Review Produk

Mobil MPV Terbaik untuk Mudik Lebaran 2020 Bersama Keluarga

Mobil MPV Terbaik – Kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah tipe mobil yang terbilang cukup diminati di pangsa pasar khususnya Indonesia. Fungsinya sebagai pengangkut penumpang dan barang membuatnya sebagai alternatif kendaraan keluarga terbaik.

Bukan hanya itu, tipe MPV juga sesuai dengan kultur kendaraan keluarga di Indonesia. Yang umumnya mempunyai jumlah anggota keluarga lebih dari dua dan gemar bepergian.

Salah satu mobil MPV terbaik yang cukup legendaris di Indonesia ialah Toyota Kijang. Mempunyai kabin yang luas, Toyota Kijang sesuai untuk keadaan jalur di Indonesia. Wajar jika di zamannya, Kijang menjadi kendaraan keluarga terbaik.

Tetapi sekarang, alternatif mobil 7 seater terbaik berjenis MPV memang bermacam-macam. Untuk memutuskan mana kendaraan keluarga murah terbaik cukup susah. Kini ada Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina yang mulai merebut pasar Innova.

Pilihan kelengkapan fitur jadi salah satu tawaran menarik yang pantas untuk dilirik. Interior yang cantik dan nyaman dapat menjadi opsi untuk mewujudkan kenyamanan berkendara.

Anda yang suka menjelajah luar kota atau sekedar untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran tidak ada salahnya mengedepankan aspek ini.

mobil MPV terbaik

Kelebihan mobil MPV untuk Mudik maupun Perjalanan Luar Kota

Dari segi penggunaan, disamping banyak dipakai untuk mobilisasi sehari-hari, rupanya MPV juga menjadi kendaraan unggulan untuk pulang ke kampung halaman atau mudik.

Opsi pemudik memilih untuk memakai MPV terkait dengan beberapa kelebihan yang dimiliki. Apa saja kelebihan yang ditawarkan MPV sebagai kendaraan mudik?

1. Kapasitas penumpang lebih banyak

Bagi mereka yang hendak mudik bersama keluarga, hal pertama yang harus menjadi perhatian khusus ialah seputar kapasitas penumpang. Bayangkan jika pada saat mudik terdapat enam hingga delapan anggota keluarga yang turut serta.

Tentu kalau Anda memakai sedan atau hatchback, pasti tidak akan muat dengan jumlah orang sebanyak itu. Beda halnya jika Anda memakai MPV. Berbeda dengan kendaraan tipe lainnya, MPV mempunyai kapasitas muat penumpang lebih banyak, yaitu 7-8 orang.

2. Ruang lebih luas untuk barang

Sesudah kapasitas penumpang, hal berikutnya yang wajib diperhatikan ialah kapasitas tampung untuk barang. Barang bawaan ini umumnya berupa tas koper, oleh-oleh, maupun peralatan mudik lainnya. Jangan sampai terjadi barang-barang itu mengganggu kenyamanan perjalanan.

Faktanya, banyak pemudik yang meletakkan barang-barang di area duduk atau ruang kosong dekat pijakan kaki. Alih-alih menikmati perjalanan, penumpang akan terganggu dengan adanya barang-barang itu.

Untungnya, MPV mempunyai kabin khusus untuk meletakkan barang di bagian belakang. Di samping itu, bagian tersebut juga dapat diberikan tambahan cargo net. Lembaran jaring ini berfungsi untuk mencegah barang jatuh ketika pintu belakang dibuka.

3. Nyaman untuk berkendara jarak jauh

Mengemudi lama untuk perjalanan jauh seperti mudik tak dapat disepelekan. Untuk itu, kenyamanan berkendara menjadi unsur penting yang harus dicermati.

Dengan ukuran kabin yang cukup luas dan kapasitas penumpang yang lebih banyak, MPV dapat memberikan kenyamanan lebih bagi pemudik, terlebih jika pergi dengan 4-5 orang saja. Mereka dapat mempunyai ruang lebih untuk rehat, semisal tidur atau sekedar berselonjor.

4. Aman melintasi genangan air

Memilih kendaraan yang akan dipakai untuk mudik maupun perjalanan jauh lainnya tidak cukup dengan memperhatikan model dan fungsi untuk mengangkut orang saja.

Satu hal lain yang harus dicermati yaitu kesanggupannya untuk melalui beragam medan jalanan, contohnya jalur bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Untuk itu, kendaraan yang mempunyai ground clearance tinggi seperti MPV dapat menjadi pertimbangan khusus.

5. Harga yang kompetitif

Salah satu unsur utama yang menjadikan mobil MPV andalan banyak keluarga Indonesia yaitu harganya yang terbilang relatif murah. Anda dapat membeli MPV terkini mulai dari 130 jutaan.

Dengan semakin banyaknya situs-situs jual beli mobil melalui sistem online terpadu yang dipakai, Anda tidak perlu lagi bersusah payah mencari info mobil bekas yang ingin dibeli. Cara transaksinya cukup gampang sebab semua proses transaksi akan dibantu oleh personal assistant (PA).

Setelah melihat beberapa kelebihan dari mobil MPV, tidak ada salahnya jika anda melirik mobil jenis ini untuk keperluan mudik lebaran anda. Berikut rekomendasi beberapa mobil MPV terbaik dengan beragam harga yang ditawarkan produsennya.

Daftar harga Mobil MPV Terbaik 2020

1. Toyota Avanza

mobil MPV keluarga terbaik

Sempat mendapat predikat sebagai mobil sejuta ummat, kini Toyota Avanza menghadirkan series terbarunya. Dengan mengusung embel-embel new, mobil keluarga Toyota Avanza series ini hadir lebih ciamik dari seri-seri sebelumnya.

Tampangnya sendiri jauh lebih elegan kalau kita bandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk mengantar perjalanan Anda, kendaraan keluarga terbaik ini menghadirkan layar berukuran 6,1 inci.

Tak mau terkesan main-main dengan jagoan terbarunya ini, Toyota ikut menyematkan sejumlah fitur keamanan berupa side-impact beam, key immobilizer, dan SRS Airbag pastinya. Sebagai penggerak, bersemayam mesin 1329 cc yang telah dilengkapi teknologi Dual VVT-I.

Baca juga : Harga Toyota Avanza Terbaru dengan Segala Keunggulannya

2. Daihatsu Grand New Xenia

mobil MPV untuk keluarga terbaik

Seakan tak mau tertinggal dengan para rivalnya di kelas ini khususnya pesaing beratnya Toyota Avanza, Daihatsu ikut mempersembahkan generasi terkini X sebagai versi facelift, Daihatsu Grand New Xenia edisi terkini sudah dijejali dengan sejumlah fitur keselamatan berupa Immobilizer, Dual SRS airbag, Side Impact Beam, dan alarm system.

Tak tanggung-tanggung, Daihatsu ikut membenamkan mesin berteknologi Dual VVT-i yang membuatnya jauh lebih irit bahan bakar.

Banderol harga yang relatif lebih murah, menjadikan Grand New Xenia memperoleh predikat salah satu kendaraan MPV terbaik yang ada di pasaran sekarang ini.

3. Toyota Kijang Innova

mobil MPV terbaik

All New Kijang Innova ini diperkirakan sebagai mobil MPV terbaik daripada seri-seri pendahulunya. Dengan ruang kabin yang cukup lega, kendaraan 7 penumpang paling nyaman untuk keluarga ini sudah dijejali tiga deret tempat duduk empuk yang elegan.

Bukan cuma interiornya saja yang kental dengan kesan elegan, kendaraan MPV ini juga sudah dipersenjatai sejumlah instrumen panel modern. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, Anda dan keluarga bakal nyaman meski berada di jalan selama berjam-jam.

Yang juga cukup menarik, Kijang All New Innova ini juga sudah dilengkapi dengan sederet fitur hiburan. Salah satunya yakni layar berukuran 8 inci yang pastinya bakal menjadikan perjalanan Anda jauh dari kata membosankan.

Untuk menambah sisi keindahan, Kijang All New Innova dilengkapi dengan kaki-kaki berukuran 16 inci, dan 17 inci untuk versi Q Diesel. Dapur pacunya sendiri ditenagai oleh mesin berkapasitas 1998 cc dan 2393 cc untuk varian diesel.

4. Suzuki All New Ertiga

mobil MPV terbaik

Desainnya yang berubah lebih sempurna daripada MPV seri pertama menjadikan All New Ertiga kelihatan lebih maskulin. Tampang depan dengan gril yang berbeda menjadikan All new Ertiga tampak lebih dinamis.

Yang kelihatan mencontek ada pada komponen lampu belakang. Sebab mirip dengan lampu belakang expander. Secara tongkrongan All New Ertiga dapat menjadi salah satu alternatif kendaraan MPV terbaik tahun ini.

Mesinnya sanggup menghasilkan daya 103,2 Tk pada 6.000 rpm dan sanggup mencapai torsi hingga 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk 4 percepatan transmisi otomatis dan 5 percepatan transmisi manual.

5. Wuling Formo

mobil MPV terbaik 2020

Meski masih tergolong baru di pasar Indonesia, Wuling tidak ragu untuk meluncurkan salah satu MPV terbaiknya bernama Formo.

MPV ini mempunyai utilitas komersial yang cukup menjanjikan. Menarget segmentasi pengguna, Wuling Formo diperuntukkan untuk pengusaha kecil hingga menengah.

Wuling Formo memakai mesin berkapasitas 1.200cc dengan empat silinder. Untuk daya penggerak diserahkan pada roda belakang alias RWD. Kekuatannya sanggup menghasilkan 77,5 dk dengan torsi hingga 110 Nm.

6. Mitsubishi Xpander

mobil MPV terbaik xpander

Kemunculan Mitsubishi Xpander sempat mengguncang pasar otomotif dan para pesaingnya menjadi ketar ketir. Bagaimana tidak, kendaraan MPV terbaik untuk keluarga ini dijual dengan harga yang terbilang relatif murah.

Dengan semua fitur yang disematkan, Xpander dapat menjadi kendaraan keluarga paling nyaman dengan harga relatif terjangkau.

Mitsubishi Xpander diklaim sebagai mobil 7 seat paling nyaman berkat kabin yang luas. Di tempat duduk baris kedua, Mitsubishi menyediakan sandaran tangan yang akan menjadikan penumpang merasa lebih rileks.

Dari sisi keselamatan, Mitsubishi Xpander dilengkapi beragam fitur safety seperti adanya kamera belakang, smart system etacs, tilt and telescopic steering dan sebagainya.

7. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina

Sebagai salah satu kendaraan 7 seater terbaik untuk keluarga, Nissan All New Grand Livina juga mempunyai tiga baris tempat duduk yang nyaman.

Menariknya, tempat duduk baris kedua dan ketiga bisa Anda tekuk, sehingga ruang kabin menjadi lebih luas. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, Anda tentunya bisa memuat lebih banyak barang ketika mengadakan perjalanan jauh.

Kecanggihan mobil ini semakin komplit dengan ikut hadirnya fitur Dual SRS Airbags dan Rearview Camera. Nissan All New Grand Livina sendiri sudah dijejali dengan mesin HR15DE untuk mendongkrak performanya.

Di samping itu, Nissan juga ikut menghadirkan fitur Dual Injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust) kedalam jeroan mesin All New Grand Livina.

8. Honda Mobilio

mobil MPV terbaik honda mobilio

Elegan tetapi tetap memberikan kesan sporty. Itulah impresi yang diperoleh saat pertama kali memperhatikan kendaraan MPV terbaik kelas bawah besutan Honda ini.

Ruang kabin yang luas menjadi salah satu senjata pamungkas Honda Mobilio untuk bersaing dengan para rivalnya.

Sebagai salah satu kendaraan MPV terbaik yang ada, Honda melengkapi Mobilio dengan tiga baris tempat duduk seperti para pesaingnya.

Untuk keamanan ketika berkendara, mobil 7 penumpang paling nyaman ini mempunyai fitur Dual SRS airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang di depan dari benturan keras.

Laju Mobilio bisa berhenti sekejap tanpa perlu kuatir terguling berkat ikut hadirnya sistem pengereman ABS plus EBD. Dan untuk melahap aspal jalan perkotaan, Honda membenamkan mesini-VTEC berkapasitas 1.5L.

Honda Mobilio sendiri tersedia dalam dua varian berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan, yaitu transmisi manual dan versi transmisi matik.

9. Suzuki APV

mobil MPV terbaik APV arena

Suzuki APV merupakan kendaraan MPV dengan jenis mobil van dimana wujudnya yang khas yaitu berbentuk sudut kotak. Mobil MPV dari Suzuki ini terbilang sebagai salah satu kendaraan keluarga terbaik yang nyaman untuk dikendarai. Mobil Suzuki APV ini sanggup memuat 7 sampai 8 orang penumpang.

Suzuki APV ini mempunyai keunggulan di ukuran atap kendaraan dan legroom yang terbilang cukup luas sehingga para penumpang yang menaikinya juga akan lega dan nyaman duduk di dalam mobil Suzuki APV.

10. Wuling Confero S

mobil MPV terbaik Confero S

Brand Wuling makin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pabrikan asal Tiongkok ini memang mulai serius merambah pasar Tanah air. Untuk kelas MPV, Wuling telah merilis 2 kendaraan MPV murah untuk keluarga Indonesia, yakni Wuling Confero dan Confero S.

Khusus untuk Confero S menjadi kendaraan MPV terbaik dari Wuling dengan desain sporty. Mobil MPV ini telah dilengkapi fitur menarik seperti Day Running Light (DRL), Projector Lamp, two-tone velg, dan side-body molding.

Dilihat dari sisi kinerja, Wuling Confero S ditenagai kapasitas mesin sebesar 1.500 cc, yang memberikan daya 107 HP pada 5.800 rpm. Kecuali itu, torsi maksimum 142 Nm di 3.800 hingga 4.400 rpm dengan transmisi manual lima-percepatan.

11. Daihatsu Sigra

mobil MPV terbaik Sigra

Kendaraan MPV ini tergolong laris berkat harganya yang relatif murah. Di samping itu, Daihatsu Sigra juga menawarkan kinerja dan fitur terbaru.

Serupa dengan fitur mobil MPV di atasnya. Desain ekteriornya betul-betul stylish dan mempunyai desain interior yang mewah. Ditunjang ruang kabin yang luas menambah kenyamanan berkendara dengan kendaraan ini.

12. Toyota Calya

Mobil MPV terbaik

 

Toyota Calya menjadi mobil MPV termurah dari Toyota Avanza. Spesifikasinya sendiri mirip dengan Daihatsu Sigra termasuk dimensinya. Calya menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda.

Kenyamanan kendaraan ini ditunjang power window di keempat pintu yang dapat dikontrol seluruhnya dari pintu pengemudi, electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan koneksi bluetooth, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan juga wiper belakang.

Kendaraan ini juga sesuai untuk menjadi kendaraan keluarga dengan pemakaian ruang kabin yang luas.

Demikian daftar beberapa mobil MPV terbaik yang bisa anda jadikan pilihan untuk menemani perjalanan anda mudik ke kampung halaman pada lebaran nanti maupun untuk liburan ke luar kota bersama keluarga anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close