Tips Mencari Kerja

Lagi Nyari Kerja? Ini Dia Tips Mencari Kerja yang Baik

Tips Mencari Kerja yaAssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Mencari pekerjaan merupakan suatu perkara yang mungkin susah-susah gampang. Dan ya, memiliki suatu pekerjaan memang mengasyikkan, kita mendapatkan gaji, kita salurkan gaji tersebut untuk penghidupan keluarga, kalau gaji ada sisa atau lebih yang banyak kita bisa salurkan ke orang yang sedang membutuhkan.

Namun sering kali orang yang belum punya kerja menginginkan pekerjaan yang baik, karena tentu pekerjaan yang baik atau halal dapat membuat tenang. Dan pada pembahasan kali ini kita bakal mengulas tentang beberapa tips mencari tempat kerja yang baik. Namun mungkin tips di artikel ini tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, karena tentunya setiap orang memiliki selera pekerjaan masing-masing.

Namun di sini saya ulas sebagian besarnya saja sehingga memungkinkan semua orang dapat mengambil manfaat dari isi artikel ini.

Lalu, Apa Saja Tips Mencari Kerja yang Baik?

Tips Mencari Kerja

Ada banyak cara atau tips yang bisa kamu gunakan di artikel ini untuk dapat memiliki pekerjaan yang baik. Nah, tentunya kita sepakat, apapun yang ingin kita lakukan, tentunya kita membutuhkan suatu usaha.

Termasuk mencari tempat kerja yang baik, jadi jangan mengeluh atau heran ketika kamu ingin mendapatkan suatu pekerjaan yang baik namun banyak keringat yang bercucuran dari kerja keras kamu. Ingat, itu baru nyari kerjanya, belum lagi pas sudah bekerja.

Namun begitulah dunia, kita harus sebisa mungkin bersabar dan selalu berusaha menanam kebaikan biar kelak kita bisa memanen hasilnya yang bagus.

Mungkin sudah panjang kata saya ketik, maka dari itu langsung saja saya mulai, ini dia tips mencari tempat kerja yang baik.

Loading...

Namun sebelum itu, saya ingin sampaikan 3 rumus penting sebelum kamu mencari kerja.

a. Berdoa

Doa merupakan awal ketika kita akan melangkah. Maka dari itu cobalah untuk berdoa sebelum kamu memulai mencari pekerjaan sehinga nanti pekerjaan dapat dimudahkan oleh Allah, InsyaAllah.

b. Berusaha

Setelah doa, hendaknya tentunya kita berusaha. Berusaha pergi ke sana-sini untuk melamar pekerjaan, dan berusaha untuk selalu pantang menyerah.

c. Tawakal

Hendaknya apabila kita sudah mendapatkan sebuah pekerjaan, dan kita belum tau apakah kita diterima atau belum, maka langkah selanjutnya adalah dengan tawakal.

Nah, tiga rumus tersebut perlu kamu simpan baik-baik ya. Sekarang mari kita ke pembahasan utama.

1. Cari Perusahaan yang Memproduksi Produk yang Bermanfaat

Tips Mencari Kerja yang Baik yang pertama adalah dengna mencari perusahaan yang memproduksi produk yang memiliki manfaat. Apabila suatu perusahaan atau tempat kerja aktif dalam memproduksi berbagai macam produk yang bermanfaat, maka tentunya perusahaan tersebut kemungkinan besar memiliki kualitas yang bagus, entah itu di bagian para karyawannya, bahkan mungkin para pemimpin perusahaannya.

Dan anda tau sendiri mana saja perusahaan yang sekarang ini memproduksi berbagai macam produk yang bagus. Dan kalau kamu belum tau, biar saya kasih tau berbagai macam referensinya:

  1. Yufid Store. Yang merupakan sebuah toko online yang menyediakan berbagai macam perlengkapan sholat, ada pula buku-buku Islami, gamis, dan yang lain sebagainya. Kamu bisa menjadi seorang sales di Yufid Store ini.
  2. Sintesa. Sebuah pesantren atau pondok yang fokus pada pembahasan tentang agama, dan internet marketing, kamu bisa menjadi seorang guru disana.
  3. Pondok Programmer. Hampir mirip seperti Sintesa hanya saja di Pondok Programmer berfokus pada bidang agama dan juga pemrograman, jadi bagi kamu yang ahli pada bidang programming bisa saja menjadi seorang guru disana.

Nah mungkin kamu tertarik dengan salah satu dari ketiga perusahaan diatas kamu bisa mengunjungi situsnya dan menghubungi mereka.

Namun tentu ada banyak perusahaan yang lainnya yang memproduksi produk yang berkualitas dan baik, maka dari itu cobalah mencari-cari dan action.

Baca : Beberapa Peluang Bisnis Bagi Para Programmer yang Mungkin Cocok buat Kamu

2. Bergaul Bersama Orang Mapan + Baik

Tips Mencari Kerja yang Baik yang kedua adalah dengan cara memiliki teman yang mapan dan juga baik. Bergaul atau memiliki kenalan dengan orang yang mapan sekaligus orang yang baik atau shaleh merupakan suatu anugrah yang harus kamu syukuri, pasalnya kamu bisa bertanya dengan dia tentang pekerjaan yang pas untuknya, namun tentunya pekerjaan yang baik di perusahaan yang baik pula.

Kamu harus jelih atau akrab dengan mereka, namun dengan niatan baik tentunya, jangan sampai kamu berteman dengan mereka para orang baik dengan niatan jelek, ya semoga saja tidak ya.

Lalu dimana saya bisa mendapatkan orang-orang dengan tipe demikian? Mungkin gampang-gampang susah. Namun sungguh, ketika kamu mendapatkan 1 teman yang baik dan mapan saja, kamu harus bersyukur dan gunakan teman kamu tersebut sebagai penasihat kamu dan pertahankan pertemanan kamu dengannya, InsyaAllah kedepannya kamu dan teman kamu tersebut menjadi teman selamanya, baik mungkin saya sudah terlalu jauh melontarkan kata-kata indah.

3. Buat Portfolio Berisi Produk yang Baik

Tips Mencari Kerja yang Baik yang selanjutnya adalah dengan membuat portfolio yang berisi produk yang baik dan berkualitas. Memproduksi produk yang baik maka akan mendapatkan yang baik-baik pula, Insya Allah.

Maka dari itu cobalah untuk selalu membuat suatu karya dan kumpulkan karya-karya milikmu tersebut menjadi suatu portfolio, kemudian cobalah untuk mempromosikan portfoliomu tersebut sehingga nantinya memiliki kemungkinan besar para perusahaan melirik portfolio kamu dan tertarik untuk merekrut kamu menjadi pekerjanya.

Dan tentunya, sebelum kamu direkrut oleh suatu perusahaan, cobalah tanya-tanya seluk beluk dari perusahaan tersebut, sehingga nantinya kamu dapat mengetahui apakah perusahaan itu baik atau tidak. Dan memang untuk mengetahui hal tersebut kamu harus tanya-tanya dengan strategi yang pas agar si pihak perusahaan tidak merasa tersinggung, dan juga agar kamu dapat mendapatkan informasi yang memadai tentang perusahaan tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat portfolio? Baik, misalkan kemampuan yang kamu punya adalah sebagai web designer atau web developer, maka cobalah untuk membuat website atau desain web yang bagus, kemudian kamu bisa upload karya atau desainmu tersebut di hosting milikmu yang tentunya sebelumnya kamu bisa membeli hosting.

Sedangkan untuk melakukan promosi, kamu bisa mempromosikan portfoliomu di berbagai sosial media dan juga kalau tidak salah ada satu social media yang dikhususkan untuk para web deiner atau programmer yang mungkin kamu bisa mengupload karya-karya kamu disitu sehingga semakin banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan yang baik.

4. Selalu Up to Date

Tips Mencari Kerja yang Baik yang ke-4 adalah dengan selalu update terhadap berita-berita sekarang. Update merupakan suatu hal yang mungkin penting dalam hal ini. Pasalnya apabila kamu tidak update maka tentunya kamu akan ketinggalan berita. Sehingga saya himbau agar kamu rajin update entah itu lewat media sosial, lewat berita-berita di internet atau koran, atau pun lewat berbagai media yang lainnya.

Nah fungsi up to date ini menurut saya penting, sehingga kamu nantinya dapat mengetahui berbagai informasi tentang lowongan pekerjaan. Karena sekarang ini mungkin sudah banyak perusahaan yang kreatif dalam mencari pekerja, yakni dengan memanfaatkan media sosial, TV, radio, atau pun flyer dan poster.

5. Belajar Hal yang Baik

Tips Mencari Kerja yang Baik yang selanjutnya adalah dengan belajar tentang berbagai hal yang baik. Sama seperti di poin ke-4, kamu juga harus mempelajari hal-hal yang baik, nah apabila kamu memiliki kemampuan yang baik, kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang baik pula, Insya Allah. Karena saya yakin suatu kemampuan yang baik dapat dimanfaatkan untuk hal yang baik pula.

Maka dari itu cobalah mulai sekarang kita belajar hal yang baik-baik biar hasilnya pun baik. Kamu bisa memulai belajar bahasa pemrograman apabila kamu ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Atau kamu bisa juga mempelajari sistem pertanian apabila kamu ingin bekerja sama dengan para petani, dan masih banyak lagi pelajaran-pelajaran yang baik untuk kamu agar dapat melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

Penutup

Baiklah, sekian artikel ini saya sampaikan, saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau hal yang membuat kamu tersinggung. Semoga sukses, terima kasih.


Loading...

Bagikan

Abdullah

Penulis

Hanya seorang muslim biasa.

Komentar

    Avatar

    meitri

    ( - 02:19)

    jaman sekarang mencari kerja sangat sulit, kudu lebih sabar dan tidak boleh habis semangatnya dalam mencari kerja

      abimanyu17

      abimanyu17

      ( - 22:39)

      Betul 🙂 Tapi ingat jangan patah semangat, tetep tingkatkan iman nan takwa, karena walau miskin tetap gak putus asa, dan kalau pun kaya tetap gak bangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *