Internet

Wisata Alam Jejaki Indahnya Panorama Gunung Galunggung

Gunung Galunggung tidak cuma terkenal karena menyandang peringkat sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat. Melainkan juga berkat pesona keindahan alam disekitarnya yang masih begitu alami nan asri. Kawah yang menjadi saksi bisu sejarah meletusnya gunung Galungung pada tahun 1982. Kini turut menjadi salah satu panorama elok, sebagai tempat wisata.

Para pengunjung kini bisa melihat kawah lebih dekat, dengan menuruni tangga menuju kawah yang kini sudah menjadi danau.

Namun untuk bisa melihat dan mencapai  kawah yang berada di puncak gunung, para wisatawan harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai ratusan. Memang cukup melelahkan, apalagi bagi pengunjung yang tidak terbiasa berolahraga.

Tingginya jarak dengan kemiringan tangga yang nyaris mencapai 45 derajat, cukup membuat kaki terasa sangat pegal, sehingga para wisatawan harus berhenti beberapa kali sebelum akhirnya tiba di puncak gunung.

tangga-gunung-galunggung

Namun ketika dapat mencapai puncaknya, rasa lelah, kaki yang terasa pegal, serta kehabisan tenaga. Seolah lenyap, terobati saat melihat danau kawah yang indah, serta eloknya pesona alam disekitar Gunung Galunggung dari ketinggian.

Bagi Anda yang kebetulan tidak membawa perbekalan makanan atau minuman, tidak perlu merasa khawatir. Sebab saat mencapai puncak gunung Galunggung, sudah ada para pedagang yang mensajikan makanan dan minuman di sana.

pdagang-di-gunung-galunggung

Loading...

Tidak cuma danau kawah di puncak gunung yang menjadi daya tarik wisatawan. Tempat mandi air panas berupa kolam besar dan beberapa kolam kecil yang telah disediakan pihak pengelola wisata, serta sungai kecil alami yang juga mengalirkan air panas, dapat memanjakan Anda untuk berendam ataupun mandi sembari menikmati hangatnya air panas alami gunung Galunggung.

Galunggung By Imam Syaefulloh via Google Maps

Menurut pihak pengelola tempat wisata tersebut, pada hari libur dan hari-hari besar biasanya Gunung galunggung dipenuhi oleh para wisatawan lokal. Dari sekian banyak wisatawan yang berkunjung, sebagian besar diantaranya sengaja datang untuk mandi atau berendam di air panas. Sebab mereka percaya bahwa dengan berendam di air panas Gunung Galunggung dapat menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Tujuh Curug

Lokasi lain yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi yaitu curug yang jumlah semuanya ada tujuh curug. Dalam istilah bahasa Indonesia, curug dapat diartikan sebagai air terjun. Ketujuh curug ini masih berlokasi di dalam area Gunung Galunggung.

Hanya saja tempatnya yang memang terpisah, untuk bisa sampai ke lokasi tujuh curug tersebut, Anda tentunya harus mengunjungi satu per satu, mulai dari curug satu hingga sampai curug yang ketujuh.

gunung galunggung

Menurut cerita masyarakat disekitar Galunggung, selain dapat digunakan untuk mandi dan berendam atau sebagai tempat berpoto ria. Hingga saat ini, ketujuh curug tersebut juga masih diyakini dan digunakan untuk melakukan acara ritual pada waktu tertentu oleh sebagian orang.

Di sisi lain guna memberikan rasa aman dan kenyamanan berkendara bagi para pengunjung. Pihak parwisata setempat telah mengalokasikan area khusus sebagai lahan parkir kendaraan roda empat maupun roda dua.

Berdekatan dengan area parkir itu juga, terdapat banyak kios kecil dimana para pedagang lokal menjual beragam barang dan kerajinan khas daerah sebagai tanda mata yang bisa dibeli oleh para wisatawan.

Nah, bagi Anda yang gemar menjelajah wisata alam negeri ini. Bisa berkunjung langsung untuk menikmati keindahan panorama Gunung Galunggung, yang lokasinya berada di wilayah kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Jarak dari kota kabupaten menuju lokasi wisata, kurang lebih sekitar 21 kilometer, atau dapat ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 40 menit.

Referensi wisata lain : Wisata Gardu Pandang Tieng Dari Kabupaten Wonosobo



Loading...

Baca selengkapnya

Kreator konten di Klikmania, My Blogspot. Desain Logo dan Video Editing Part Time. Motto: "Kebenaran bukan milik semua orang, tapi hanya milik orang-orang yang mencarinya".

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button