Wisata Gardu Pandang Tieng

Wisata Gardu Pandang Tieng Dari Kabupaten Wonosobo

Dataran tinggi Dieng memang surga nya wisata. Bagaimana tidak, di dataran ini saja terdapat beberapa tempat tempat wisata yang menjadi andalan dari Kabupaten Wonosobo tersebut. Kali ini, kita akan membahas tempat wisata yang juga tidak kalah populer di dataran tinggi Dieng. Meski tak se populer dengan Telaga Warna, Batu Ratapan Angin, Kawah Sikidang, hingga Bukit Sikunir. Namun Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga menarik loh bagi kamu ketika sedang berlibur di Dieng.

Di Gardu Pandang Tieng bisa menyaksikan Golden sunrise

Terletak pada ketinggian 1789 meter diatas permukaan laut (Mdpl) menjadikan tempat yang pas bagi kamu untuk menikmati terbitnya matahari atau tempat alternatif untuk menyaksikan Golden sunrise apabila kamu tidak sempat ke Bukit Sikunir. Letak gardu ini pun berada di desa Tieng. Setiap pagi hari, selalu ada wisatawan yang menghabiskan waktu di gardu ini hanya untuk menikmati keindahan keindahan di sekitar daratan tinggi Dieng ini.

Ketika kamu berada di atas gardu, maka kamu akan disuguhkan beberapa keindahan yang dapat memanjakan mata. Di sebelah timur, kamu dapat melihat perbukitan perbukitan yang masih asri dan tertutup kabut tipis sehingga tampak biru kehijau hijauan. Lalu, cobalah tengok ke sebelah selatan, maka kamu akan melihat dengan jelas Gunung Sindoro yang menjulang tinggi dan juga diselimuti kabut tipis, sehingga kamu akan enggan turun dari gardu tersebut.

Kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng

Negeri Diatas Awan

Tengok juga lah ke bawah, karena kamu dapat melihat padatnya rumah rumah di sekitar gardu yang tampak rapat dan juga guyub rukun antar sesama masyarakatnya. Eits jangan terburu buru untuk turun ya, karena ketika matahari mulai meninggi, kamu akan mendapatkan momen dimana para petani di daratan tinggi Dieng ini berduyun duyun untuk pergi ke sawah.

Tampak beberapa petani menenteng bekal makanan, membawa sabit dan cangkul hingga menggunakan pakaian tebal seperti sarung dan jaket. Momen yang dapat diabadikan adalah kerukunan antar warga sekitar, karena para petani ini menuju ke ladang berbarengan dengan para petani lainnya sehingga tampak kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng tersebut.

Pergi ke Ladang | Dieng

Tak dapat dipungkiri bahwa dataran tinggi Dieng ini adalah penghasil sayuran dan buah buahan terbaik di Indonesia. Nah, Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga sering menjadi tempat untuk menyambut tamu tamu besar di Kabupaten Wonosobo dan juga Kabupaten Banjarnegara yang ingin menikmati keindahan panorama alam di Dieng tersebut.

Loading...

Seperti ketika menyambut kedatangan 7 duta besar Negara sahabat beserta jajaran nya. Keunggulan dari tempat wisata ini adalah kemudahan akses untuk mencapai nya. Lokasinya mudah di jangkau, jadi kamu tak perlu mengeluarkan tenaga untuk mencapai gardu ini dan dari atas gardu ini kamu akan disuguhkan lekukan lekukan indah sehingga akan tampak seperti lukisan alam dari sang pencipta.

Secara Administratif, Wisata Gardu Pandang Tieng ini berada pada Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Nah untuk kamu yang ingin menikmati Golden sunrise, Kamu harus sudah berada di gardu sekitar pukul 04.30 WIB. Biasanya, golden sunrise akan muncul pada pukul 05.00 WIB.

Referensi lain : Wisata Sumur Jalatunda, Sumur Penuh Misteri di Dieng

Harga tiket masuk Wisata Gardu Pandang Tieng

Untuk tiket masuk, kamu hanya membayar tiket retribusi kawasan sebesar Rp 10.000 dan berlaku untuk wisatawan domestik maupun asing. Jadi tidak perlu membayar biaya tiket untuk menikmati golden sunrise di gardu pandang tieng ini.

Bagi kamu yang mengikuti open trip, gardu ini telah menjadi salah satu destinasi dari paket wisata jogja. Jadi kamu pasti berkunjung kesini bagi yang mengikuti paket paket liburan tersebut.


Loading...

Bagikan

Penulis

ninoartikel
ninoartikel
Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.
ninoartikel

Penulis

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *