Optimasi Blog

Mengapa Spam Komentar Kurang Bagus Bagi Situs/blog Anda?

Bahaya komentar spam pada sebuah blog. Faktanya memang benar jika komentar spam atau sampah memang kurang bagus buat kesehatan situs kita sendiri, bagaimana kita sebagai admin blog mengatasi masalah ini? Jenis atau ciri ciri komentar spam sudah sering kita lihat, contoh komentar spam adalah mengambil keuntungan pribadi, mereka sebagian besar tidak berfokus kepada materi posting yang sedang di sajikan, bahkan isi komentarnya sangat melenceng jauh. Menurut saya pribadi sebagai tuan rumah (admin) harus bertindak tegas dalam mengatasi berbagai macam komentar spam yang terkadang membuat kita sendiri resah.

Spam komentar memang di anggap berbahaya dan sering disalahgunakan untuk kepentingan pribadi, Karena fungsi komentar yang sebenarnya sudah tidak lagi seperti layaknya komentar, seharusnya komentar di jadikan komunitas yang baik dan untuk meningkatkan jumlah pembaca (menurut webmaster) tetapi banyak di gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, di antaranya menggunakan script atau perangkat lunak lainnya, untuk tujuan mendapatkan backlink, dan itu sangatlah berbahaya jika kualitas situs tersebut lebih rendah dari website/blog kita.

Mengapa Spam Komentar Kurang Bagus Bagi Situs/blog Anda?

Jenis spam yang dapat membahayakan situs Anda 
Konten berkualitas rendah di beberapa bagian situs web dapat memengaruhi keseluruhan peringkat situs
Spam dapat membingungkan dan mengganggu pengguna serta mengurangi reputasi situs.
Lalu lintas yang tidak direncanakan dari konten tidak terkait di situs Anda dapat memperlambat situs dan meningkatkan biaya bandwidth.
Google mungkin menghapus atau mendemosikan laman yang dipenuhi dengan spam buatan pengguna untuk melindungi kualitas hasil penelusuran.
Konten yang diberikan oleh pelaku spam dapat mengarah ke situs berbahaya yang dapat memberikan pengaruh negatif kepada pengguna Anda.
Sumber : Pedoman kualitas google

Jenis komentar spam yang sering kita jumpai
1. Komentar yang berisi link aktif
Biasanya hal ini di lakukan oleh blog baru yang hanya sekedar mempromosikan blognya dengan cara menautkan link aktif berupa URL alamat blognya di kotak komentar, Jenis komentar ini adalah komentar spam, jika anda menemui hal ini, sebaiknya jangan di publikasikan (jika kolom komentar di moderasi), dan bisa juga di hapus, karena akan merusak citra blog kita di mata mesin pencari.

2. Komentar yang berisi promosi produk tertentu
Jenis komentar ini masih sama dan berkaitan dengan komentar spam yang pertama, yaitu berisi link aktif yang menawarkan promosi produk tertentu, yang seperti ini juga termasuk spam, dan bahkan tidak bertanggung jawab. Biasanya sang komentator memanfaatkan jenis artikel tertentu yang mempunyai rating bagus di mesin pencari.

3. Komentar yang menuju halaman konten dewasa.
Berhati hati terhadap komentar yang link nya menuju halaman konten dewasa, jenis situs ini sangat berbahaya bagi kelangsungan blog kita, reputasi situs yang kurang bagus juga akan berpengaruh terhadap blog dan kinerja di mesin pencarian.

4. Komentar yang tidak nyambung ke topik sebuah artikel.
Kategori untuk komentar ini juga bisa di golongkan semacam spam secara halus, sambil lewat blog walking tanpa meninggalkan komentar yang sesuai dengan materi posting yang ada, Terkadang komentar ini masih bisa di tolerir, dan di publikasikan, walaupun hanya ikut meramaikan saja.

Cara mengatasi dan mencegah timbulnya komentar spam
 1. Dengan bersikap tegas dengan membuat tulisan atau peringatan untuk pengisian kolom komentar, agar jangan menautkan link aktif di kolom komentar.
2. Memfilter komentar dengan cara mengaktifkan moderasi pada seting/pengaturan dalam komentar.
3. Menggunakan CAPTCHA / alat anti-spam.
4. Menggunakan atribut “nofollow” untuk link di kolom komentar
5. Memanfaatkan robot txt. untuk memblokir kolom komentar

Dalam hal ini sangatlah jelas bahwa seorang admin blog yang menjadi penentu bahwa komentar tersebut akan di publikasikan atau tidak, sikap tegas yang di perlukan demi kelangsungan situs atau blog kita sendiri dengan menerapkan filter komentar dengan cara moderasi.

Melaporkan spam ke pihak google
Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa jenis komentar spam dapat merusak reputasi web/blog anda di mata google dan mengurangi kinerja situs di halaman pencarian khususnya google (berdasarkan pedoman mutu webmaster) kita dapat melaporkan situs spam yang terkait ke pihak google di halaman yang khusus untuk masalah pelaporan yang terkait dengan SPAM.
Webmaster spam report tool
–  Report spam in rich snippets

Kesimpulan
Beberapa situs web/blog seringkali mengidentikkan komentar sebagai lambang (pertanda) kalau web/blog tersebut ramai jika terdapat banyak komentar, tetapi tahukah anda jika yang berkomentar tersebut kebanyakan hanyalah spam, maka situs atau web tersebut tidak akan berumur lama (kualitas web/blog menurun), anda juga harus memikirkan “broken link”, jika sebagian atau beberapa situs komentator tersebut di hapus google. 

Hal ini justru lebih baik blog yang hanya berisi komentar sedikit, tetapi relevan dengan materi atau isi posting, dan tidak terdapat link spam yang dapat menggangu kenyamanan pengunjung. Marilah berkomentar yang baik dan sesuai dengan standar mutu webmaster. agar kita sama sama di untungkan, Stop Spammer.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

4 Comments

  1. Jika mempunyai banyak komentar spam ribet juga ya urusannya sama mbah google. Walaupun kesalahan terletak pada komentator dan bukan pada admin blog ternyata si embah nggk sungkan-sungkan utk memberi hukuman pada blog yang di gunakan sebagai sarang spam.
    Terima kasih

    1. Betul, sekarang google mengedapankan standar mutuwebmaster.

      Nah itu mas, semenjak pindah ke wordpress sudah langsung ditangani oleh plugin akismet. Jadi sekarang sudah tidak begitu kepikiran spam lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *