Tekno

Chipset Berkualitas Resmi Meluncur : Qualcomm Snapdragon 660 Dan Qualcomm Snapdragon 630

Qualcomm Snapdragon 660 – Hallo! Sahabat Klimania di mana pun Anda berada tentunya pada kesempatan kali ini kita akan membahas tekhnologi. Berbicara soal tekhnologi seakan tiada hentinya akan tersus hadir dengan inovasi.

Di era modern ini kita mengenal alat komunikasi yang lebih di kenal gadget atau smartphone. Yang mana alat ini merupakan hasil dari berbagai pengembangan dan pembaharuan. Hal ini membuat telephone kabel tak lagi mencuat ke permukaan karena hadir telephone tanpa kabel.

Telephone tanpa kabel atau yang lebih kita kenal smartphone dianggap lebih efektif dalam penggunaannya. Smartphone sendiri saat ini di anggap lebih dari sekedar alat komunikasi bahkan sudah menjadi kebutuhan.

Untuk menunjang berbagai kebutuhan tersebut maka spesifikasi yang hadir pun harus semakin canggih. Yang terdiri dari hardware maupun software guna menjaga asa untuk dunia era digital saat ini.

Qualcomm

Qualcomm Snapdragon 660

Berita tekhnologi saat ini yaitu hadirnya hardware atau platform untuk penunjang performa ponsel pintar atau lebih di kenal chipset. Qualcomm telah resmi meluncurkan dua daftar chipset teranyarnya yang memiliki kualitas premium untuk kelas menengah.

Chipset tersebut diantaranya yaitu Snapdragon 660 dan Snapdragon 630. Hadir dengan fitur dan keunggulan yang menarik dan  kekinian tentunya. Hal ini guna menghasilkan ponsel dengan performa yang maksimal dan tangguh untuk para “user”.

Perusahaan asal “Negeri Paman Sam “ ini merupakan perusahaan yang bergelut di industri komunikasi. Bermarkas di San Diego, California, Amerika Serikat ini selalu menghasilkan chiset yang tangguh dan kekinian.

Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1985 yang di motori oleh Irwin Jacobs, Andrew Viterbi, Franklin Antonio, Adelia Coffman, Klein Gilhousen, Andrew Cohen, dan Harvey White. Tumbuh dan berkembang sebagai perusahaan yang megah dan tercatat pendapatannya pada tahun 2006 yaitu sekitar $7.53 miliar USD.

Untuk itu simaklah di bawah ini bebera chipset teranyar mereka yaiu Qualcomm Snapdragon 660 dan Snapdragon 630. Dengan berbagai kecanggihan yang hadir guna melengkapi smartphone dengan performa yang memukau.

Qualcomm Snapdragon 660

Chipset teranyar asal Qualcomm ini dibuat mengacu pada CPU Kyro 260 dengan 8-core yang juga memiliki kecepatan 2.2 GHz. Kyro sendiri adalah CPU custom yang di buat sendiri oleh Qualcomm yang juga telah disematkan pada Snapdragon 835 dan  820.

Sedangkan pada seri Snapdragon 600 Qualcomm Snapdragon 660 ini adalah chipset pertama yang menggunakan Kyro. Qualcomm Snapdragon 660 ini di produksi dengan menerapkan tekhnologi 14nm yang tertanam GPU Adreno 512.

Qualcomm Snapdragon 660 ini di klaim lebih cepat 20 % dari pendahulunya yakni Snapdragon 653. Dan untuk pemprosesan grafisnya  di kalim memiliki kecepatan 30 % lebih cepat dari Adeno 510 yang ada padda Snapdragon 653.

Untuk konektivitasnya chipset Qualcomm Snapdragon 660 ini di lengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 teranyar, Wi-Fi 802.11. Sedangkan untuk kecepatan downloadnya paling tinggi yaitu mencapai hingga 867 Mbps.

Selain itu juga hadir dengan spesifikasi untuk konektivitas diantaranya ISP Qualcomm Spectra 160, tuning adaptif antena Qualcomm TruSignal, Ac Wave 2, 2×2 MIMO, Bluetooth 5.0, data 600 Mbps. Nah nantinya ponsel yang tertanam Qualcomm Snapdragon 660 ini akan di dilengkapi dengan USB versi 3.1,

Layar di dukung dengan 4K dan QHD, codec Qualcomm Aqstic, Vector eXtensions (HVX), Hexagon Vector, Qualcomm All-Ways Aware, Qualcomm Hexagon 680 DSP. Dan untuk pengisian daya baterai Qualcomm Snapdragon 660 di lengkapi fast charging dengan Quick Charge 4.0.

Qualcomm Snapdragon 630

Sedangkan untuk Snapdargon 630 ini dibuat mengacu pada CPU dengan 8-core ARM Cortex-A53 yang juga memiliki kecepatan 2.2 GHz. Qualcomm Snapdragon 630 ini menerapkan tekhnologi 14nm yang tertanam GPU Adreno 508.

Qualcomm Snapdragon 630 ini di klaim lebih cepat 10 % dari pendahulunya yakni Snapdragon 629. Dan untuk pemprosesan grafisnya  di kalim memiliki kecepatan 30 % lebih cepat dari pendahulunya.

Untuk konektivitasnya chipset Qualcomm Snapdragon 630 ini di lengkapi dengan modem LTE Snapdragon X12 dan  Wi-Fi 802.11. Sedangkan untuk kecepatan downloadnya paling tinggi yaitu mencapai hingga 433 Mbps.

Selain itu juga hadir dengan spesifikasi untuk konektivitas diantaranya ISP Qualcomm Spectra 160, tuning adaptif antena Qualcomm TruSignal, Ac Wave 2, 2×2 MIMO, Bluetooth 5.0, data 600 Mbps. Sama halnya Qualcomm Snapdargon 660, Snapdragon 630 ini akan di dilengkapi dengan USB versi 3.1,

Layar di dukung dengan 4K dan 1080p display, codec Qualcomm Aqstic, Hexagon Vector, Qualcomm All-Ways Aware, Qualcomm Hexagon 642 DSP. Dan untuk pengisian daya baterai sama seperti Qualcomm Snapdragon 660 yakni dengan Quick Charge 4.0.

Kesimpulan

Tentunya Chipset Qualcomm Snapdragon 660 dan 630 ini memiliki keunggulan dan fitur yang kekinian. Yang mencakup beberapa sektor diantaranya kamera, pemprosean grafis atau GPU, pemprosean audio, konektivitas dan Keamanan.

Selain dari pada itu, pihak produsen dan develover juga dapat menghadirkan penggalaman yang keren kepada para “user”. Yaitu dengan “machine learning” dengan menggarap develovment kit “Snapdragon Neural Processing Engine”.

Serta terdapat dukungan untuk TensorFlow dan Caffe/Caffe2 memungkinkan membuatnya layaknya otak manusia. Dengan ini membuatnyamampu mencocokan dan mengidentifikasi inti mana dengan GPU, CPU, atau DSP/HVX guna menjalankan perintah khusus.

Untuk Chipset Qualcomm Snapdragon 660 telah tersedia untuk mitra atau perusahaan dan untuk pengirimannya dilakukan pada akhir bulan ini. Sedangkan Snapdragon 630 akan tersedia pada akhir bulan Mei dan perangkatnya akan dikirimkan di kuartal selanjutnya.

Sekian berita tekhnologi terbaru yang dapat di sampaikan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan mengenai tekhnologi. Sekian dan Terimakasih.

Baca Juga : 


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis adalah kegemaran saya semoga apa yang saya tulis dapat memberikan informasi yang bermanfa'at.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close