Olahraga Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangtritis

Nikmati Sensasi Olahraga Sandboarding Di Gumuk Pasir Parangtritis

Olahraga sandboarding merupakan salah satu aktivitas yang sangat menarik untuk Anda nikmati saat ada di kawasan Parangtritis, Yogyakarta.

Bukit pasir pantai yang sangat luas memang membuat sebagian besar penggemar olahraga sandboarding sangat leluasa untuk menikmati setiap momen yang jarang untuk didapatkan di daerah lain.

Bisa terbayangkan Anda berjalan di gurun pasir layaknya di Mesir?

Untuk sebagian orang, gurun pasir memang merupakan sebuah pemandangan yang sangat luar biasa dan juga sangat jarang ditemui. Hal ini karena terdapat faktor geografisnya.

Namun jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, maka Anda bisa merasakan sensasi bermain di gurun pasir yang luas.

Baca juga30+ Tempat Wisata Jogja Terindah dan Keren yang paling Populer

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis

Gurun pasir di Parangtritis ini sendiri sering disebut dengan gumuk pasir dan merupakan satu – satunya di Asia Tenggara. Lokasinya sendiri ada di sepanjang muara Sungai Opak sampai dengan Pantai Parangtritis.

Untuk sampai di lokasinya sendiri tidak terlalu sulit. Karena jika Anda sedang ada di pusat kota Jogja ataupun di kawasan Malioboro, maka Anda hanya perlu menuju ke Pantai Parangtritis.

Loading...

Untuk jalannya sendiri tinggal lurus saja sampai nantinya sampai di pintu gerbang atau bisa dibilang tempat pembayaran retribusi.

Tidak jauh dari sana nantinya Anda sudah bisa melihat gundukan pasir yang ada di sisi kanan jalan.

Terjadinya Gumuk Pasir

Gumuk pasir yang ada di Parangkusumo ini sendiri merupakan sebuah fenomena alam yang hanya dapat di temui di Parangtritis dan juga Meksiko.

Keberadaannya sendiri tidak terlepas dari keterkaitan dengan Gunung Merapi, Sungai Opak dan Pantai parangtritis.

Untuk pasir – pasirnya sendiri berasal dari material abu vulkanik yang merupakan erupsi dari Gunung Merapi. Selanjutnya terbawa aliran Sungai Opak hingga pada akhirnya sampai ke muara Pantai Parangtritis.

BacaLava Tour Merapi: Destinasi Wisata Yogyakarta yang Memicu Adrenalin Anda

Setelah itu karena terombang – ambing ombak, akhirnya terkikis dan berubah menjadi debu yang halus. Kemudian saat kering beterbangan karena angin menuju kawasan pinggir pantai.

Proses tersebut terjadi terus menerus dengan kurun waktu ratusan tahun sehingga membentuk gundukan pasir itu sendiri.

Menikmati Olahraga Sandboarding

olahraga sandboarding

Gumuk Pasir ini sendiri sering kali dijadikan sebagai lokasi pemotretan, pembuatan video klip, shooting film, FTV ataupun sinetron.

Namun Anda juga bisa bermain olahraga sandboarding ditempat ini. Anda nantinya bisa merasakan sensasi meluncur sepanjang 200 meter dengan ketinggian 20 meter menggunakan papan seluncur.

Untuk keamanannya tidak perlu khawatir karena sudah diberikan pengaman seperti pengaman untuk siku, lutut dan juga helm dari pengelola.

Waktu yang tepat untuk bermain olahraga sandboarding ini sendiri adalah di sore hari mulai dari jam 4 sampai 6 sore karena tidak terlalu panas dan bisa melihat matahari terbenam jika cuaca mendukung.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp 4.750,-, namun belum termasuk parkir.

Dan untuk Anda yang ingin bermain olahraga sandboarding, maka perlu membayar biaya sewa papan sebesar Rp 70.000,- sampai dengan Rp 150.000,- per orangnya.

Harga ini tergantung dari durasi permainannya sendiri dan juga sudah termasuk untuk alat pengamanan.

Jadi untuk Anda yang ingin liburan dengan sensasi yang berbeda, maka bisa mencoba untuk datang ke Gumuk Pasir Parangtritis dan nikmati permainan olahraga sandboarding.

Atau hanya sekedar berjalan santai dan berfoto – foto selfie ria sambil menikmati indahnya hamparan pasir.


Loading...

Bagikan

DianIsmoyo

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *