Internet

7 Tips Ampuh untuk Kamu yang Tertarik Mempelajari Fotografi

Tips Mempelajari Fotografi – Fotografi sekarang ini terbukti mengalami perkembangan yang sangat pesat, dan mulai diminati oleh masyarakat umum, khusunya dari kalangan anak muda. Hal tersebut tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi, yang seakan memaksa produsen kamera untuk berlomba-lomba menciptakan peralatan fotografi yang canggih, namun mudah untuk dipergunakan.

Memutuskan untuk berkecimpung secara serius di dunia fotografi, atau mungkin hanya untuk sekedar hobi bukanlah hal yang mudah. Butuh pengorbanan waktu, pikiran, dan tenaga, untuk bisa menghasilkan karya fotografi yang luar biasa.

Di sini, kita akan coba membahas apa saja tips bagi kamu yang tertarik dengan fotografi, sehingga kamu akan semakin semangat dan tertantang untuk mengasah keterampilanmu dalam dunia fotografi.

1. Persiapkan alat yang tepat untuk kamu pergunakan

Mempelajari Fotografi

Fotografi sejatinya adalah menggambar dengan bantuan cahaya, atau bisa diartikan juga dengan merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya. Jika kamu ingin serius mempelajari fotografi, kamera adalah salah-satu alat yang wajib untuk dimiliki.

Sangat penting untuk diingat!

Alat bukanlah satu-satunya penentu bagus atau tidaknya sebuah karya foto yang dapat tercipta, sehingga kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membeli peralatan fotografi canggih yang harganya terbilang cukup menguras kantong. Menggunakan kamera apa saja hasilnya akan tergantung dari seberapa jauh kamu mengenal, dan menguasai alatmu sendiri.

 2. Usahakan sesering mungkin memotret diluar rumah

Mempelajari Fotografi

Pada dasarnya kamu dapat menciptakan karya menarik dari objek apapun asalkan sudut pengambilan dan pencahayaannya sudah tepat. Sehingga berlatih memotret dengan memanfaatkan objek yang ada di rumahpun sudah mampu mengasah keterampilanmu.

Meskipun berlatih memotret di rumah sebenarnya sudah cukup, ada baiknya juga kamu menyempatkan diri untuk berburu foto di luar rumah ya. Dengan seringnya kamu jalan-jalan sambil berburu foto, maka semakin besar pula kesempatan untuk melatih ketajaman dan kejelian mata dalam melihat objek dan momen menarik. Yang pastinya tidak akan bisa kamu temui jika terus belajar memotret di dalam rumah.

3. Jangan takut untuk memotret walau dengan jumlah yang banyak

Tentu kamu pernah mendengar rumor mengenai  shutter count yang dapat habis, serta memerlukan biaya yang cukup mahal untuk penggantian komponennya. Rumor tersebut memang benar adanya, tapi jangan sampai hal tersebut malah membuat kamu enggan untuk mengambil gambar secara berulang-ulang untuk objek

yang sama.

Mempelajari Fotografi

Di atas adalah foto yang saya ambil menggunakan teknik zooming, dengan memotret lebih dari 20 kali untuk mendapatkan ekspresi yang menurut saya sudah sesuai.

Terkadang kita memang tidak bisa mendapatkan momen terbaik hanya dengan sekali jepret. Jadi tujuan memotret secara berulang dengan jumlah yang banyak bukan berarti kita boros. Tetapi agar mendapatkan sudut pandang, komposisi, serta pencahayaan yang tepat.

4. Tidak ada salahnya kamu gabung dengan komunitas fotografi yang ada di daerahmu

Mempelajari Fotografi

Siapa bilang dengan bergabung atau tidaknya kamu dalam komunitas fotografi, tidak akan berpengaruh untuk peningkatan kemampuanmu?

Justru dengan bergabung dengan komunitas semacam ini, kamu bisa saling bertukar ilmu, dan bertemu dengan fotografer senior, yang sudah lebih dahulu berkecimpung dan merasakan pahit, asam, manisnya dunia fotografi, mereka pastinya dengan senang hati membagikan ilmunya kepada kamu yang baru belajar, serta tidak segan juga mengajak kamu hunting bareng, dan meminjamkan peralatan serta aksesoris fotografi mereka untuk menunjang proses latihan kalian.

5. Jangan dulu pilih-pilih genre, coba semua sampai kamu menemukan yang sesuai

Kalau kamu merasa masih pemula dalam dunia fotografi, sangat disarankan untuk tidak membeda-bedakan genre foto. Misalkan kamu diajakin hunting foto dengan genre Human Interest, maka cobalah genre tersebut, atau diajakin hunting foto budaya, cobalah genre tersebut.

Yaah, anggap aja itu sebagai proses pembelajaran kamu dalam menemukan genre yang benar-benar kamu nikmati dan kuasai dalam dunia fotografi.

Baca : Lokasi Indah Di Semarang Jadi Spot Berfoto Populer Di Media sosial

6. Cobalah untuk menciptakan karya foto dengan konsep yang baru

Mempelajari Fotografi

Ayo ngaku aja deh, pasti kamu yang sering bangetkan ikut-ikutan  trend konsep foto yang ada di sosial media. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah, justru lumayan untuk tambah-tambah inspirasi, tapi konsep yang kamu lihat di sosial media jangan sampai kamu ikuti 100% juga ya.

7. Kuatkan tekadmu dan jangan pernah putus asa

Mempelajari Fotografi

Ini dia yang paling,paling,dan paling penting! Kalau kamu ingin bisa dan menjadi fotografer profesional dan handal, sedari awal kamu harus bulatkan tekadmu dan teruslah berkomitmen pada dirimu sendiri, kalau kamu tidak akan pernah putus asa dalam mempelajari suatu hal, jadi terus semangat ya.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close