Internet

Main Gim di Stadia Bisa Menggunakan Google Assistant

Google telah merambah dunia gim dengan meluncurkan Stadia. Platform streaming video gim yang mereka luncurkan itu pun sudah memiliki koleksi gim yang cukup banyak yang bisa dimainkan oleh para penggunanya.

Beberapa hari yang lalu, pihak perusahaan juga sudah menambahkan perangkat baru yang bisa digunakan untuk mengakses Stadia. Perangkat yang dimaksud adalah One Plus 8 dan One Plus 8 Pro. Dengan adanya penambahan tersebut, maka jumlah perangkat smartphone yang bisa mengakses Stadia berjumlah 28.

Baca juga: OnePlus Termasuk, Ini Daftar Ponsel yang Bisa Akses Stadia

Akses Stadia Bisa Menggunakan Google Assistant

Seperti yang dilansir dari 9to5Google, Stadia akan bisa diakses melalui Google Assistant. Pihak perusahaan memilih untuk menyematkan Google Assistant di platform Stadia demi memberikan kemudahan para penggunanya ketika bemain gim.

Penggunaan Google Assistant ini bisa dilakukan oleh para pengguna di Android dan juga Chrome OS. Ketika menggunakannya, para pengguna hanya perlu mengucapkan nama gim yang sedang dicari, setelah itu Assistant akan melakukan pekerjaannya dengan mencari nama gim yang sudah disebutkan.

Dengan mengintegrasikan Google Assistant ke Stadia, maka platform streaming video gim milik Google itu menjadi satu-satunya platform cloud gim yang mendukung asisten suara di dalam layanannya, karena platform lain seperti Microsoft xCloud belum memiliki asisten suara.

Baca juga: Google Stadia VS Microsoft xCloud, Microsoft Tawarkan Lebih Banyak Game

Google Juga Punya Program Stadia Maker

Guna membuat cloud gimnya semakin mumpuni, pihak Google juga sudah membuat program Stadia Maker. Program Stadia Maker adalah sebuah program yang memungkinkan para pengembang independen untuk menempatkan gim buatan mereka di Stadia.

Dalam menjalankan program ini, pihak Google menggandeng Unity. Dan di programnya tersebut, pihak perusahaan menyampaikan tiga keuntungan yang akan didapatkan oleh para pengembang gim apabila mereka mau berpartisipasi, yaitu mendapatkan dukungan teknis, perangkat keras gratis, dan pendanaan.

Gim-gim yang dibuat oleh para pengembang sendiri nantinya akan diluncurkan pada tahun 2020 dan 2021. Dengan kehadiran program Stadia Maker ini, maka gim-gim yang ada di Stadia akan semakin banyak. Perlu Anda ketahui, sampai saat ini jumlah koleksi gim yang bisa dimainkan di Stadia baru berjumlah 35 koleksi gim saja.

Baca juga: Ingin Kembangkan Stadia, Google Luncurkan Program Stadia Makers

Dengan kehadiran program Stadia Maker, tentu koleksi gim yang bisa dimainkan di Stadia akan bertambah, dan diluncurkannya program Stadia Maker ini sendiri memang bertujuan untuk menambah koleksi gim di Google Stadia.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close