Internet

Peduli Keamanan, Instagram Luncurkan Fitur Aplikasi dan Situs Web

Pengguna Indonesia Sudah Bisa Mengaksesnya

Jika Anda membuka menu pengaturan Instagram, kemudian memilih keamanan, maka Anda akan menjumpai satu fitur baru yang mungkin akan membuat Anda bingung untuk apakah fitur tersebut disediakan.

Fitur yang dimaksud adalah fitur aplikasi dan situs web. Fitur ini diketahui telah ada sejak Rabu (16/10/2019). Ketika Anda mengetuknya, maka Anda akan menjumpai keterangan aktif dan juga kedaluwarsa.

Aplikasi dan Situs Web Adalah Fitur Keamanan

Usut punya usut, ternyata aplikasi dan situs web adalah salah satu fitur keamanan yang baru saja diluncurkan oleh pihak Instagram. Jadi, fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mengontrol data yang sudah mereka bagikan kepada aplikasi dan situs web pihak ketiga.

Pihak Instagram mengungkapkan jika aplikasi dan situs web pihak ketiga sering kali menyediakan opsi untuk mengimpor foto dari Instagram atau menghubungkan ke Instagram. Hasilnya, beberapa layanan dari pihak ketiga itu pun mampu mengakses beberapa informasi dari para pengguna.

Dengan adanya fitur baru tersebut, maka para pengguna bisa mengetahui data spesifik apa saja yang diminta oleh layanan pihak ketiga karena pihak Instagram telah menyediakan layar otorisasi yang mencantumkan semua informasi yang diminta oleh pihak ketiga. Di layar otorisasi pun, para pengguna akan memiliki opsi untuk “membatalkan” atau “mengotorisasi” akses.

Akses Sudah Tersedia di Indonesia

Fitur baru Instagram ini sudah bisa diakses oleh para pengguna di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di awal, apabila Anda ingin mengakses fitur aplikasi dan situs web, maka Anda hanya perlu mengunjungi pengaturan Instagram, pilih keamanan, kemudian pilih aplikasi dan situs web.

fitur aplikasi situs

Dalam laman resmi, pihak Instagram mengatakan bahwa mereka masih membutuhkan waktu selama 6 bulan untuk menyempurnakan fitur barunya agar para pengguna memiliki kontrol yang lebih besar atas data yang mereka bagikan kepada layanan pihak ketiga.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur Baru yang Bernama Email dari Instagram

Apa yang disampaikan Instagram ini memang cukup mengejutkan, karena fitur yang baru saja mereka luncurkan itu ternyata masih harus disempurnakan kembali. Dan yang paling mengherankan di sini adalah waktu yang dibutuhkan juga tergolong sangat lama.

Meskipun begitu, upaya mereka yang mencoba menghadirkan fitur baru yang erat hubungannya dengan keamanan patut diacungi jempol. Sebelum fitur yang satu ini diluncurkan, mereka pun sebelumnya juga sudah menghadirkan fitur yang erat hubungannya dengan keamanan juga, yaitu fitur email dari Instagram.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close