Meningkatkan Penjualan Online

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Online Sampai 100 % Secara Gratis ?

Mungkin dari pembaca semua, sudah ada yang memendam perasaan dari dulu ingin membangun bisnis online, namun tidak kesampaian karena takut gagal, atau bahkan sudah ada yang menjadi pelaku bisnis online namun merasa sedih karena belum mampu meningkatkan penjualan online.

Saat ini bisnis online sangat ramai. Peminatnya semakin tahun semakin marak, mulai dari anak sekolah yang ingin coba-coba, sampai karyawan kantor yang bosan digaji dan memutuskan untuk resign dari pekerjaannya lalu membangun secara totalitas toko online sebagai peruntungan baru.

Apapun , itu banyak sekali motivasi yang mendasari seseorang untuk melakukan bisnis di bidang online.

Di era digital seperti sekarang, bisnis online memang membuat banyak orang menaruh minat besar , meskipun harus kita tahu juga bahwa bisnis online tidak sekedar berjualan. Ada cara-cara lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan uang dengan meningkatkan penjualan online, yang bila anda mau telusuri lebih lanjut pasti akan menemukan jawabannya.

Bisnis online tidak hanya terpaku pada penjualan

Beberapa model bisnis online di luar penjualan adalah membuka sebuah blog , mengurusnya, dan mendatangkan banyak pengunjung , lalu menempatkan iklan sebagai bagian dari blog untuk mendatangkan uang. Iklan bisa berupa tangan pihak ketiga ( agen ) sebut saja Google Adsense, atau anda bisa melakukan komunikasi secara langsung ke pengiklan yang dimaksud ( mandiri ) .

Atau yang kini paling santer adalah Youtube, yang membuat banyak orang bisa menghasilkan uang dengan “ mudah “ lewat membuat video-video yang mengundang ketertarikan orang lain untuk menontonnya. Ketika banyak orang menonton video, maka dalam video tersebut anda bisa menyisipkan iklan. Dan itulah yang menjadi salah satu sumber pendapatan.

Kisah sukses dari youtube

Saat ini ada milyaran menit tayangan video tiap harinya di Youtube , di seluruh dunia, dan ini menjadi bidang yang sangat berpengaruh dalam menghasilkan uang , jutaan pengguna internet banyak terpancing dan bertanya-tanya “ Bagaimana caranya ? “

Mereka begitu antusias lewat berbagai kisah sukses, dan iming-iming yang diberikan oleh berbagai ebook berbayar di luar sana, berbagai kursus youtube yang mulai marak, mereka juga merasa penasaran karena berkali-kali membaca di media, sudah banyak contoh kisah sukses, orang-orang yang berhasil di bidang Youtube ini.

Loading...

Di artikel ini, saya tidak akan membahas bagaimana caranya anda bisa menghasilkan uang besar dari Youtube, karena di blog Klikmania.net ini anda bisa menemukan caranya. Sudah banyak ulasan dari penggiat internet marketing sebut saja admin blog ini, Mas Gani Sebastian yang mau berbagi secara gratis tentang bagaimana caranya mendatangkan uang dari Youtube . Silahkan diubek-ubek sendiri.

Namun yang mau saya sampaikan adalah, apapun usaha yang anda lakukan di internet, tetap yang utama dan terutama adalah dengan meningkatkan penjualan online.

Mulailah Fokus ke penjualan untuk memulai bisnis online

Meningkatkan Penjualan Online

Apa guna anda membuat blog? Menyisipkan iklan ? Sekali lagi, tujuan akhirnya adalah untuk bisa menghasilkan penjualan.

Dan dengan membuat blog, atau membuat video unik di Youtube, berarti anda membantu penjualan orang lain lewat menyisipkan iklan mereka. Ada harga yang harus mereka ( pengiklan ) bayar untuk dapat sebuah spot promosi di blog atau video anda.

Apakah mereka akan rugi ? Itu tergantung bagaimana strategi marketing mereka. Dalam beriklan di dunia digital , hal yang paling utama diperlukan adalah kreativitas.

Kreativitas untuk meningkatkan penjualan online

Nah, kreativitas ini juga terbagi lagi. Yakni berdasarkan segmentasi.

Ingat, anda jangan salah menempatkan kreativitas pada segmen yang tidak tepat untuk meningkatkan penjualan online.

Apa contoh nya ?

Bila anda mau berpromosi obat di dunia maya, dan punya anggaran iklan untuk membeli spot-spot tertentu di blog, pilihlah blog yang memang tepat untuk itu. Jangan pilih blog yang temanya game online.

Memang ada potensi konversi bila anda meletakkan iklan di sana. Namun sangat sedikit peluangnya. Kalaupun ada, tidak akan sebesar anda meletakkan iklan pada blog dengan segmen yang tepat seperti produk anda.

Jadi yang pertama harus dilakukan adalah : Pilih segmen yang tepat untuk produk anda dan berikan kreativitas di dalamnya.

Nah, anda sudah tahu segmen, namun bagaimana membuat iklan yang kreatif ?

Beriklan dengan biaya murah

Kalau anda mau sedikit berusaha sebenarnya, beriklan di dunia maya tidak lah mahal. Ada banyak cara meningkatkan penjualan online dengan anggaran rendah, namun hasil maksimal. Bahkan Gratis !

Apa contohnya ?

Bila anda ingin berjualan obat, bergabunglah dengan forum / grup online yang banyak membahas mengenai kesehatan. Ini cara gratis, tidak ada uang keluar sepeser pun untuk bergabung ke dalam gup selain koneksi internet anda ( wajib ) , anda bisa mencobanya.

Malah , postingan anda di grup tersebut akan terlihat seperti sebuah hadiah bagi pembacanya, kabar baik, yang lahir dari ulasan anda. Tidak tampak seperti iklan. Di sinilah anda perlu kreativitas.

Misalnya anda mau menjual obat anti jerawat. Maka bergabunglah ke grup / forum kesehatan. Entah itu di forum seperti Kaskus, grup di WA, Google Plus, Facebook, Line, BBM, dan lain sebagainya.

Referensi lain : 7 Kerugian Pasang Iklan Mandiri Di Blog

Carilah group media sosial yang tepat

Meningkatkan Penjualan Online

Carilah grup yang solid, tak mesti harus banyak jumlahnya. Yang penting orang-orang di dalam grup tersebut memang “ potensial “ membeli karena berkumpul dengan ketertarikan yang sama sehingga berpotensi meningkatkan penjualan online.

Apa gunanya anda beriklan nantinya di grup dengan jumlah member 100.000 , dan luar biasanya semua melihat, namun ternyata tidak ada konversi penjualan karena ternyata grup yang anda masuki adalah grup pecinta kucing ?

Maka jangan salah kamar. Cobalah masuk ke grup yang isinya adalah mayoritas wanita. Karena umumnya, wanita lah yang selalu memperhatikan mengenai jerawat dan risih karena nya.

Lalu , bertingkahlah seperti warga biasa. Kalau ada yang memposting , cobalah tanggapi dengan penuh antusias. Apapun pertanyaannya selama anda bisa menjawabnya, buat mereka mengenal anda sebagai orang yang “ dapat dipercaya “ .

Garis bawahi kata “ dapat dipercaya “ .

Setelah cukup lama, sekitar 3 -4 hari bergabung di grup tersebut, mulailah membuat postingan berkualitas. Yakni mengenai jerawat. Template postingannya bisa seperti ini :

Penyebab jerawat – Dampak Buruk Jerawat – Cara Mengobati Jerawat – Testimoni Produk anda.

Jangan buat seakan-akan itu iklan secara langsung . Inilah kesalahan yang banyak dilakukan seller online , tidak ahli dalam copywriting. Harusnya anda membuat kerangka artikel seperti di atas. Bukan asal posting produk nya saja.

Mulai dari kerangka posting yang paling sederhana dan semuanya berantai

Pada ulasan penyebab jerawat, anda menunjukkan simpati anda, memberi tahu beberapa tindakan keliru yang sering dilakukan dan bisa menyebabkan jerawat.

Di bagian dampak buruk jerawat, anda bisa mengulas lagi lebih dalam, dampak buruk seperti apa yang bisa dialami. Lalu tulislah cara mengatasi jerawat itu.

Setelahnya barulah anda menuliskan : “ Testimoni Produk “.

Nah, karena ini sifatnya sosial, bukan seperti koran dan media online lain, dalam berpromosi konten seperti di atas cobalah membuatnya secara terpisah. Buat postingan yang terpisah , jangan semua disatukan. Karena sifat anggota forum pada umumnya tidak suka baca artikel yang panjang-panjang.

Konten terpisah itu haruslah memancing pengguna untuk berinteraksi pada tiap postingnya. Biasanya pengguna akan berinteraksi ketika apa yang anda tulis memang mengarah kepada mereka, atau mengena karena tepat sesuai kenyataan yang mereka alami .

Interaksi untuk pembaca

Meningkatkan Penjualan Online
Woman interaction via https://pixabay.com

Interaksi juga bisa terjadi ketika konten yang anda tulis ada nada persuasif atau sedikit gertakan . Hal-hal baru yang tidak diketahui pembaca, kadang juga bisa jadi konten marketing yang tepat.

Contoh : Tahukah sista kalau sabun mandi biasa itu bisa merusak wajah ?

Nah, ini akan membuat mereka tertarik. “ Loh , kalau begitu , sabun apa yang baik bagi wajah ?” , itu pasti pertanyaan dalam hati pembaca dan mereka akan terus masuk ke dalamnya. Selama apa yang anda tulis memang subjektif dan bisa diterima dengan akal sehat, mereka akan mengiyakan .

Ingat, poin penting sebelumnya : Dipercaya

Untuk itu , perlu kemampuan copy writing yang mumpuni. Akan saya ulas lebih lanjut bagaimana membuat sebuah kampanye copy writing yang dashyat.

Setelah nya, mulailah testimoni anda.

“ Karena sabun wajah berbahaya, cobalah menggunakan obat bla..bla.bla, lumayan ampuh “

Ketika menjual produk, untuk lebih meyakinkan, anda harus pernah menggunakan produk tersebut dan mendapatkan hasilnya. Menggunakan medium foto atau bahkan video akan lebih baik lagi. Atau ada orang lain yang anda endorse dan ia membuat testimoni ke teman-temannya, ini juga bisa jadi solusi.

Saya menyarankan cara pertama bagi anda yang keuangannya tidak terlalu kuat, lagipula karena artikel ini tujuannya membuat promosi secara gratis, tidak perlu endorse atau sampai membayar orang untuk promosi.

Cara di atas ( promosi menggunakan konten marketing ) biasanya efektif meningkatkan penjualan online, setelah posting, buatlah posting seperti biasa. Tetap berinteraksi dengan sesama pengguna forum, jadilah sahabat yang baik bagi mereka. Dan saya sarankan, jangan hanya berpaku pada satu forum , jajakilah berbagai forum yang potensial.

Apakah caranya sudah selesai ?

Ya, anda tinggal menunggu konsumen datang. Ramahlah menjawab mereka, dan berikanlah metode pembayaran yang aman, cepat, dan mudah. Rekber lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan pengguna.

Bagaimana kalau cara di atas tidak efektif ?

Saya ada cara yang mungkin bisa lebih berhasil , lebih dashyat dari cara di atas, tapi itu tergantung kemampuan anda dalam membuat copywriting nya.

Buatlah sebuah project marketing “ Q & A “

Meningkatkan Penjualan Online
Model female girl via https://www.pexels.com

Apa maksudnya ?

Buatlah testimoni dengan akun yang bukan akun untuk berjualan. Bergabunglah di grup yang potensial, dan ikuti langkah-langkah awal seperti di atas.

Nah, yang membedakannya adalah materi iklan.

Bila tadi, anda membuat postingan , kali ini anda membuat pertanyaan.

Contoh : “ Saya barusan tes produk obat jerawat merek blaa..blaa , lumayan, jerawat hilangnya 1 minggu, ada yang pernah coba tidak ? “

Nah , ini akan memancing orang untuk mengetahui produk seperti apa yang dimaksud. Mereka akan bertanya pertanyaan sederhana, seperti : “ Beli dimana ? “ , atau “ Berapa harganya ? ” , bahkan mungkin ada yang berkata dengan nada menyelidiki : “ Jangan bohong , Min “ , “ Ini benar tidak “ , setiap pertanyaan itu harus anda jawab sebaik mungkin dan semeyakinkan mungkin .

Tetap ingat peran anda sebagai pemberi testimoni bukan sebagai pengiklan. Arahkan penanya tadi untuk langsung menghubungi akun jualan milik anda. Networking ini biasanya mudah menghasilkan konvers dan meningkatkan penjualan online.

Pelung penjualan pun semakin lebar bila yang anda tawarkan adalah sebuah testimoni, karena memang di Indonesia orang lebih percaya dengan hasil rekomendasi temannya daripada seller itu sendiri yang datang dan mengatakan kepada anda : “Ayo beli !” .

Untuk itulah sejak awal saya tekankan, menjadi teman dahulu bagi mereka, jualannya belakangan.

Jaga kepercayaan

Namun yang harus anda ingat, tetap jaga kepercayaan dan pertemanan dengan mereka baik sebelum maupun sesudah penjualan terjadi. Dengan begitu mereka yang merasa puas dengan produk dan service dari anda akan mengabarkan ke teman-temannya, dan calon konsumen anda akan semakin banyak saja.

Cara ini tidak hanya bisa dilakukan untuk berjualan produk obat seperti di atas, itu cumalah contoh kecil. Hampir semua produk bisa dijual dengan cara ini. Tak hanya produk, bahkan jasa juga punya peluang yang besar .

Misalnya anda menjual jasa rekber ( rekening bersama ) di grup yang temanya jual beli. Maka, kemungkinan besar anda akan dilirik, karena hampir segala sesuatu yang bersifat jualan online membutuhkan kepercayaan, dan dengan hadir menawarkan hal itu, anda dapat menjadi penengah dan dipakai sebagai medium dalam bertransaksi.

Penutup

Nah, di atas sudah saya jabarkan secara sederhana bagaimana meningkatkan penjualan online hingga 100 % secara gratis. Dengan adanya modal sebenarnya anda juga dimudahkan, karena kesulitan seperti menulis ( copywriting ), target pembacanya sudah dicustom secara professional oleh jasa yang anda pakai.

Salah satu blog inspiratif, adalah Klikmania.net ini, juga membuka jasa review, dan telah menghandel berbagai brand besar di Indonesia.

Namun jika anda belum punya modal memadai, cobalah untuk berkreasi sendiri. Jalani lah sambil belajar agar lebih baik setiap harinya.

Semoga kiat di atas berguna bagi anda ! Kabari saya kalau berhasil, ya !


Loading...

Bagikan

Penulis

Andre Zalukhu
Andre Zalukhu
Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !
Andre Zalukhu

Penulis

Gagal Adalah Bukti Eksistensi, Tiada Hari Tanpa Mencoba Lagi. Penulis adalah seorang blogger aktif , baru memulai aktivitas blogging di tahun 2016. Penulis adalah seorang full timer blog, sebelumnya cuma seorang pelajar yang lelah dengan nuansa akademik yang kaku. Sedang progress mengelola 10 blog dengan niche berbeda. Penulis dapat ditemukan di blog pribadinya, www.andrezalukhu.com. Blog pribadi memang jarang ditulis, namun segera diisi untuk perkenalan yang langgeng . Terima kasih atensinya. Keep posting !

Komentar

    Avatar

    Artikelnya sangat top sekali akan saya coba terapkan pada tempat penjualan saya, semoga dengan menerapkan tips dan trik dari anda saya akan berhasil juga. Terimakasih gan, semangat trus untuk menulis artikel yang bermanfaat seperti ini agar banyak orang yang sukses pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *