Dasar dasar Blog

Pentingnya Backup Posting Dan Template Blog Secara Teratur

Back up template dan  data postingan blog terkadang di anggap hal yang sepele dan bahkan di remehkan, padahal perkerjaan ini sangatlah ringan, Menyimpan data dari artikel secara rutin dan berkala yang sudah kita tulis bersusah payah sangatlah penting, jika sewaktu waktu terjadi hal yang tidak kita inginkan, kita masih bisa mengembalikan data posting tersebut secara utuh. Begitu juga dengan template blog yang berisi kode html serta kode widget penting lainnya, alangkah baiknya kita lakukan backup setelah melakukan perubahan terakhir, misalnya menambahkan script atau kode html lain.

Pentingnya backup artikel/posting adalah menghindari resiko, jika sewaktu waktu blog di hapus oleh google (khusus blogger/blogspot) bukan tanpa alasan yang jelas, karena pihak google sering melakukan hal ini terhadap blog blog yang sering menyalahi TOs dan aturan, imbasnya blog yang tidak berdosapun terkadang ikut kena hapus, tentu saja hal ini akan menyurutkan semangat kita dalam aktifitas ngeblog untuk kedepannya.


Backup lengkap template dan postingan tidak hanya berlaku bagi blogger pemula saja, tetapi sudah di terapkan oleh pelaku webmaster dan blogger profesional lainnya, demi keamanan data serta menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, dan di bawah ini adalahcara yang paling mudah

Backup template blog
1. Login ke blogger
2. Pilih nama blog yang akan di backup templatenya
3. Pilih template dan pilih menu ” Cadangkan/pulihkan”
4. Pilih tombol unduh lengkap
Anda akan mendapatkan file template berupa xml.file, simpan baik baik file xml tersebut ke dalam penyimpanan di komputer anda, jika sewaktu waktu di butuhkan anda bisa mengembalikan/restore template seperti keadaan semula. Gunakan menu unggah template untuk melakukan restore.

Backup posting/artikel blog.
1. Buka menu setelan
2. Geser ke bawah, buka sub menu “Lainnya”
3. Pilih ekspor blog, dan silahkan klik pada “unduh blog”
Simpan file XML dokumen tersebut di tempat yang aman, Hal ini bisa anda lakukan setiap seminggu sekali, agar posting atau artikel kita mempunyai cadangan, dan bisa di pergunakan sewaktu waktu jika terjadi hal yang tidak di inginkkan.

Begitu sederhana dan mudahnya bukan? Tapi terkadang kita menganggap remeh hal tersebut. Sebenarnya menggunakan fasilitas blogger yang di sediakan oleh google, kita tidak perlu takut walupun blog kita di hapus, kita bisa mengembalikannya tanpa kehilangan trafik pengunjung, asalkan file XML dokumen tersebut masih tersimpan dengan baik.

Tips menggunakan Blogspot tanpa rasa takut dan was was.
Jika kita secara rutin melakukan backup terhadap artikel yang kita posting, kita tidak perlu takut meskipun blog kita sudah di hapus oleh google, kita masih bisa mengembalikan blog tersebut tanpa kehilangan trafik dari pengunjung, dengan cara melakukan Custom domain.

Kelebihan custom domain dan hubungannya dengan backup
Jika kita menggunakan blogger/blogspot, otomatis kita ikut atau numpang dengan hostingnya blogspot, jika blog di hapus, domain tidak akan terhapus. dan kita bisa memindahkan hosting ke tempat lain dengan cara menyewa jasa penyedia hosting yang bagus dan berkualitas.

Asalkan backup file XML dokumen masih tersimpan dengan bagus, kita bisa memindahkan seluruh postingan tersebut ke hosting yang baru (menginstal CMS dari worpress) dengan memanfaatkan fasilitas redirect URL, kita tidak akan kehilangan trafik/pengunjung, karena alamat domain tidak ikut terhapus.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat serta pentingnya backup, terutama backup data posting/artikel secara rutin dan berkala, segera lakukan backup data blog anda sekarang juga, atau anda sendiri yang akan menyesal kelak di kemudian hari. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button