Dunia InternetInternet

Memanfaatkan Trending Topic untuk Membuat Konten yang Menarik

Memanfaatkan Trending Topic – Artikel kali ini akan membahas seputar trending topic. Ya, trending topic adalah suatu keadaan yang bisa dimanfaatkan oleh seseorang untuk pembuatan artikel, video, meme atau yang lainnya.

Trending topic sendiri seringkali membuat nama seseorang menjadi tenar, karena sejatinya trending topic itu memang bisa terjadi secara natural (tidak disengaja) atau dibuat-buat (disengaja).

Sekarang, mari kita melihat beberapa momen trending topic yang pernah terjadi dan bagaimana kita memanfaatkannya agar bisa membuat konten yang menarik.

Trending Topic = Viral?

3 hari yang lalu, CNN Indonesia mengupload sebuah video yang berjudul “Viral Gadis Penjual Jamu” dan video tersebut sudah ditonton sebanyak 5 ribu lebih oleh para netizen. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah trending topic itu sama dengan viral?

Dikutip dari berbagai sumber, trending topic adalah sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Sedangkan viral adalah kata sifat yang menggambarkan suatu kejadian yang begitu cepat populer di kalangan pengguna internet.

Belum ada pembahasan yang lebih mendalam mengenai trending topic dan viral, sehingga kita bisa menyimpulkan jika arti dari keduanya hampir sama, meskipun trending topic lebih identik dengan sosial media Twitter.

Mereka yang Memanfaatkan Trending Topic

Kamu sudah mengetahui hubungan antara trending topic dan viral. Sekarang, saatnya kamu melihat orang-orang yang sukses memanfaatkan trending topic untuk membuat konten yang menarik.

Siapa saja mereka? Ini dia orang-orangnya.

Loading...

1. ChandraLiow

memanfaatkan trending topic
Gambar: ChandraLiow

Memanfaatkan sesuatu yang trending untuk kembali dijadikan trending bukanlah hal yang mudah. Namun, hal tersebut mampu dilakukan oleh Chandra Liow, dimana ia kembali membuat lagu tentang mannequin challenge yang akhirnya menjadi trending Youtube Indonesia.

Yang unik dari video atau lagu buatan Chandra Liow adalah isinya berupa curhatan, dimana video-video yang ia buat selalu gagal menembus trending Youtube, karena selalu kalah dengan video reuploader.

Kamu yang subscribe Chandra Liow pasti sudah tahu video ini, karena video buatan Chandra Liow ini sudah dibuat sejak 2 tahun lalu.

2. Niana Guerrero

memanfaatkan trending topic
Gambar: Niana Guerrero

Jika Chandra Liow memang sengaja membuat lagu Mannequin Challenge agar masuk trending Youtube. Maka Niana mungkin berbeda, dimana ia hanya ingin membuat konten biasa dengan berjoget lagu Despacito yang saat itu sedang viral.

Namun, siapa sangka hanya dengan berjoget seperti itu, dirinya menjadi trending Youtube di Indonesia dan Filipina. Bahkan, berkat tariannya itu, Niana diundang ke Indonesia dan berhasil masuk Youtube Rewind 2017.

Ini adalah salah bukti nyata, jika kita mampu memanfaatkan trending topic dengan baik, maka hasilnya pun akan baik pula. Jadi, tinggal kita saja yang harus kreatif.

3. Raditya Dika

nindy
Gambar: Nindy

Upil Naruto adalah salah satu video yang sempat trending di Youtube Indonesia pada September 2017. Jika ditanya manakah video reuploader yang paling tidak berfaedah, maka Upil Naruto masuk diurutan pertama.

Apa itu Upil Naruto? Adalah komentar Nindy (artis) yang membalas ucapan-ucapan hatersnya. Entah bagaimana video tersebut bisa trending, namun yang jelas video tersebut sudah ditonton 900 ribu lebih viewers sampai sekarang.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa yang dilakukan Raditya Dika? Ternyata Raditya Dika membuat sebuah masakan yang sangat asin yang kemudian dinamai Upil Naruto.

Uniknya, video Radit ini juga berhasil menembus trending Youtube Indonesia. Hasilnya, video yang tadinya trending kembali menjadi trending dengan kemasan yang berbeda.

4. Indonesian Idol

memanfaatkan trending topic
Gambar: Indonesian Idol

Indonesian Idol saat ini sedang booming, lantaran banyak peserta-peserta yang berparas cantik dan bersuara emas. Ya, boomingnya Indonesia Idol ini, akhirnya disambut baik oleh para netizen dan mereka memanfaatkan trending topic dengan baik, yaitu dengan membuat versi parodinya.

Ada banyak sekali parodi yang diperagakan oleh para netizen, dan sebagiannya sukses menjejali trending Youtube Indonesia. Selain netizen yang mendapatkan keuntungan dari parodi Indonesian Idol ini, para pesertanya pun juga mendapatkan untung berlimpah.

Coba kamu tengok channel Youtube dari peserta yang bernama Bianca Jodie. Di channel Youtubenya yang bernama Brisia Jodie, jumlah subscribersnya sudah mencapai 100 ribu lebih, padahal video yang diupload hanya ada 5.

Wow, sungguh luar biasa bukan?

Keempat contoh yang sudah disebutkan tadi hanyalah sebagian. Tentu masih ada contoh-contoh lain yang bisa kamu tambahkan sendiri.

Mencari Trending Topic dengan Trendsmap

Jika kamu seorang penulis berita di sebuah website, maka menggunakan Trendsmap bisa menjadi solusi. Mengapa harus Trendsmap? Karena kamu akan dibantu mencari topik-topik yang tengah ramai diperbincangkan.

Menggunakan Trendsmap:

1. Ketik alamat situs ini, trendsmap.com.

2. Klik tombol register, apabila kamu ingin melakukan proses pendaftaran. Namun, jika kamu tidak ingin mendaftar dan ingin langsung menggunakannya, silakan klik close untuk menutup panel registrasi.

3. Klik tiga garis horisontal di pojok kiri, kemudian pilih Locations.

4. Di situ ada beberapa kota. Jika kamu ingin membuat artikel yang saat ini sedang trending di Bandung, silakan klik Bandung, maka kamu akan menemukan beberapa tweet yang saat itu sedang ramai diperbincangkan.

Lihat gambar di bawah:

memanfaatkan trending topic

Nah, itu tadi caranya untuk membuat artikel trending melalui Trendsmap. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Membuat Kata Kunci Melalui Ritetag

Jika tadi kita sudah mencari beberapa trending topic yang ada di suatu daerah dan negara. Maka untuk sekarang, mari kita mencari kata kunci untuk membuat trending topic.

Apa yang dimaksud kata kunci? Yaitu penggunaan hashtag, karena hashtag memiliki peranan yang cukup penting untuk membuat sesuatu menjadi trending topic.

Dan untuk membuat kata kunci yang berpotensi menjadi trending topic, kita bisa menggunakan Ritetag. Bagaimana caranya? Silakan lihat dibawah ini!

Menggunakan Ritetag:

1. Masuk ke situs Ritetag dengan mengetikkan ritetag.com.

2. Login via Facebook atau Twitter, karena untuk menggunakan Ritetag harus masuk melalui kedua akun sosial media tersebut.

3. Misalkan kamu ingin membuat hashtag #timnasday, maka yang harus kamu lakukan adalah mengetikkan hashtag tersebut ke textbox pencarian.

4. Akan muncul laporan hashtag yang sudah kamu buat, setelah itu klik View Stats untuk mengetahui informasi selengkapnya.

5. Jika kamu sudah membukanya akan muncul gambar seperti di bawah ini:

ritetag

6. Maksud dari gambar tersebut adalah:

  • Unique tweets per hour adalah rata-rata banyaknya tweet unik (#timnasday) yang akan dibuat oleh para pengguna lain tiap jamnya.
  • Hashtag exposure per hour adalah potensi hashtag (#timnasday) untuk dibaca netizen setiap satu jam.
  • Retweets per hour adalah rata-rata retweet terhadap tweet yang mengandung hashtag (#timnasday).
  • Tweets with images adalah rata-rata banyaknya tweet bergambar yang mengandung hashtag (#timnasday).
  • Tweets with links adalah rata-rata banyaknya tweet yang mengandung link dan memanfaatkan hashtag (#timnasday).
  • Tweets with mentions adalah rata-rata banyaknya tweet yang mengandung mention dan memanfaatkan hashtag (#timnasday).

Itulah tadi cara menggunakan Ritetag. Dan untuk kamu yang memang ingin mencari hashtag yang relevan bisa menggunakan Ritetag, karena di Ritetag bisa mengukur sejauh mana kekuatan kata kunci (hashtag) yang sedang kamu buat.

Kesimpulan

“Orang Indonesia itu jago membuat trending topic,” itu adalah salah satu ucapan seorang publik figur yang terkenal di tanah air, karena di negara Indonesia tercinta ini, sesuatu yang kecil bisa menjadi trending.

Kita ambil contoh, om telolet om, eta terangkanlah, marsha bengek dan lain-lain. Bahkan, saking hebatnya Indonesia membuat trending, sebagian netizen berkomentar “dikit-dikit viral, dikit-dikit viral.”

Baca: 9 Teknik Menciptakan Konten Viral dalam Blog yang Ampuh

Namun, itulah yang namanya kemajuan zaman. Mau tak mau, suka tak suka sesuatu yang aneh dan dianggap unik akan menjadi bahan pembicaraan, karena arus informasi begitu cepat ditangkap dari satu individu ke individu lain.

Semoga pembahasan mengenai memanfaatkan trending topic di atas bermanfaat dan apabila ada tambahan, jangan lupa untuk mencantumkannya di kolom komentar.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *