Internet

Makin Canggih, Google Maps Kini Bisa Bantu Tunanetra

Gunakan Petunjuk Suara

Kamis (10/10/2019) kemarin, Google kembali memberikan informasi penting kepada para penggunanya terkait pembaruan aplikasi yang mereka miliki. Pembaruan aplikasi yang dimaksud adalah pembaruan pada aplikasi Google Maps.

Kini, aplikasi peta online terlaris di dunia itu sudah memungkinkan para pengguna, khususnya para pengguna tunanetra untuk menggunakan Google Maps. Dengan demikian, jangkauan pasar yang dirambah Google Maps pun semakin bertambah, dan orang-orang yang terbantu akan kehadiran Google Maps pun juga semakin bertambah.

Cara Kerja Google Maps untuk Tunanetra

Dilansir dari situs resminya, Maps untuk tunanetra ini akan membantu para penggunanya melalui suara. Jadi, para pengguna akan dituntun ke tempat tujuan mereka bermodalkan suara yang keluar dari aplikasi Google Maps.

Ide Maps untuk tunanetra sendiri berasal dari Wakana Sugiyama selaku analis bisnis di Google yang sehari-hari memang akrab dengan tongkat untuk berjalan mengingat dirinya yang seorang tunanetra. Dengan ide yang ia gagas itu, Sugiyama berharap ada banyak pengguna yang terbantu.

Sudah Diluncurkan di Android dan iOS

Google sudah resmi menghadirkan fitur khusus untuk para tunanetra ini di aplikasi Google Maps. Namun, peluncuran fitur tersebut dilakukan secara bertahap mengingat mereka juga harus menyediakannya ke dalam berbagai macam bahasa.

Sampai saat ini, negara-negara yang sudah bisa merasakan fitur tersebut baru Amerika Serikat, Inggris, dan juga Jepang. Jadi, untuk para pengguna yang berada di negara lain harus sedikit bersabar karena fitur tersebut tidak akan bisa langsung hadir dengan cepat.

Meski fitur yang membantu para tunanetra itu belum tersedia di semua negara, pihak Google sendiri sudah memberikan tutorial untuk mengaktifkannya, Jadi, untuk mengaktifkan fitur tunanetra tersebut, para pengguna bisa membuka pengaturan aplikasi Google Maps.

Setelah itu, silakan pilih navigasi. Di bagian bawah daftar, para pengguna bisa mengaktifkannya dengan mengetuk “panduan suara terperinci” yang terletak tepat di bawah judul “opsi jalan.”

Baca juga: Diperbarui Lagi, Google Tambahkan Incognito Mode di Google Maps

Fitur yang disematkan Google di aplikasi Maps ini adalah salah satu fitur keren yang patut diapresiasi. Mayoritas pengguna pun juga setuju jika fitur yang dapat membantu para pengguna tunanetra ini adalah fitur yang keren, karena keberadaannya pasti akan sangat membantu para pengguna.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close