in

Membuat Sendiri Lantai Mezzanine di Rumah

model rumah mezzanine

Ketika kamu berhasil melakukan transaksi jual beli rumah second, kamu bisa mengubah tampilan atau desain interior rumah secara bebas.Tentunya disesuaikan dengan bujet dan tingkat kreativitasmu dalam mewujudkan rumah impian.

Punya rumah sempit juga bukan merupakan batasan dalam mewujudkan tempat tinggal yang nyaman dan memiliki nilai estetika. Ada banyak sekali inspirasi dekorasi interior dan eksterior yang bisa kamu contek untuk diterapkan pada rumahmu agar tampil lebih menarik. Salah satunya adalah penambahan mezzanine.

Apa Itu Mezzanine?

Mezzanine merupakan bahasa Italia yang berarti bagian tengah. Mezzanine adalah area tambahan yang letaknya berada di atas lantai utama dan di bawah plafon. Lantai mezzanine tidak mencakup seluruh area ruangan, masih terkesan berada di lantai utama dengan tingkatan mezzanine yang lebih banyak terbuka.

Biasanya, mezzanine digunakan untuk kamar tidur tambahan karena letaknya bisa di dekat plafon rumah sehingga hanya bisa digunakan untuk duduk dan berbaring saja, tanpa bisa melakukan kegiatan lainnya.

Kalau rumah dijual di Bintaro Tangerang Selatan yang kamu temukan cukup sempit, tetapi akan banyak aktivitas yang dilakukan di rumah tersebut pada kemudian hari, membuat lantai mezzanine bisa menjadi pilihan tepat. Apalagi, dengan tren WFH seperti sekarang ini, pastinya akan butuh ruang tambahan untuk bekerja.

Langkah-Langkah Membuat Mezzanine

Langkah pertama yang dilakukan ketika ingin membuat mezzanine pada ruangan rumah adalah menentukan terlebih dahulu luasnya. Selain itu, dipikirkan pula desain dan bahan-bahan yang akan digunakan dalam membangun mezzanine.

Untuk kamu yang ingin membangun mezzanine sebagai tambahan kamar tidur dengan kapasitas 2 orang, maka luas mezzanine akan mendekati 220 x 150 cm, tergantung dengan luas ruangan yang akan didekorasi selanjutnya.

Menentukan Bahan

Bahan yang bisa digunakan untuk membangun mezzanine pada jual beli rumah second sangatlah beragam, sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Namun, agar bujet yang dikeluarkan lebih murah, bahan kayu sangat direkomendasikan.

Jenis bahan dari kayu juga sangat beragam, seperti misalnya kayu usuk, kaso, papan atau decking. Sementara, jenis kayu yang bisa digunakan untuk mezzanine lebih sempurna dan kokoh di antaranya adalah, kayu jati, mahoni, kamper, bengkirai dan lain-lainnya.

Desainnya sendiri juga ada banyak, lagi-lagi tergantung selera kamu. Memang, desain dan bahan seharusnya memang disesuaikan dengan selera pemilik rumah.

Produk Kayu untuk Membuat Mezzanine

Ada dua produk kayu yang bisa digunakan untuk membuat mezzanine pada rumah dijual di Bintaro Tangerang Selatan. Keduanya masing-masing adalah produk decking kayu bengkirai dan papan tangga kayu merbau. Kedua produk tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran.

Decking Kayu Bengkirai

Adalah salah satu jenis decking luar ruangan terbaik yang bisa kamu gunakan. Kualitas kayunya teruji karena kuat dan tahan lama serta tahan terhadap kondisi cuaca. Oleh karena itu, decking kayu bengkirai ini bisa menjadi rangka yang sangat baik untuk mezzanine.

Papan Tangga Kayu Merbau

Papan tangga kayu ini juga memiliki kualitas yang sangat bagus. Ini karena kayu merbau adalah kayu dengan ketahanan terhadap perubahan cuaca yang optimal. Kayu merbau juga anti jamur dan teksturnya yang sangat keras.

Sayangnya, kedua produk di atas memang berharga kurang ekonomis, tentu saja karena kualitas produk yang sangat tinggi. Bila kamu ingin membuat mezzanine yang sesuai bujet, bisa dengan memilih produk yang lebih terjangkau. Apalagi jika ingin ditempatkan untuk jual beli rumah second.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0