Internet

Meminta Donasi Kepada Subscribers, Patutkah Itu Dilakukan?

Meminta donasi kepada subscribers itu sangat mudah untuk dilakukan, karena ketika seseorang sudah menyukai saluran tertentu, seseorang itu bisa menjadi sangat royal.

Meminta donasi, patutkah itu dilakukan?

Haruskah Meminta Donasi?

Lima hari yang lalu, saluran YouTube Anime Haki mengalami demonetisasi dari pihak YouTube karena terindikasi menggunakan konten (gambar) orang lain atau yang dikenal dengan duplikasi konten.

Demonetisasi sendiri adalah tindakan yang mematikan sebuah saluran karena tindakan tersebut akan menonaktifkan monetisasi yang mengakibatkan video tidak bisa menghasilkan uang dari Google Adsense.

Lihat:

Tindakan YouTube tersebut, ternyata menarik minat saluran anime lain yang kemudian memberikan komentar, sekaligus menyarankan Anime Haki untuk mencari sponsor atau meminta donasi kepada para subscriber.

Bagaimana menurut Anda?

Loading...

Jangan Meminta Donasi Kepada Subscribers

Ketika sebuah saluran mengalami demonetisasi, maka mencari sponsor bisa menjadi solusi jitu. Namun, mencari sponsor tidaklah semudah yang dibayangkan karena kemungkinan berhasilnya hanya 30 persen.

Bagaimana dengan donasi?

Peluang donasi jauh lebih besar dibandingkan sponsor. Namun, sebagai seorang konten kreator sangat tidak elok apabila harus meminta-minta kepada subscribers meskipun besar kemungkinan akan ada yang mau berdonasi.

Solusi lain, selain sponsor dan donasi?

Anda bisa menjual produk, seperti pakaian, tas, sepatu. Namun, solusi terbaik ketika saluran YouTube yang kita kelola mengalami demonetisasi dari pihak YouTube adalah dengan membuat saluran baru.

Komentar para netizen (diambil dari saluran yang menyarankan Anime Haki mencari sponsor dan meminta donasi):

meminat donasi kepada subscribers2

Pelajaran yang Bisa Diambil

Membangun saluran YouTube dari nol hingga mampu mencapai ratusan subscribers memang tidak mudah. Namun, ketika saluran mengalami sebuah masalah, konten kreator pun juga tidak bisa seenaknya meminta bantuan subscribers.

Jika hanya karena saluran didemonetisasi oleh YouTube bukan berarti Anda harus berhenti berkarya atau menjadikannya alasan agar bisa meminta donasi kepada para subscriber.

Adapun untuk para subscriber, jika Anda menemukan konten kreator yang meminta donasi, silakan arahkan ke jalan yang benar, seperti:

  • Membuat saluran baru.
  • Menjual produk.
  • Mencari pengiklan atau sponsor.

Baca: Alternatif Adsense, Cara Menghasilkan Uang Selain Google Adsense

Membuat donasi memang diperbolehkan. Namun usahakan membuat donasi untuk tujuan yang jelas yang bermanfaat untuk banyak orang dan bukan untuk memperkaya diri.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

  1. Saya pernah terpikirkan untuk minta donasi juga.
    Tapi setelah baca artikel ini saya sadar.
    Ok tetap semagat, sesulit apapun itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button