Tekno

7 Robot Futuristik Canggih yang Bisa Membantu Pekerjaan Rumah

Robot Futuristic Canggih Sebagai Asisten Rumah Tangga

Pada zaman digital seperti sekarang ini, keberadaan robot pintar bukan lagi menjadi cerita imajinatif yang hanya ada di berbagai film maupun game. Meskipun teknologi robot ini tidak secanggih dengan yang ada di film, namun robot futuristik canggih ini memiliki teknologi yang cukup menakjubkan.

Keberadaan robot canggih tersebut bahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu manusia mengerjakan berbagai aktivitas dengan atau tanpa pengawasan dari manusia. Di antara robot-robot ini juga ada yang memiliki bentuk mirip dengan manusia asli.

Baca juga: Terwujud Di Dunia Nyata, Inilah 7 Gadget Masa Depan Super Canggih

7 Robot Futuristic Canggih yang Bisa Membantu Pekerjaan Rumah

Penasaran seperti apa robot-robot tersebut? Berikut ini kami tampilkan 7 robot futuristik canggih di bawah ini yang diciptakan sebagai robot asisten rumah tangga untuk membantu berbagai kegiatan kamu.

1. Pepper – SoftBank Robotics

Robot futuristik canggih
Pepper – SoftBank Robotics

Robot pertama ini bernama Pepper, yaitu sebuah robot dengan bentuk menyerupai manusia atau humanoid. Robot yang diciptakan SoftBank Robotics ini memiliki tinggi 120 cm dan dilengkapi dengan fitur-fitur pintar di dalamnya.

Pepper akan membantu siapa saja yang mengajaknya berinteraksi dengan memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Informasi tersebut kemudian akan muncul pada layar yang ada di tubuhnya.

Robot yang sudah sering digunakan oleh beberapa perusahaan besar di Jepang ini dibanderol dengan harga 1.931 USD atau sekitar Rp 27 juta lebih.

2. Lynx – Ubtech

Robot futuristik canggih
Lynx – Ubtech

Seperti halnya Pepper, Lynx juga merupakan robot yang dibuat dengan bentuk menyerupai manusia dan dapat berjalan. Robot buatan Ubtech Robotics ini sudah terhubung dengan Alexa, sehingga hanya dengan melakukan perintah melalui suara, Lynx dapat mengerjakan berbagai macam hal.

Berbagai hal yang bisa kamu tanyakan kepada Lynx di antara lain perihal kalender, cuaca, atau kegiatan apa saja yang kamu agendakan pada hari tertentu. Kamu bisa dengan mudah mengatur robot ini melalui aplikasi Lynx.

Saat ini, robot Lynx sudah dijual secara komersil secara online dengan harga 780 USD atau hampir Rp 11 juta.

3. Zenbo – Asus

Robot futuristic canggih
Zenbo – Asus

Mengikuti perkembangan zaman, Asus pun turut melebarkan sayap mereka dengan menciptakan sebuah robot pintar yang diberi nama Zenbo. Dengan tampilan yang lucu, Zenbo dilengkapi dengan berbagai fitur menarik.

Robot ini bisa menjadi guru yang akan mengajarkan sesuatu dengan cara yang lebih menarik anak-anak sekolah. Selain itu, Zenbo juga bisa dijadikan sebagai asisten di toko retail.

Tak hanya itu, kemampuan lain yang dimiliki oleh Zenbo adalah dapat melakukan medical check-up dengan cara menghubungkannya dengan alat-alat kesehatan.

Untuk melakukan pengaturannya, robot ini disediakan pula aplikasi mobile. Untuk bisa memiliki Zenbo, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 599 USD atau Rp 8,4 juta.

4. Aibo – Sony

Robot futuristik canggih
Aibo – Sony

Aibo adalah sebuah robot futuristik buatan Sony yang berbentuk seperti anjing. Robot ini dihadirkan bagi mereka yang ingin memiliki anjing peliharaan, namun alergi terhadap bulu yang ada pada hewan anjing sungguhan.

Selain berbentuk seperti anjing yang lucu dan menggemaskan, Aibo memiliki kemampuan seperti anjing sungguhan. Kamu bisa bermain dengan robot ini, lalu dia juga bisa merespons dengan gonggongan.

Aibo juga dilengkapi dengan kamera yang mampu merekam gambar di sekeliling rumah. Untuk bisa memiliki robot pintar yang satu ini, kamu harus merogoh kocek sebesar 1.800 USD atau lebih dari Rp 25 juta.

5. Kuri – Mayfield Robotics

Kuri - Mayfield Robotics
Kuri – Mayfield Robotics

Kuri adalah robot berbentuk imut yang dapat menampilkan berbagai ekspresi. Robot produksi Mayfield Robotics ini memiliki bentuk badan mungil dengan kepa bulat serta dua mata.

Robot canggih ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang CES 2015. Kuri memiliki berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan aktvitas pemiliknya, seperti memutarkan musik, membacakan e-book, hingga bisa mengingatkan kamu tentang momen-momen tertentu.

Di pasaran, robot ini bisa kamu peroleh dengan harga 899 USD atau sekitar Rp 12 juta.

6. Jibo

Jibo adalah sebuah robot futuristik canggih yang sangat populer pada tahun 2017 lalu. Dengan berbagai fitur yang yang dimilikinya, robot ini akan membuat rumah menjadi tampak lebih keren dan canggih.

Robot berbentuk mungil ini bisa membantuk kamu untuk melakukan berbagai pekerjaan rumah cukup dengan memberikan perintah melalui suara.

Dengan kemampuannya mengenali 16 suara berbeda, Jibo dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kebiasan para penggunanya.

Melalui robot ini, kamu bisa memerintahkan untuk mematikan lampu, memutarkan lagu, atau bisa juga menghibur kamu dengan menceritakan sebuah lelucon.

Untuk mengaturnya, pengguna dapat melakukannya melalui aplikasi Jibo Commander pada saat pembelian robot ini. Untuk harganya sendiri, robot ini dibanderol dengan harga 899 USD atau Rp 12 juta.

7. Erica

Robot Futuristic Canggih
Erica

Berbeda dengan keenam robot lain di atas, robot yang satu ini bukanlah termasuk robot komersial, melainkan robot percobaan yang digunakan sebagai pengenalan mengenai bentuk robot pintar yang akan ada di masa depan. Robot yang satu ini dibuat sangat mirip dengan manusia asli.

Robot dengan tinggi 166 cm ini adalah proyek kolaborasi dari Universitas Osaka dan Kyoto, serta Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR). Proyek ini diketuai oleh oleh Hiroshi Ishiguro dari Intelligent Robotics Laboratory, Osaka University.

Baca jugaHumanoid Robot : Nao, Robot Pintar Berperilaku Manusia

Erica dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan kepadanya dengan tepat serta memiliki ekspresi natural seperti manusia asli. Bahkan robot ini juga pernah menjadi news anchor atau pembaca acara berita di Jepang.

Nah, itulah 7 robot futuristik canggih yang dapat membantu berbagai aktivitas rumah tangga kamu. Gimana menurutmu? Tertarik untuk memiliki salah satunya?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close