Registrasi Kartu SIM Gagal? Jangan Panik..Coba Cara ini Terbukti Berhasil

Loading...

Registrasi Kartu SIM prabayar sudah dilaksanakan secara serentak hari ini, tetapi masih banyak keluhan dari beberapa pengguna. Walaupun berkali-kali memasukkan nomor NIK KTP (16 digit) dan nomor KK (16 digit) namun Registrasi Kartu SIM Gagal.

Meskipun kedua nomor 16 digit sudah dimasukkan dengan benar, tetapi registrasi atau pendaftaran kartu SIM Prabayar masih mengalami kegagalan. Sebenarnya tidak perlu panik apabila registrasi ternyata tidak berhasil, sebab ada solusi mudah untuk mengatasinya.

Menurut keterangan yang disampaikan Dirjen Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakhrulloh, pengguna bisa mengulang registrasi kartu SIM melalui SMS ke 4444 sebanyak 5 kali.

Tips untuk Registrasi Kartu SIM Gagal berkali – kali agar berhasil

Harap diperhatikan lagi, bahwa KTP atau KK palsu tidak bisa untuk melakukan proses registrasi SiM prabayar.

Pastikan Anda sudah menulis nomor NIK KTP (16 digit) dan nomor KK (16 digit) dengan benar diatas kertas, sehingga proses pengiriman SMS tidak mengalami kekeliruan.

Pastikan format SMS yang Anda kirim sudah benar, lihat daftar format SMS Registrasi Kartu SIM untuk masing-masing operator dibawah ini.

Format SMS untuk pelanggan lama.

Nama operatorFormat SMSNo Tujuan SMS
Telkomsel (Simpati, Kartu AS):ULANG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#4444
XL Axiata (XL, Axis)ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK4444
Indosat (IM3, Mentari), Tri, dan Smartfren:ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK#4444

Format SMS untuk pelanggan baru/perdana

Nama operatorFormat SMSNo Tujuan SMS
TelkomselREG<spasi>16 digit NIK#16 digit nomor KK#4444
XL Axiata (XL, Axis)DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)4444
Indosat, Tri, dan Smartfren(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)#4444

Apabila registrasi kartu SIM masih gagal, lakukan cara ini

1. Apabila registrasi Kartu SIM gagal untuk pertama kalinya sewaktu mengirimkan SMS ke 4444, sebaiknya tunggu dulu beberapa saat, jangan langsung didaftarkan lagi.

2. Ulangi proses pendaftaran untuk kedua kalinya.

3. Apabila masih gagal, coba restart ponsel Anda. Lakukan pendaftaran lagi sampai berhasil.

Apabila registrasi Kartu SIM Anda sudah berhasil, maka akan ada notifikasi pesan dari pihak operator, seperti gambar dibawah ini.

registrasi kartu SIM gagal
Registrasi kartu SIM Prabayar sudah berhasil

Apabila sudah melakukan registrasi kartu SIM sampai 5 kali tetapi masih gagal juga

Nah, apabila pengguna sudah melakukan registrasi kartu SIM berulang-ulang hingga 5 kali, tetapi masih belum berhasil dan mengalami kegagalan maka bisa melakukan alternatif lain seperti dibawah ini.

Apabila registrasi Kartu SIM gagal, operator telekomunikasi membuka saluran pendaftaran atau registrasi online melalui situs resmi dibawah ini

1. Registrasi kartu Telkomsel dengan klik tautan ini

2. Registrasi kartu Indosat dengan klik tautan ini

3. Registrasi kartu XL dengan klik tautan ini

4. Registrasi kartu Tri dengan klik tautan ini

5. Registrasi kartu Smartfren dengan klik tautan ini

Apabila cara diatas masih gagal juga, solusinya?

Registrasi Kartu SIM gagal walaupun semua cara diatas sudah digunakan? Jangan panik, cara dibawah ini akan menyelesaikan masalah Anda sehinga kartu SIM prabayar Anda tidak di blokir oleh operator seluler.

Menurut peryataan Dukcapil, Zudan Arif Fakhrulloh ..pengguna kartu SIM prabayar bisa langsung datang ke gerai operator terdekat di kota Anda dan melakukan pendaftaran secara manual dengan mengisi surat pernyataan.

Surat peryataan ini sebagai persyaratan atas kepemilikan yang syah untuk NIK KTP dan Nomor KK. Jangan lupa bawa yang asli yah, serta menyiapkan salinan foto kopiannya untuk jaga – jaga apabila diperlukan.

Cara Mengetahui Kartu Prabayar Sudah Berhasil Registrasi atau Belum

Untuk mengetahui Kartu Prabayar Sudah Berhasil Registrasi atau Belum, pihak operator menyediakan layanan fitur Cek Nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar.

Berikut ini adalah fitur Cek Nomor yang disediakan oleh masing-masing operator, bisa juga melalui website.

Indosat: via SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444

Telkomsel: via website: https://telkomsel.com/cek-prepaid 

Xl Axiata: via USSD dengan format:  *123*4444#

Hutchison Tri (3): via website:  https://registrasi.tri.co.id

Smartfren: via website:  https://my.smartfren.com/check_nik.php

STI: via website:  https://my.net1.co.id

Update  1 Mei 2018 : Pemblokiran kartu SIM akan dilakukan secara bertahap

Dilansir dari liputan6.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) baru saja mengumumkan pemblokiran kartu SIM akan dilakukan secara bertahap mulai besok, Kamis (3/1/2018).

Sementara pembokiran total kartu SIM yang belum teregistrasi adalah pada 1 Mei 2018.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini skema pemblokiran kartu SIM yang diumumkan Kemkominfo, Rabu (28/2/2018) di Kantor Kemkominfo, Jakarta.

1. Mulai 1 Maret 2018, dilakukan pemblokiran layanan panggilan dan SMS outgoing (keluar). Dalam keadaan ini, pelanggan masih dapat menerima telepon dan SMS masuk, serta menggunakan data internet.

2. Apabila pelanggan tidak melakukan registrasi sampai 31 Maret 2018, maka mulai 1 April 2018 dilakukan pemblokiran layanan panggilan dan SMS incoming (masuk).

Dalam keadaan ini, pelanggan tidak dapat melakukan panggilan keluar dan layanan pesan singkat keluar, juga tidak bisa menerima layanan panggilan dan SMS. Pemblokiran tidak mencakup layanan data internet.

3. Apabila pelanggan tidak melakukan registrasi sampai 30 April 2018, maka pada 1 Mei 2018 dilakukan pemblokiran total.

Dalam keadaan ini, pelanggan tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, serta tidak dapat menggunakan layanan data internet.



Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 comments

  1. Peraturan tai…

    Lo kira penipu bakal habis dengan cara gini..
    Saya pikir gak bakalan habis..
    Malah orang biasa yg kayak kami yg lo bikin susah dan ribet…

    Dasar peraturan Tai

  2. Gimana ya caranya kalo nomor KK, Nik yang udh di registrasi di masukin lagi? Knp ga bisa?.. Dngn program ini sya jadi ga bisa lagi beli Kartu perdana. Kapok sekapok kapoknya orang yang kapok.

  3. Saya sudah daftar sampe 5 kali gagal terus dengan respon “data yang anda masukkan salah” hingga akhirnya dapat respon bahwasanya saya harus datang ke gerai axis terdekat. Ini bagaimana..?
    Padahal saya daftar sebelumnya di operator lain langsung bisa.
    Bagaimana layanan registrasi kartu axis ini..?
    Kecewa dehh..

  4. Tai anjing bikin sulit rakyat.peraturan tolol..kartu dah pake lama keblokir.bangsat.
    Kurang kerjaan yg bikin aturan.aturan tolol

  5. Aku udah sampe 5x gagal dan disuruh cek di disdukcapil, padahal sebelumnya nomor nik dan kknya udah pernah dipake di kartu yg lain dan berhasil. Harus gimanaaa? Engga panik tapi sayang ini kuotanya masih banyak 🙁

  6. Saya sampe sekarang gak berhasil registrasi kartu sim nya. Tapi saya gak panik. Soalnya kan diperpanjang sampe tgl 28 feb 2018. Lagipula kalo dipaksakan registrasinya malah nambah antrean. Kata kominfo registrasi kartu gagal karna traffic

  7. Makin lah galau melanda… Tak di daftar, nnt d block.. Smntr no terkait k gugel.
    Mau belik kartu paket data aj susah.
    Kang gani uda daftar ulang??