Adsense Di YoutubeInternet

Alternatif Adsense, Cara Menghasilkan Uang di YouTube Selain Google Adsense

Alternatif Adsense adalah cara-cara yang bisa ditempuh oleh seorang YouTuber untuk menghasilkan uang, selain mengandalkan Google Adsense.

Maksud alternatif Adsense pada pembahasan kali ini bukanlah mendaftar ke situs A atau situs B, melainkan menerapkan beberapa cara saja untuk menghasilkan uang melalui saluran yang dikelola.

4 Alternatif Adsense

Keempat cara yang disebutkan berikut ini, tidak direkomendasikan untuk saluran yang masih memiliki sedikit penonton atau pun pengikut.

Mengapa?

Karena untuk menjalankan keempat alternatif Adsense ini membutuhkan penonton dan jumlah pengikut yang cukup banyak agar saluran benar-benar bisa menghasilkan uang.

Dan berikut ini keempat alternatif Adsense yang dimaksud:

1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah teknik pemasaran yang menjanjikan sebuah komisi untuk sang pemasar apabila produk dari sang pemilik merek laku terjual.

Afiliasi memang terbukti bisa menghasilkan uang. Namun, untuk mendapatkan uang melalui cara ini juga tidak mudah di mana seseorang harus bekerja keras melalui banyak strategi.

Loading...

Lihat:

Affiliate Marketing alternatif adsense

Ini adalah salah satu strategi yang bisa Anda jalankan apabila ingin Affiliate Marketing sukses di mana Anda membuat video review, kemudian menempelkan link di kolom deskripsi.

Jika Anda ingin menghasilkan uang melalui alternatif Adsense, meniru saluran Unbox Therapy tidaklah salah karena saluran yang seperti itu lebih banyak disukai.

Apakah harus membuat review?

Jika Anda tidak membuat review, mana mungkin orang lain akan percaya atau mau membeli melalui link yang Anda tempelkan di deskripsi.

Jika tidak punya uang bagaimana?

Anda bisa meminjam produk kepada sang pemilik merek. Namun jika sang pemilik merek tidak bisa diajak kerja sama, membeli atau keluar modal terlebih dahulu bisa menjadi solusi.

2. Sponsorships

Menjadi Sponsor untuk produk-produk tertentu adalah salah satu alternatif Adsense yang bisa Anda lakukan, di mana cara yang satu ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan uang besar.

Apakah mudah?

Tentu tidak mudah. Itulah sebabnya di awal pembahasan disebutkan, jika keempat alternatif Adsense ini tidak direkomendasikan untuk saluran yang masih memiliki sedikit penonton atau pun pengikut.

Lihat:

Affiliate Marketing alternatif adsense

The Timeliners adalah salah satu saluran yang menjalankan alternatif Adsense berupa sponsor, di mana mereka menjalin kerja sama dengan sebuah merek, Gulf Pride 4T Plus.

Biasanya beberapa perusahaan mau bekerja sama dengan sebuah saluran YouTube jika saluran tersebut memiliki banyak penonton dan pengikut.

Jadi, apabila saat ini saluran masih kecil, maka berusahalah untuk membesarkannya dengan menghadirkan berbagai macam konten menarik untuk para penonton dan juga para pengikut.

3. Crowdfunding

Crowdfunding atau yang dikenal sebagai penggalangan dana memungkinkan sang pemilik saluran untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk menjalankan program yang satu ini, yang harus pertama kali dilakukan adalah membangun atau memiliki basis penggemar setia yang dapat mendukung kegiatan Crowdfunding.

Lihat:

Uang yang terkumpul untuk apa?

Biasanya digunakan untuk membeli peralatan baru yang bisa menunjang konten kreator untuk membuat video yang lebih bagus.

Itu adalah alasan umum yang sering digunakan para konten kreator ketika menjalankan Crowdfunding. Adapun untuk penggunaan uang, bisa jadi digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Tertarik?

Jika Anda tertarik menjalankan Crowdfunding, silakan membuatnya di situs-situs berikut:

PatreonKickstarter
KitaBisa

Lihat:

alternatif adsense

4. Merchandising

Untuk menjalankan alternatif Adsense keempat, sekaligus yang terakhir ini, Anda juga harus membangun atau memiliki basis penggemar setia.

Mengapa?

Agar produk yang Anda jual di saluran YouTube laku. Selain itu, dengan memiliki basis penggemar setia, Anda juga bisa mengeluarkan berbagai macam produk untuk dijual.

Lihat:

Affiliate Marketing alternatif adsense

Ketika menjual Merchandise melalui saluran YouTube, usahakan produk beragam agar penonton dan pengikut tertarik.

Selain itu, jangan lupa menyisipkan promosi pada setiap video. Jangan menjual Merchandise hanya melalui link yang ditempelkan di kolom deskripsi saja, karena hal tersebut kurang begitu efektif.

Kesimpulan

Di dalam hidup, yang namanya alternatif atau pilihan lain memang selalu ada. Pun demikian dengan Adsense, pasti selalu ada alternatifnya.

YouTube sendiri sebagai platform berbagi video yang menghasilkan uang juga terus berupaya untuk meningkatkan penghasilan para konten kreatornya.

Baca: Program Learning Fund, Program Terbaru YouTube untuk Konten Kreatif Edukatif

Pihak YouTube sudah membuat berbagai macam gebrakan, di antaranya adalah YouTube Red yang merupakan fitur keanggotaan berbayar.

Itulah keempat alternatif Adsense yang bisa disebutkan. Dan apabila saluran Anda memiliki banyak penonton dan pengikut, silakan untuk memilih salah satu alternatif Adsense yang sudah disebutkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

2 Comments

  1. Ternyata ada banyak jalan untuk menghasilkan uang online selain dari Adsense, terimakasih informasinya. Sangat membantu untuk menggali lebih dalam tentang bisnis online

  2. Yah, itukan kalau channel youtubnya udah besar. Kalau masih kecil butuh proses yang panjang aplaagi sekarang youtube ada peraturan baru yang membuat para kreator yang inggin memulai dari 0 butuh pejuangan banget untuk mencapainya. Oya ada tips agar channel youtube teroptimasi dengan baik gan? Soalnya youtube ane gitu gitu ajah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *