Optimasi Blog

Manfaatkan Layanan Gratis Google Untuk Memaksimalkan SEO Blog

Mengoptimalkankan SEO untuk blog bisa kita lakukan dengan memanfaatkan layanan dari google, optimasi blog penting sekali dalam persaingan mendapatkan peringkat di mesin pencarian terutama google. Layanan dari google  bisa kita manfaatkan secara gratis, jika kita mau mempelajarinya, layanan google ini sudah lebih dari cukup dari pada kita membeli dan menggunakan Tool SEO berbayar yang banyak di tawarkan di luar sana.

Sebuah blog tentunya tidak lepas dari campur tangan google, sebab mesin pencari raksasa ini menempatkan ribuan hingga jutaan artikel, Dengan memaksimalkan kinerja sebuah blog dapat di harapkan membantu sebuah artikel sampai ke para pembaca yang sedang mencari jenis artikel yang di inginkannya, Maka dari itu peran SEO (Search engine optimation ) sangatlah penting, dan untuk itu pihak google sudah menyediakan semuanya gratis, berupa layanan yang dapat membantu memaksimalkan SEO atau kinerja sebuah blog. Dan layanan gratis google tersebut di antaranya sudah saya rangkum di bawah ini.

Manfaatkan Layanan Gratis Google

Google webmaster tools
Peran google webmaster tools bisa di anggap paling vital untuk sebuah blog, Layanan ini membantu sebuah artikel dalam blog terindex dengan cepat di mesin pencari, terutama google search. Fitur yang menu tampilannya adalah
 1. Dasbor Situs.
2. Pesan Situs.
3. Tampilan Penelusuran.
4. Lalu Lintas Penelusuran.
5. Google Indeks.
6. Perayapan.
7. Masalah Keamanan
8. Sumber Daya Lainnya

Fungsi yang paling penting dar google webmaster tools di antaranya adalah
Submit sitemap blog/ Mengirim peta situs atau blog
Dengan mengirimkan peta situs ke google webmaster tools, akan mempermudah robot google untuk meng-crawl template , membaca skema kode html serta index blog.

Baca : Submit sitemap untuk custom domain di google webmaster tools

Menu lain adalah Structured Data yang menganalisa kesalahan template blog, dan fungsi pengindex artikel dengan cepat (Fetch as google).

Google Adwords Keyword Planner
Semula bernama Google Keyword Tool sering di gunakan untuk layanan periklanan Google, namun sekarang banyak di gunakan untuk optimasi kata kunci untuk hasil pencarian yang lebih maksimal. Dalam dashboard Google Adwords terdapat menu keyword planner yang berfungsi untuk mengetahui persaingan kata kunci atau kata kunci yang paling banyak di cari, dengan memanfaatkan tool ini, di harapkan sebuah blog dapat menemukan kata kunci yang tepat dalam artikel/posting.

Baca : Cara menggunakan google keyword planner.

Google Analytics
Membantu menganalisa atau mengetahui jumlah pengunjung blog (visitor),fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap di bandingkan dengan penghitung jumlah pengnujung lain seperti histats, menu yang terdapat di google analytic di antaranya adalah
Akun, Setelan, dan Diagnostik  
Navigasi laporan  
Tajuk laporan  
Tambah segmen  
Tab laporan  
Tampilan grafik  
Tampilan tabel data 

Baca : Memahami seluk beluk Google Analytics

Google PageSpeed Insights
Layanan ini tersedia di dalam google developers yaitu layanan google yang membantu menganalisa kecepatan loading blog, di dalam pagespeed insights juga bisa di peroleh keterangan kesalahan yang harus di perbaiki dalam template untuk performa dekstop dan mobile, agar hasil kecepatan loading blog bisa lebih maksimal lagi.

Google Mobile-Friendly Test
Dengan layanan ini akan mengetahui bahwa sebuah  template blog di haruskan sudah suport dengan tampilan ponsel (mobile), hal ini mengacu kepada algortima mobilegeddon yang mengharuskan sebuah web/blog sudah mobile friendly. karena pengguna internet yang menggunakan ponsel atau gadget sudah semakin banyak, jika tidak ingin kehilangan sebagian pengunjung dari ponsel, segera beralih ke template yang sudah mobile friendly.

Google Trends
Layanan ini memberikan laporan apa yang lagi ngetrend dan yang sedang banyak di bicarakan, lantas apakah fungsi dan manfaat dari google trends itu sendiri? untuk pebisnis dan pelaku internet marketing bisa memanfaatkan produk apa yang banyak di cari dan banyak peminatnya, dan untuk para blogger bisa memanfaatkan kata kunci yang lagi hangat dan banyak di ekspos, tujuannya adalah ikut meningkatkan trafik pengunjung blog.

Google Plus
Layanan ini termasuk dalam kategori media sosial, sharing , serta group yang bisa di buat untuk personal, Google plus sendiri di lengkapi fitur yang tidak kalah menarik dengan facebook, dengan jumlah pengguna aktif yang terus meningkat dari tahun ke tahun, menjadikan google plus sarana yang bagus untuk mempromosikan sebuah blog, baik melalui komunitas, group dan personal publik.

Dari semua layanan google tersebut kita hanya memerlukan 1 buah email saja untuk mengaksesnya, dan tidak perlu di repotkan dengan Sign in dan Sign Out yang terkadang membuat ribet penggunanya. Dengan memanfaatkan layanan gratis dari google ini, di harapkan bisa memaksimalkan kinerja SEO sebuah blog untuk bersaing di mesin pencarian.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

3 Comments

  1. Sepakat mas, mengoptimalkan fasilitas yang ada untuk memaksimalkan kinerja sebuah blog menjadi tuntutan para blogger menuju profesional. Terimakasih atas pencerahannya. Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close