perawatan mobil

5 Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik

Perawatan mobil sebelum mudik – Berkendara mudik dengan mobil pribadi memang sudah menjadi alternatif yang digemari kebanyakan masyakat Indonesia yang ingin pergi mengunjungi kampung halamannya ketika menyambut hari raya Idul Fitri.

Jika memang kamu sudah terbiasa mudik dengan mobil, tentunya ada beberapa perawatan mobil yang harus dilakukan agar perjalanan mudik kamu menjadi lancar dan nyaman.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Melakukan General Check-Up dan Tune Up

Salah satu perawatan mobil yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi adalah melakukan general check up dan tune up agar kondisi mobil tetap prima.

Dengan melakukan general check up dan tune up, sudah meliputi beberapa pengecekan atau perbaikan pada kondisi mesin, oli mesin, oli transmisi, air radiator, hingga kondisi wiper.

Pengecekan Kondisi Kaki-Kaki

Selain kondisi mesin, perawaran mobil yang harus diperhatikan sebelum mudik adalah kondisi kaki-kaki. Kaki-kaki mobil merupakan bagian paling vital dari sebuah kendaraan.

Pastikan kondisi kaki-kaki mobil kamu dalam keadaan prima. Mulai dari kondisi ban, rem, kopling, shockbreaker, dan sebagainya.

Jika kondisi handling yang dirasa kurang baik, segera lakukanlah spooring. Selain itu, cek juga tekanan angin ban dan pastikan sesuai dengan anjuran pabrik.

Loading...

Perhatikan Kondisi Air Conditioner (AC)

Perawatan mobil lainnya yang harus diperhatikan sebelum mudik adalah Air Conditioner (AC). AC pada sebuah mobil memiliki peranan yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan untuk kamu ketika berkendara.

Agar kamu tetap sejuk saat berkendara disiang hari yang panas terik, pastikan kondisi AC mobil berfungsi dengan baik.

Jika kamu sudah meraca AC mobil tidak dingin seperti biasanya, segeralah periksakan ke bengkel terdekat karena kemungkinan freon sudah habis dan harus segera diisi kembali.

Membersihkan atau mengganti filter AC juga disarankan agar tidak ada debu yang menyumbat saluran AC sehingga kamu tetap bisa berkendara dengan sejuk dan nyaman.

Periksa Bagian Kelistrikan

Selain beberapa perawatan mobil di atas, kelistrikan mobil juga membutuhkan perhatian ekstra.

Periksalah kondisi aki mobil kamu terlebih dahulu menggunakan multi-meter atau alat lainnya atau kamu juga bisa mengunjungi bengkel terdekat untuk memerika kondisi aki tersebut.

Jika aki dalam kondisi baik, jangan lupa juga untuk memeriksa bagian-bagian kabel dan kondisinya, termasuk klakson.

Setelah itu cek juga bagian pencahayaannya, seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, fog lamp, dan lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Bersihkan Bagian Eksterior dan Interior

Terakhir, perawatan mobil yang harus kamu lakukan sebelum siap pergi mudik adalah membersihkan bagian eksterior dan interior mobil.

Perawatan mobil bukan hanya sekedar memperhatikan mesin dan beberapa komponen lainnya, melainkan juga menjaga kebersihan bagian luar maupun bagian dalam mobil.

Dengan melakukan perawatan ini, akan menambah tingkat kenyamanan kamu ketika berkendara, apalagi ketika mudik nanti kamu akan berkendara dengan waktu yang cukup lama.

Cucilah bagian eksterior mobi dengan sabun khusus cat mobil agar tidak merusak cat mobil. Serta, bersihkan juga bagian interior mobil dengan cairan khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca jugaBosan dengan Motor Anda? Inilah 8 Jenis Aksesoris Motor Terlihat Lebih Keren

Semua perawatan mobil, baik pada mesin, kaki-kaki, kelistrikan, AC, hingga ekterior, dan interior harus dilakukan dengan baik agar perjalanan mudik kamu menjadi lebih aman dan nyaman.

Tetapi, yang terpenting adalah berkendaralah dengan tertib dan ikuti rambu-rambu lalu lintas agar selamat sampai tujuan.

Dan bila kondisi tubuh telah lelah, segeralah berhenti untuk beristirahat, jangan memaksakan keadaan. Selamat mudik!


Loading...

Bagikan

Muhamad Sobirin

Penulis

Hanya Blogger perantau yang ingin mencari jatidiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *