Internet

Lama di Android, Google Podcast Akhirnya Hadir di iOS

Podcast saat ini telah menjadi tren di mana ada banyak kreator yang membuatnya di berbagai macam platform. Google sendiri selaku perusahaan teknologi tak mau kalah saing, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut juga sudah menyediakan platform podcast-nya sendiri.

Platform podcast yang dimiliki oleh perusahaan pimpinan Sundar Pichai tersebut bernama Google Podcast. Saat ini, Google Podcast bisa diakses oleh para pengguna Android. Google Podcast sendiri sudah diluncurkan sejak tahun 2018 silam.

Baca juga: Tertarik Menjadi Podcaster? Mari Mengenal Podcast Terlebih Dahulu

Google Podcast Hadir di iOS

Mengingat tren Podcast yang terus mengalami peningkatan, pihak Google pun akhirnya membawa layanan mereka ke platform iOS. Dilansir dari GSM Arena, (30/3/2020), aplikasi Google tersebut akan hadir dengan tiga halaman UI.

Ketiga halaman yang dimaksud adalah tab home, tab search, dan tab activity. Untuk tab Home, halaman ini akan menampilkan semua podcast berlangganan dari para pengguna. Untuk posisi paling atas akan menampilkan podcast terbaru, sedangkan untuk posisi bawah akan menampilkan podcast yang diposting di waktu sebelumnya.

Untuk tab search, tab ini akan membantu para pengguna untuk melakukan pencarian, dan juga melihat semua podcast yang diurutkan ke dalam berbagai kategori. Di tab ini, para pengguna juga akan mendapatkan saran direkomendasikan berdasarkan kebiasaan mereka.

Terakhir adalah tab activity. Di tab ini, para pengguna bisa melihat beberapa aktivitas mereka yang mencakup antrian, unduhan, riwayat jelajah, hingga mengelola langganan. Untuk platform iOS ini, Google Podcast memiliki ukuran file sebesar 48MB. Ini adalah ukuran yang cukup besar dibandingkan Android yang hanya 1,9MB saja.

Baca juga: Podcaster Harus Tahu, Ini Daftar Aplikasi Penyedia Layanan Podcast

Untuk masalah podcast, pihak Apple juga sudah menyediakannya untuk publik, yaitu iTunes. Bahkan iTunes merupakan pelopor dari digital audio. iTunes sendiri memang lebih populer dibandingkan dengan Google Podcast.

Bahkan layanan milik Google tersebut juga masih kalah populer dari Spotify dan Souncloud. Tentu pihak Google harus lebih serius dalam mengembangkan layanan podcast mereka ini agar mampu bersaing dengan platform lain.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close