Tekno

Menkominfo Sebut Indonesia Akan Punya Unicorn Baru, Ruangguru Pak?

Unicorn Kelima Kabarnya Datang dari Startup Pendidikan

Menkominfo pernah mengatakan jika Indonesia akan segera memiliki unicorn baru. Itu artinya, Indonesia akan segera memiliki 5 unicorn setelah sebelumnya sudah memiliki 4 unicorn. Dilansir dari Katadata, dalam dua bulan ke depan, satu startup Indonesia akan segerea naik tingkat menjadi unicorn alias memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dolar AS.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa nama startup tersebut? Menkominfo sendiri pernah menyampaikan sedikit bocorannya kepada publik jika startup yang akan segera naik tingkat itu merupakan startup yang bergerak di bidang pendidikan.

Jika bocoran yang disampaikan Menkominfo itu dari dunia pendidikan, mungkinkah startup yang dimaksud adalah Ruangguru? Semuanya belum diketahui. Namun dari startup pendidikan yang ada, nama Ruangguru menjadi kandidat yang paling kuat jika memang benar berasal dari dunia pendidikan.

Ruangguru Enggan Berkomentar

Meski digadang-gadang akan segera menjadi unicorn baru, pihak Ruangguru enggan berbicara banyak kepada publik. Adamas Belva Syah Devara selaku CEO dan pendiri Ruangguru hanya mengatakan bahwa perusahaannya saat ini tengah menggalang pendanaan, seperti yang dikutip dari Katadata.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya untuk mendapatkan investor tidaklah mudah. Startup harus benar-benar memberi manfaat dan memiliki prospek bisnis untuk ke depannya. Pemerintah pun ternyata juga turut mengundang para investor untuk datang ke Indonesia.

Menkominfo mengatakan jika para investor diundang untuk menyuntikkan modal ke startup dalam negeri. Bahkan pemerintah mengundang 25 hingga 30 perusahaan modal ventura dari Jepang untuk dipertemukan dengan startup lokal di Bali pada bulan Oktober mendatang.

Unicorn Baru Bukan dari Pendidikan

Dalam laporan startup 2018, Dailysocial menempatkan OVO di posisi kelima tepat di bawah Bukalapak sebagai calon unicorn baru di Indonesia. Dalam laporannya, valuasi OVO menjadi nilai valuasi yang paling mendekati 1 miliar dolar AS.

Di data tersebut juga disebutkan jika Ruangguru masih berada cukup jauh dari OVO. Bahkan Finance Asia mengatakan jika OVO saat ini sudah menjadi unicorn karena nilai valuasinya sudah mencapai 2,9 miliar dolar AS.

Pihak OVO sendiri juga tidak menolak jika mereka sudah menjadi unicorn di Indonesia saat ini. Bahkan CNBC Indonesia juga sudah membuat video eksklusif dengan judul “Sah! OVO Sudah Jadi Unicorn.” Namun sampai saat ini, pemerintah RI masih belum mengakuinya secara resmi.

Baca juga: Ingin Kudeta GoPay, Grab Rencanakan Merger OVO dan DANA

Jadi, sampai saat ini unicorn Indonesia masih ada empat saja, yaitu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan juga Bukalapak. Jika melihat data yang disampaikan Finance Asia, harusnya OVO sudah menjadi unicorn kelima dari Indonesia.

Adapun jika kita melihat data dari laporan startup 2018 milik Dailysocial, maka OVO menjadi startup yang paling mendekati status atau berhak naik tingkat menjadi unicorn. Jadi, menurut Anda manakah perusahaan rintisan yang akan menjadi unicorn kelima dari RI?


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close