Review ProdukTekno

Mediatek Resmi Pamerkan Helio G90 Series Dengan Fitur HyperEngine

Mediatek Helio G90 Series dan HyperEngine

Mediatek Helio G90 Series Gaming Smartphone memang sangat populer, namun keberadaan mereka masih sering dikritik dikarenakan masih menggunakan SoC yang sama dengan Smartphone non gaming.

Akan tetapi SoC khusus gaming smartphone seperti SD 855 Plus telah muncul dan siap digunakan dalam waktu dekat dan sekarang, perusahaan saingan Qualcomm yaitu Mediatek telah resmi pamerkan SoC gaming milik mereka yaitu Helio G90 dan G90T.

BacaMediaTek Series, Chipset Pesaing Snapdragon dengan Banyak Keunggulan

Mediatek Helio G90 Series

Source: Mediatek

Berdasarkan informasi resmi dari Mediatek, Helio G90 series dibuat dengan menggunakan teknologi TSMC’s 12nm FinFET process yang juga digunakan oleh Helio P90 sebelumnya.

Bisa dibilang SoC tersebut adalah versi upgrade dari Helio P90,  Helio G Series menggunakan 8 Cpu Core hasil kombinasi antara 2x Arm Cortex-A76 dan 6x Cortex-A55 yang dikolaborasikan dengan Mali-G76 GPU.

Helio G90 dan G90T memiliki kecepatan/clock speed hingga 2.05GHz dan mendukung kapasitas memory hingga 10GB yang menggunakan LPDDR4X RAM.

Namun bukan spesifikasi yang menjadi daya tarik SoC terbaru milik Mediatek ini, akan tetapi adalah fitur Mediatek HyperEngine milik nya.

Mediatek HyperEngine

Helio G90
Source: Mediatek

HyperEngine adalah teknologi milik Mediatek yang menjadi salah satu keunggulan Helio G90 Series. Fitur ini hanya memiliki satu tujuan yaitu untuk meningkatkan performa dan pengalaman gameplay agar menjadi lebih baik.

Source: Mediatek

HyperEngine memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  • Intelligent Network Prediction Engine – Fitur ini memungkinakan sistem secara otomatis untuk mendeteksi aktifitas jaringan dan akan dengan sendirinya memilih yang terbaik (Data/WiFi)
  • Dual Wi-Fi Connections – Memungkinkan smartphone terhubung dengan dua router sekaligus untuk meningkatkan stabilitas sinyal dan mengurangi latency. Tidak hanya itu, HyperEngine juga dapat menggabungkan koneksi WiFi dan LTE sekaligus untuk mencapai tujuan yang sama
  • Call & Data Concurrency – Memungkinkan untuk menunda panggilan dan tetap berada di dalam permainan
  • Rapid Response Engine – Touchscreen input menjadi lebih akurat dan responsif
  • Brilliant Picture Quality – Meningkatkan kualitas grafis untuk memberikan warna yang lebih jelas dengan kualitas HDR
  • Intelligent Performance Control – Memungkinkan sistem agar secara otomatis mengalokasikan resource untuk meningkatkan performa game yang dimainkan
Source: Weibo

Direktur perusahaan Redmi Lu Weibing sendiri telah mengkonfirmasi bahwa kedepanya Redmi akan menggunakan SoC tersebut untuk gaming smartphone mereka.

Penutup

Mediatek selalu memberikan opsi alternatif dengan harga yang lebih murah dan sepertinya mereka telah kembali berusaha untuk memberikan alternatif tersebut dengan Helio G90 Series.

Tentunya Mediatek Helio G90 dan G90T tidak akan mampu bersaing dengan gaming smartphone yang menggunakan SoC Snapdragon 855 Plus.

Akan tetapi untuk kedepanya, kita mungkin akan melihat gaming smartphone dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap mampu memberikan kepuasan bagi para penggunanya.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: [email protected]

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close