan terjadi dikarenakan perangkat komputer, laptop maupun smartphone anda tidak dilengkapi dengan RAM yang berkapasitas besar. Karena dengan kapasitas RAM yang besar, tentu saja mampu menjalankan semua aplikasi dan software tanpa adanya kendala seperti hang dan lainnya.

5# Menentukan spesifikasi dari sebuah komputer atau laptop

Fungsi ram yang tidak kalah pentingnya, yaitu sebagai pembeda dan penentu spesifikasi dari perangkat komputer maupun laptop. Seperti yang kita ketahui bahwa komputer dan laptop dengan RAM dengan kapasitas besar, pastinya dibandrol dengan harga yang tidak murah. Sehingga harga tersebut merupakan Bukti bahwa penggunaan RAM sangat berpengaruh atas bagus tidaknya sebuah perangkat komputer dan juga laptop.

Apa kapasitas RAM bisa ditambah, bagaimana caranya ?

Jika anda merasa perangkat yang anda miliki tidak dilengkapi dengan komponen RAM dengan kapasitas yang besar, Anda tidak perlu berkecil hati. Karena komponen RAM dapat diupgrade dan diganti, asalkan memiliki tipe DDR yang sama. ( Kecuali RAM pada smartphone yang tidak bisa diganti dan ditambah).

Oleh karena itu, mengetahui tipe DDR bukan hanya berfungsi untuk membedakan kualitas dan kinerja RAM saja. Melainkan untuk memudahkan dan mengatasi resiko salah beli jika suatu saat nanti ingin menambahkan kapasitas RAM yang ada.

Berikut ini cara mengganti sebuah RAM pada perangkat komputer :

  • Langkah pertama anda bisa membongkar casing CPU anda, dan di situ anda akan menemukan sebuah papan sirkuit yang bernama Mother board.
  • Kualitas dan Kinerja RAM
  • Pada gambar di atas sudah jelas sekali bahwa anda Motherboard tersebut memiliki 4 buah slot RAM (Slot warna putih di samping kipas processor).
  • Sebelumnya anda perlu mengetahui tipe DDR yang digunakan pada motherboard tersebut. Setelah itu barulah anda membeli RAM yang sama dengan kapasitas yang lebih besar.
  • Langkah terakhir tinggal anda pasangkan saja pada slot yang berdapat pada Motherboard milik anda.

Sedangkan untuk perangkat laptop :

  • Untuk perangkat laptop, cara yang digunakan hampir sama dengan langkah awal adalah membuka casing laptop tersebut (terdapat pada bagian bawah laptop).
  • Setelah anda mengetahui tipe RAM yang digunakan, selanjutnya tugas anda adalah membeli sebuah RAM dengan kapasitas yang lebih besar . Lalu kemudian memasangkannya pada perangkat laptop milik anda.

Bagaimana cara mengetahui tipe DDR yang digunakan oleh RAM

Untuk anda yang hendak mengupgrade kapasitas RAM tetapi merasa bingung dengan tipe DDR yang dipergunakan. Ada cara mudah untuk mengetahui tipe DDR yang dipergunakan pada komputer atau laptop sobat. Yaitu dengan mengunduh software benama CPU-Z secara gratis di situs resminya lalu instal dan jalankan aplikasi tersebut.

cara mendeteksi jenis ddr yang dipergunakan oleh RAM
Image : dokumen pribadi

Gambar tersebut merupakan tampilan dari software CPU-Z yang memperlihatkan kapasitas dan tipe DDR dari RAM yang saya gunakan.

Caranya yaitu menggeser tab pada software tersebut menuju ke tab memory. Di situ akan terlihat tipe DDR dari RAM yang digunakan pada komputer maupun laptop anda.

Sudah upgrade RAM tetapi tidak terbaca seluruhnya, kok bisa begitu mas ?

Jika anda mengalami problem seperti itu, biasanya permasalahan terdapat pada vesi windows yang anda pergunakan. Menurut kabarnya sih, windows 32bit hanya mampu membaca RAM dengan kapasitas maksimal 4GB saja.

Jadi jika anda terlanjur membeli dan memasang RAM lebih dari itu dan tidak terbaca, mungkin melakukan intall ulang windows ke 64bit dapat memecahkan masalah tersebut.

Perbedaan Kualitas dan Kinerja RAM Berdasarkan Tipe DDR

perbedaan ram ddr1 ddr2 dan ddr3
Perbedaan fisik DDR via google.com

Selain melihat RAM berdasarkan besaran kapasitasnya, kualitas dan kinerja RAM juga dapat dibedakan dari tipe DDR (Double Date Rate) yang digunakan pada RAM tersebut. Karena RAM yang besar dengan DDR yang kecil bisa saja performanya kalah bila dibandingkan dengan RAM berkapasitas kecil. Namun dengan tipe DDR yang terbaru.

Selain itu, membeli perangkat laptop dan komputer dengan tipe RAM yang terbaru juga dapat membatu dalam mudahnya mencari RAM pengganti. Apabila ram tersebut rusak atauh sekedar upgrade kapasitas.

RAM DDR

RAM DDR atau sering juga dikatakan RAM DDR 1 ini merupakan generasi awal dari RAM yang menggunakan teknologi DDR ( Dounle Data Rate). RAM ini miliki frekuensi transfer data antara 200MHz sampai dengan 400MHz.

RAM DDR memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah DDR200 yang memiliki memory clock sebesar 100Mhz. DDR 266 yang memiliki memory clock sebesar 133MHz, DDR333 dengan memory clovk sebesar 166MHz. Dan juga DDR400 yang memiliki memry clock 200Mhz.

Untuk pasaran saat ini, sepertinya sudah jarang sekali produk baru yang menggunakan teknologi RAM DDR1. Bahkan bisa dibilang tidak ada lagi yang menggunakan jenis RAM tersebut. Hal ini juga berakibat langkanya RAM pengganti. Yang membuat anda sulit mencari penggantinya apabila ingin RAM bawaan sudah rusak, atau untuk mengupgrade RAM.

Walaupun tipe DDR ini sudah tidak dipergunakan lagi untuk produk baru, tetapi anda perlu mewaspadai pada saat membeli laptop maupun komputer second agar mendapatkan barang yang benar-benar bagus.

RAM DDR2

DDR2 RAM memiliki nama atau seri DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. serta memerlukan voltase 1,8 V.

Sama seperti tipe DDR 1 sepertinya sudah jarang sekali produk ini bertebaran dipasaran, akan tetapi tidak selangka RAM dengna tipe DDR1. Hal ini sangat menyulitkan untuk anda yang hendak melakukan upgrade, atau memang sangat memerlukan RAM baru karena kerusakan pada RAM yang lama.

Selain itu, meski RAM dengan tipe DDR2 sudah cukup baik daripada tipe sebelumnya tapi tetap saja kualitasnya sangat jauh apabila dibandingkan dengan RAM DDR3 yang menggantikan tipe RAM ini.

RAM DDR3

DDR3, Perbedaan DDR3 dengan DDR2 terletak pada frekuensi transfernya yang lebih tinggi yang mencapai 2133 MHz, sedang DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz. Dilihat dari segi memory clocknya tidak jauh berbeda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V.

Terlihat sekali perbedaan kualitas dan kinerja RAM DDR3 dengan tipe DDR yang lainnya. tipe RAM DDR3 merupakan tipe yang paling baru dan masih dipergunakan untuk produk komputer dan laptop yang diproduksi hingga saat ini.

Bahkan menurut kabar yang saya dengar dan berdasarkan pengalaman sendiri pada saat bermain game. Kualitas dan kinerja RAM DDR3 dengan kapasitas 2GB sudah mampu menjalankan game lebih baik daripada RAM DDR2 dengan memory 4GB yang saya punya. Hal tersebut tuntu didapatkan dari clock speed yang lebih baik dan arsitektur terbaru yang dipergunakan oleh RAM dengan jenis ini.

Perbedaan secara fisik dari tipe DDR pada RAM

Perbedaan secara fisik yang dapat dilihat dari tipe DDR 1, DDR2 dan DDR3 yaitu ada pada jenis chip yang dipergunakan pada memory tersebut. Pada RAM dengan tipe DDR1, chip memory yang dipergunakan pada board adalah jenis TSOP atau singkatan dari Thin Small Outline Package. Untuk bentuk dari jenis TSOP sendiri adalah empat persegi panjang dengan kaki-kaki di sisi kiri dan kanannya.

Jika pada RAM DDR 1 menggunakan chip TSPO, pada RAM dengan tipe DDR2 menggunakan chip yang bernama BGA atau Ball Grid Away. Bentuk dari RAM dengan chip ini seperti jenis TSPo hanya saja kaki-kaki pada RAM dengan chip BGA tidak terlihat oleh mata. Karena terletak di bawah chip dan langsung tertancap ke papan modul memory.

Selain itu, kita juga dapat membedakannya dari jumlah pin yang dipergunakan, memory DDR 1 menggunakan 184 pin atau 92 buah pin pada setiap sisinya. Sedangkan untuk memory DDR2 dan DDR3 memiliki pin yang lebih kecil dan lebih banyak jumlahnya, yaitu 240 buah dengan 120 pin pada setiap sisinya.

Keunggulan RAM DDR3

RAM dengan tipe DDR3 merupakan tipe yang paling baru dan masih dipergunakan hingga saat ini. Berbeda tipe DDR menandakan bahwa terjadi perkembangan akan memory RAM yang diproduksi. Sehingga sangat wajar apabila RAM DDR3 memiliki keunggulan serta kualitas dan kinerja RAM yang lebih baik dibandingkan jenis yang lain.  Keuntungan utama dari RAM dengan tipe DDR3 adalah kemampuannya untuk melakukan transfer data yang lebih baik dari tipe sebelumnya.

Penting juga untuk diketahui bahwa perbedaan tipe DDR akan membuat RAM tidak kompitabel satu sama lain. Sehingga RAM dengan tipe DDR1 tidak akan bisa dipasangkan pada motherboard DDR2 atau ram dengan DDR2 tidak akan bisa dipasangkan pada motherboard dengan slot RAM DDR3 serta sebaliknya.

Hal ini juga membuat anda perlu berhati-hatri pada saat memutuskan untuk upgrade ram. Mengetahui tipe DDR sangat baik untuk mengurangi resiko salah beli, terlebih untuk anda yang masih awam.

Perbedaan dari segi harga

Perbedaan lain yang tidak kalah mencolok dan penting yaitu perbedaan dari segi harga. Harga memang menjadi patokan dari barang yang akan dibeli. Dan sayang sekali untuk merasakan perangkat laptop dengan RAM DDR3 dengan kapasitas yang besar sepertinya masih harus mengeluarkan kocek yang cukup besar.

Hal yang sangat berbeda terjadi pada RAM dengan tipe DDR lawas, harga jual dari tipe lama tersebut seakan anjlok. Perbandingan saja dengan harga RAM 2GB DDR2 harganya dibandrol antara 100 hingga 150ribu saja. Sedangkan untuk RAM 2GB DDR3 hargannya bisa 300-350ribu (Harga tergantung juga dari merek yang mengeluarkan).

Tetapi keadaan RAM lawas yang semakin langka justru kadangkala dipergunakan oleh oknum pedangang untuk menaikkan harganya hinga berkali lipat lebih mahal dari harga normal. Sehingga anda juga perlu mencari refrensi tentang harga sebelum memutuskan untuk membeli ram (Jangan sampai kena tipu guys).

Baca Juga : Yuk, Ketahui Macam-macam Processor Pada Smartphone

Sekianlah artikel saya yang membahas mengenai Perbedaan Kualitas dan Kinerja RAM Berdasarkan Tipe DDR. Hal ini sangat penting untuk anda yang memerlukan perangkat dengan RAM yang mampu menjalankan berbagai macam software dan game.

Untuk saat ini mungkin RAM dengan kapasitas 4GB dengan tipe DDR3 menjadi pilihan terbaik untuk anda yang menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan desain dan gaming. Dan untuk anda yang hendak melakukan upgrade jangan sampai lupa juga untuk membeli ram yang memiliki tipe sama dengan soket yang tersedia pada motherboard. Karena perbedaan tipe juga menyebabkan tidak kompitabelnya jenis dan tipe RAM satu dengan yang lainnya.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Vilandus

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *