Optimasi Blog

Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat Ini Buktinya

Perhitungan Alexa Rank. Seberapa seringkah anda membuka toolbar Alexa rank? Saya yakin setiap membuka blog anda sendiri pasti selalu memperhatikan dan mengamati pergerakan Alexa rank. Bagi yang belum tahu apa itu alexa rank, akan saya jelaskan sedikit.

Alexa rank adalah status peringkat atau penilaian yang diberikan kepada blog atau website berdasarkan jumlah trafik pengunjung, yang di hitung dari yang terbesar sampai terkecil. Jadi ibarat rangking di sekolah, kalau rangkingnya paling kecil, maka akan semakin bagus. Perhitungan peringkat ini dilakukan oleh alexa.com.

Penilaian Alexa rank sendiri berdasarkan pada link in suatu blog, jadi semakin banyak backlink akan semakin memperkuat posisi rangking. Penilaian lain juga berdasarkan dari jumlah pengunjung serta page view halaman. Inilah mengapa rata – rata orang menganggap Alexa rank sebagai pedoman atau patokan kualitas dari sebuah blog.

Tetapi saya masih meragukan hal tersebut, Alexa bukanlah penentu kualitas suatu blog. Pernah ada yang berpendapat, jika anda update artikel tiap hari, maka angka alexa akan cepat turun? Memang benar, jika kita rajin update artikel tiap hari maka dengan otomatis angka alexa rank akan turun, itu juga berlaku bagi blog baru sekalipun.

Berarti nilai alexa tergantung dari kita, yang penting update artikel dan posting, entah itu posting original (asli) ataupun hasil copy paste.

Baca juga : Alexa rank bukanlah penentu kualitas sebuah blog

Asal ada aktifitas di blog kita, maka angka alexa rank berpeluang untuk turun, maka dari itu nilai alexa itu tergantung kita. Asal mau rajin ya pasti akan turun dengan sendirinya.

Gambar dibawah menunjukkan jumlah seluruh penayangan selama kurang lebih 2  bulan, karena blog ini juga baru (bisa di cek di Whois),  yang diambil dari laporan ikhtisar blogger.

penayangan blog dan alexarank

Fitur jangan lacak halaman sendiri dari blogger mungkin mallfunction (tidak berlaku). Jadi terlihat jelas bahwa saya mengakses blog ini dari negara yang paling atas.

Setelan Google webmaster di arahkan ke Indonesia, dan benar berhasil karena blog ini juga berbahasa Indonesia. Yang menjadi aneh sewaktu bulan pertama prosentase perhitungan dari penayangan tetap menujukkan angka yang tidak wajar.

penayangan alexarank

Menginjak bulan ke 2, perhitungan tetap berprioritas kepada negara tempat mengakses blog ini, yaitu Saudi arabia. Padahal jumlahnya hampir berimbang, antara pengunjung dari indonesia dan Saudi Arabia (admin). Tetapi prosentasi tetap menunjukkan lebih dari 90%,sedangkan pengunjung dari Indonesia sekitar 8 % saja.

Kenapa tidak tertulis 56% dan 40%, dan sisa persen untuk negara lain. Jelas disini Alexa rank lebih berprioritas kepada page view, padahal itu page view dari admin sendiri.

Alexa Rank Pro

Penggunaan Alexa rank pro (Berbayar) ditujukan untuk lebih mengetahui secara detail terhadap pengunjung unik (unique visitor),jumlah backlink, keyword research. Pernah suatu ketika karena ingin mencoba fitur ini, seorang kawan bersedia membeli penggunaan Alexa rank Pro (basic), tujuannya adalah ingin memperbaiki peringkat alexa rank nya.

penayangan blog dan alexarank

Tetapi karena alexa rank sudah menggunakan Certified metrics, perhitungan rangking menjadi berubah. Dari yang semula peringkat 81.400 an jadi membengkak ke angka 350.000 an.

Ini terjadi setelah 2 hari menggunakan Alexa rank Pro, berdasarkan Certified metrics Alexa menghitung secara lebih akurat. Tetapi hasil yang di dapat justru peringkat menjadi lebih buruk.

Dari sini saya berpendapat bahwa penghitungan peringkat Alexa berdasarkan toolbar Alexa rank belum bisa benar benar dikatakan akurat.

Yang menjadi pedoman dari  Certified metrics adalah trafik pengunjung serta page view yang berbeda dibandingkan dengan user dan reader dari pengguna Alexa Toolbar saja.  Alexa rank pro menghitung secara real, tetapi hasilnya justru tidak lebih bagus.

Demikian kira – kira perhitungan yang tidak akurat dari Alexa rank, atau pendapat saya saja yang merasa aneh atau tidak begitu paham secara detail tentang alexa rank pro. Tetapi dengan adanya Alexa rank, setidaknya menjadikan kita semangat untuk merampingkan angkanya. Yang terpenting bagi saya adalah jumlah visitor setiap harinya, serta update artikel secara rutin

Percaya atau tidak dengan berkurangnya angka alexa rank membuat kita lebih percaya diri terhadap blog masing masing, lebih ada dorongan dan gairah untuk menulis dan menulis posting lagi.  Demikian uneg – uneg saya mengenai perhitungan Alexa rank yang tidak akurat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

31 Comments

  1. Saya setuju dengan pernyataan di akhir, “Dengan berkurangnya angka alexa rank membuat kita lebih percaya diri terhadap blog masing masing, lebih ada dorongan dan gairah untuk menulis dan menulis posting lagi”. . Saya jadi makin semangat update artikel karna alexa saya masih bengkak sekali 😀

    1. Mau nanya mbah. Apakah backlink masih menjadi alat SEO terbaik untuk memperkuat posisi website atau istilahnya SERP di mesin pencari. Karna ada pendapat tidak berguna atau juga yang mengatakan penting sekali ? Dalam hal ini membuat kebinggungan bagi yang mau mengoptimasi websitenya ? Bisa di jelaskan mbah apakah begitu atau bagaimana semestinya ?

  2. mmhhh alexa sepertinya khusus blogger papan atas, sedangkan blogger papan triplek mah bisa apa ada sejumlah yang harus di bayar dalam bentuk Dolar pula. Mungkin kedepan coba pilih yang pro

  3. iya saya ko heran blog saya belum menginjak 1 bulan sudah dapat ranking, 20 jt seminggu sesudahnya dapat ranking indonesia sekitar 200ribuan, sampai sekarang website selalu turun sekarang sudah 14,303,736 dan indo 178,945 blog jarang di update link jg sedikit, yang saya heran ada rangking global dan ranking indonesia tp ko visitornya masih pelit hadehhh alexa dah mulai ngawur ini,…

  4. Alexa blog ini kok ramping bingit ya mas, 50K doang nek 🙂
    Dalam sehari update berapa artikel sih?

      1. Mas, aku balik kesini lagi krn dapet email kayak gini:
        “Klik Mania [email protected] .net via altocumulus.indowebsite. net”
        Wah, keren tuh mas.. Sepertinya gara2 itu juga yang bikin alexanya cepet ramping :p

        Nah, karna masnya udah bikin penasaran, maka pertanyaan saya adalah:
        Itu make aplikasi apaan sih mas? Kok ada nomor comment-nya juga, jadi bisa langsung tertuju ke alamat si comment & bukan ke judul artikel aja.

        Mbokya bagi2 ilmunya to mas-mas.. ;(

  5. min saya pernah pake alexa pro rangking langsung melonjak. dari 3jt langsung jadi 900.000 (global) dari yang tadinya tidak muncul langsung jadi 500 (indonesia) tapi setelah 2bulan kemudian langsung turun drastis jadi 4jt ( global) bahkan di indonesia langsung hilang, tidak ada peringkat. kenapa yaa..?? padahal tiap hari update.

    apa kalo beralih ke pro itu kita berlangganan??jadi tiap bulan/per 3 bulan harus bayar?? penjelasannya dong min..

    Salam loker-like.com

    1. Dalam halaman plan/pricing-nya adalah bayar setiap bulan, minimal paling murah untuk BASIC adalah 9.99$/month.
      Alexa pro tidak akan berpengaruh pada penurunan peringkat, hanya menganalisa saja sumber trafik lengkap dari sebuah blog, certifikat diberikan karena kita sudah membayar. Jalan satu-satunya menurunkan nilai aAlexa adalah rajin posting dan perhatikan nilai bouncerate agar tidak terlalu melambung, karena penilainnya berdasarkan itu. Jadi tanpa bayarpun, secara default semua situs sudah dianalisa.

      1. iya min saya pake yang basic 9,99$/Bulan. apa itu artinya saya harus bayar tiap bulan??

        1. Betul gan Nailah, Anda diwajibkan membayar perbulan, sebagai imbalannya akan mendapat data statistik dan sumber trafik lengkap mengenai blog Anda.

      2. Sepertinya memang betul seperti pernyataan mbah ini, alexa sudah bukan menjadi tolak ukur website, mungkin sekarang harus memanfaat nilai PA dan DA apakah itu akurat atau tidak juga mbah ?

  6. iya sekarang total site linking gak bisa akurat, berbeda jumlahnya antara alexa dan webmaster tool

  7. Anggap saja Alexa adalah A.C. Nielsen nya website. A.C. Nielsen memberi rating sebuah acara, sedangkan Alexa memberi ranking sebuah web. Terlepas akurat atau tidaknya, semuanya sudah di riset semaksimal mungkin terlebih dahulu.

    1. Hehe,,jadi nyampai ke global marketing 😀
      Betul mas,,akurat atau tidaknya yang penting sudah diusahakan semaksimal mungkin.

  8. apakah kalau mau mendapatkan ranking di negara terpilih contohnya indonesia kita harus beralih ke alexa pro?? karna sudah hampir 1 tahun blog saya rangking alexa nya masih nol. ?? ditunggu jawaban terbaiknya..sobat blogerrr

  9. benar sekali mas.. saya sangat setuju dengan pendapat anda dalam tulisan diatas… saya juga merasa peringkat dan akurasi alexa rank hanya berdasarkan link in…. padahal visitor blog saya termasuk lumayan besar,, namun jika dibandingkan dengan blog lebih kecil visitor blog saya malah lebih bengkat di rank alexanya

  10. saya berani mengatakan anda salah. 😀

    tidak semua parameter perhitungan alexa di lepas ke publik.
    yang kita tahu hanya, UV, PV, backlink, bounch rate, visit length. bagaimana dengan parameter lain nya?

    rank alexa anda berubah drastis setelah beranjak ke pro bukan lah suatu kesalahan. pergerakan dunia alexa memang deras berdasarkan pengamatan saya .

    saat ini saya juga sedang bereksperimen lagi tentang alexa, tapi bs d pastikan alexa tidak salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close