Internet

Mengejutkan, Ponsel dari China Kuasai Pasar Asia Tenggara

Semua Merek China Mendominasi

Menurut laporan terbaru dari Canalys, ponsel dari negara China berhasil menguasai 60 persen pasar Asia Tenggara, termasuk pasar Indonesia. Oppo menjadi ponsel dari negara China yang paling banyak digunakan di kawasan ASEAN.

Di Indonesia sendiri, Oppo berhasil menggeser dominasi Samsung di mana mereka berhasil menjadi penguasa pasar smartphone Indonesia untuk periode April hingga Juni 2019. Dilansir dari Canalys, Oppo berhasil menguasai 26 persen pasar smartphone Indonesia.

Bisa Anda lihat, Oppo berhasil menggeser dominasi Samsung dengan unggul 2 persen dari Samsung yang hanya bisa menguasai 24 persen pasar ponsel pada kuartal kedua 2019. Canalys juga mengatakan, ini adalah kali pertama Oppo berhasil mengungguli catatan penjualan Samsung.

Samsung Dihadang Produk China

Di Indonesia, posisi Samsung sudah tergeser oleh Oppo. Kemudian, di posisi ketiga juga diisi oleh produk China, yaitu Xiaomi. Keadaan ini sama persis dengan negara Filipina di mana Oppo menduduki posisi pertama dan Samsung di posisi kedua. Yang membedakan hanya di posisi ketiga di mana posisinya diisi oleh Vivo.

Adapun untuk negara ASEAN yang lain, seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia, Samsung masih nyaman di posisi pertama. Namun dominasi Samsung di tiga negara ASEAN itu tetap bisa digeser oleh produk China apabila mereka tidak membuat strategi khusus.

Mengapa ponsel dari China laris di Asia Tenggara?

Analis Canalys, Matthew Xie mengatakan jika pasar Asia Tenggara memiliki kebutuhan yang unik karena permintaan pasar konsisten dengan ponsel yang memiliki harga 200 dolar AS atau di bawah 3 jutaan. Para konsumen yang ada di Asia Tenggara cenderung memilih ponsel dengan harga murah, namun tetap memiliki kualitas yang tinggi, dan China menawarkan hal tersebut sehingga produknya laris di ASEAN.

Meski posisi Samsung di kawasan Asia Tenggara terancam oleh produk-produk dari China, merek asal Korea Selatan ini masih tetap menjadi ponsel pilihan bagi warga Eropa. Dalam laporan Canalys disebutkan jika Samsung masih menguasai pasar ponsel Eropa dengan mencatat 18,3 juta unit smartphone terjual pada kuartal kedua 2019.

Baca juga: Saat ini, Kecerdasan Buatan di China Berkembang Pesat di Seluruh Negeri

Melihat perkembangan China yang begitu luar biasa, khususnya dalam bidang teknologi, seringkali membuat kita takjub karena negara yang dulunya miskin itu benar-benar sudah berubah menjadi negara yang kuat dalam segala bidang.

Dulu, produk China itu hanyalah produk murahan yang tidak memiliki kualitas. Namun sekarang, produk mereka sudah benar-benar berkualitas. Jika mengambil bahasa keren sekarang, produk China itu bukanlah produk kaleng-kaleng.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close