Internet

9 Masjid Terindah di Indonesia, Yuk Coba Kunjungi Sambil Beribadah di Sana!

Masjid Terindah di Indonesia – Masjid memang fungsi utamanya adalah untuk menjadi tempat beribadah umat Islam. Namun dibalik itu masjid juga bisa dijadikan tempat wisata religi dan menjadi ciri khas dari suatu tempat. Masjid di Indonesia memang ada banyak dan tidak terhitung jumlahnya, ada yang kecil dan besar.

Dari banyaknya masjid yang ada, beberapa diantaranya punya arsitektur yang sangat indah. Sehingga siapa pun yang melihat dan mengunjunginya akan takjub. Bahkan shalatnya menjadi lebih  khusyuk dan semangat.

Apabila Anda sedang mengunjungi daerah dimana masjid-masjid itu berada maka coba kunjungi. Lihat bagaimana kemegahannya dan jangan lupa beribadah juga di sana. Artikel ini akan membahas beberapa masjid terindah di Indonesia untuk wisata religi Anda.

Masjid Terindah di Indonesia dan Megah

Masjid terindah di Indonesia ada banyak sekali tapi tidak semuanya dapat dituliskan di sini.

Beberapa di antara masjid yang disebutkan di sini mungkin pernah Anda kunjungi karena ada di kota tempat tinggal Anda. Langsung saja berikut ini beberapa masjid terindah tersebut.

1. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban
Via inibaru.id

Masjid indah pertama adalah Masjid Agung yang ada di Tuban, Jawa Timur. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1894 yang lalu, sampai sekarang masih berdiri kokoh dan terlihat indah.

Dulu namanya adalah Masjid Jami. Konsep bangunannya penuh dengan ornamen yang berwarna biru dan hijau mirip seperti dalam dongeng Negeri 1001 Malam.

Dari kejauhan saja sudah sangat terlihat sangat indah. Masjid ini akan terlihat lebih indah jika dilihat pada malam hari

Loading...

Setelah beribadah dan melihat kemegahan masjid ini, Anda bisa mampir ke Museum Kembang Putih yang jaraknya dekat. Di sana ada banyak benda bersejarah, contohnya ada Al Quran kuno.

2. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep
Via jejakpiknik.com

Masjid terindah kedua ini berada di daerah Madura yang biasanya disebut dengan Masjid Jamik Sumenep.

Perlu Anda ketahui juga, selain indah masjid ini punya sejarah yang panjang karena dibangun pada tahun 1779 Masehi. Artinya menjadi masjid tertua di Indonesia.

Keunikan dari masjid satu ini adalah dibangun dengan memadukan budaya Eropa, Tiongkok, Jawa, dan Madura. Kemudian pada bagian baratnya mempunyai menara dengan tinggi 50 meter.

Bangunan bagian depannya menggunakan warna putih dan kuning sehingga dari jauh sudah terlihat indah.

Baca juga5 Festival Budaya Indonesia yang Mendunia, Anda Harus Lihat Langsung!

3. Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad
Via wowasiknya.com

Ini adalah masjid terindah di Indonesia yang ada di Bandung. Selain indah bangunannya juga dibuat sangat unik, dari luar tidak tampak seperti sebuah masjid. Oleh karena hanya berbentuk kubus berwarna abu-abu tanpa kubah dan ornamen masjid pada umumnya.

Masjid yang dibangun oleh Ridwan Kamil ini memang baru ada pada tahun 2010. Bangunan masjid ini tersusun atas batu bata berwarna abu-abu yang memiliki banyak celah.

Jika melihat ke dalamnya maka Anda dapat melihat lampu sebanyak 99 buah berbentuk kotak yang ada tulisan nama Allah.

Oleh karena bentuk yang unik dan indah tersebut, masjid ini mendapatkan penghargaan sebagai FuturArc Green Leadership.

4. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang
Via satujam.com

Masjid selanjutnya berada di Semarang, Jawa Tengah. Masjid indah dan unik ini punya gaya campuran bangunan Yunani dan Jawa.

Masjid seluas 10 hektar ini punya 25 buah pilar bergaya Yunani pada bagian plaza utamanya. Sedangkan banguna masjid utamanya bergaya Jawa.

Selain itu, masjid ini punya satu keunikan lagi, yaitu punya enam buah payung hidrolik berukuran besar yang dapat secara otomatis menutup dan membuka. Akan berguna ketika ada jamaah sedang beribadah di luar masjid agar tidak terkena panas secara langsung.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman
Via twitter.com

Pasti banyak orang yang mengenal masjid indah di Aceh ini. Apalagi setelah Tsunami Aceh pada 2004. Oleh karena masjid ini satu-satunya bangunan di sekitarnya yang masih berdiri kokoh.

Sekarang masjid indah ini sudah mengalami perbaikan sehingga semakin bagus lagi. Masjid indah ini punya gaya India (Moghul).

Masjid Raya Baiturrahman ini sudah ada sejak tahun 1612 pada masa Kesultanan Aceh. Namun dibangun ulang pada tahun 1879 – 1881  karena pada tahun 1873 pernah dibakar oleh Belanda. Kemudian beberapa kali mengalami perluasan beberapa kali.

6. Masjid Islamic Centre

Masjid Islamic Centre
Via tentik.com

Beralih ke masjid indah lainnya yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur ini. Selain indah, masjid ini juga dinobatkan sebagai masjid kedua terbesar se-Asia Tenggara sesudah Masjid Istiqlal Jakarta.

Masjid dengan kubah warna emas dan warna bangunan dominan cokelat luas bangunannya 43.500 m2. Mempunyai 7 buah menara, dimana menara utamanya punya tinggi 99 meter.

Keunikan dari bangunan ini adalah bagian dinding luar dari menaranya ada lafaz Asmaul Husna.

Inspirasi pembuatan menaranya adalah dari Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Sementara kubahnya dari Masjid Haghia Sophia yang berada di Istanbul.

7. Masjid Dian Al-Mahri

Masjid Dian Al-Mahri
Via anggreinisovi.blogspot.com

Masjid ini juga salah satu yang paling terkenal di Indonesia, biasa disebut sebagai Masjid Kubah Emas. Masjid ini berada di Depok dan selalu masuk dalam daftar masjid terindah di Indonesia.

Masjid ini punya gaya arsitektur mirip dengan berbagai mesjid yang ada di Timur Tengah.

Kubah dari emas yang melapisinya terdiri atas sebuah kubah utama beserta empat buah kubah yang kecil. Selain kubahnya yang berlapis emas, relief yang di dalam masjidnya pun ada yang dilapisi oleh emas.

Di dalam masjid ini terdapat lampu kristal seberat 8 ton yang berasal dari Italia dan didatangkan langsung dari negara tersebut. Selain itu ada juga relief emas di dalamnya yang semakin menambah keindahan masjid.

Masjid yang sudah ada sejak tahun 2006 yang lalu ini punya bangunan yang sangat besar. Dibangun di tanah dengan luas 50 hektar. Masjid ini bisa digunakan untuk menampung sampai dengan 20.000 jemaah.

8. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar
Via surabaya.tribunnews.com

Salah satu masjid terindah di Indonesia ini ada di Surabaya dan telah berdiri pada tahun 1995 yang lalu. Selain menjadi masjid terindah, Masjid Al-Akbar Surabaya ini juga adalah masjid ketiga paling besar di Indonesia.

Beda dengan warna masjid kebanyakan, masjid yang diresmikan oleh Gusdur ini punya warna kubah biru dan hijau. Kemudian memiliki desain arsitektur modern dan unik.

Masjid satu ini punya dua lantai dan menggunakan lift. Kemudian menaranya setinggi 99 meter. Jika berada di menara ini Anda bisa melihat pemandangan tiga kota tetangga seperti Sidoarjo, Bangkalan, dan Surabaya.

9. Masjid An-Nur

Masjid An-Nur
Via simas.kemenag.go.id

Masjid satu ini berada di Pekanbaru. Oleh karena keindahannya sampai dijuluki sebagai Taj Mahal Riau. Salah satu alasan kenapa membuat Masjid An-Nur indah adalah gaya arsitekturnya mengadopsi gaya empat budaya. Yaitu, India, Arab, Turki, dan Melayu.

Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1968 dan berdiri pada lahan dengan luas 4 ha. Namun bangunannya semakin besar karena telah diperluas dan direnovasi di tahun 2000.

Berada di kompleks yang penuh dengan fasilitas pendidikan dari playgroup hingga SMA. Lalu ada juga perpustakaan, kantor, dan aula.

Itulah dia beberapa masjid terindah di Indonesia yang bisa coba Anda kunjungi. Selain untuk mengagumi arsitekturnya pastinya harus menjadi tempat dimana Anda bisa mendekatkan diri kepada Allah.

Tentunya semua orang akan senang jika beribadah di masjid-masjid ini bukan?



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *